Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Makan Sehat Nggak Sesusah Itu Kalau Kamu Ikuti 5 Cara Ini!

No. 3 ngaruh banget!

Vidya Nathania

Bagi kebanyakan orang, menjalani gaya hidup sehat itu sangatlah sulit. Terlebih lagi dalam hal mengonsumsi makanan atau minuman yang sehat. Karena perkembangan zaman, banyak orang yang terbiasa dengan makanan serba instan yang kurang sehat seperti makanan kaleng, makanan cepat saji dan makanan olahan. Tapi tahu nggak sih Bela, kalau makanan yang kita konsumsi itu berdampak besar terhadap tubuh kita. Padahal ada beberapa cara mudah yang tentunya bisa kamu ikuti lho. Kalau mau tahu, ikuti terus ya!

1. Berhenti untuk mengonsumsi makanan olahan

lovetoknow.com

Jenis makanan yang satu ini tentunya sangat bertolak belakang dengan makanan sehat. Pasalnya, makanan olahan itu dihasilkan dari proses pengolahan yang secara langsung menghilangkan nutrisi dan serat pada makanan. Makanan olahan malah mengandung lebih banyak gula, meski ada beberapa produk yang aman dari bahan kimia, namun tetap saja makanan tersebut tidak mengandung gizi apapun. Untuk itu, sebaiknya belajarlah untuk mengonsumsi makanan yang direbus sendiri tanpa menggunakan bahan penyedap dll.

2. Hindari masak menggunakan minyak sayur dan mentega

healthline.com

Fakta yang perlu kamu tahu, bahwa bahan kimia memiliki peran terbesar dalam proses penghasilkan minyak sayur dan mentega. Untuk itulah makanan yang dimasak dengan keduanya akan menjadi makanan yang kurang sehat. Minyak sayur dan mentega juga memiliki kandungan lemak yang tinggi dan tentunya dapat menyerang kesehatan hati. Untuk menghindari, kamu bisa ganti dengan menggunakan olive oil.

3. Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung gula buatan

eater.com

Apakah kamu orang yang termasuk sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula buatan? Seperti minuman dengan berbagai rasa, saus, selai atau cemilan yang sebenarnya dapat menjadi penyebab diabetes. Sebaiknya ganti dengan rasa manis alami yang bisa kamu dapatkan dari madu atau buah-buahan.

4. Jadikan air putih menjadi minuman utama

bottledwatermatters.org

Tak bisa dipungkiri, air putih memang satu-satunya minuman paling sehat yang mudah kamu temui di mana pun.Tidak mengandung gula, bahan kimia dan tentunya dapat membersihkan racun di tubuhmu. Walaupun minuman kopi tanpa gula atau jus adalah minuman yang sehat, namun tidak bisa tergantikan oleh air putih. Jadi, air putih harus dalam list minuman utamamu ya Bela!

5. Konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah banyak

health.harvard.edu

Seharusnya, manusia lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran juga mengurangi mengonsumsi daging. Selain badan menjadi lebih ringan, mengonsumsi buah dan sayuran juga dapat menghindari tubuh dari serangan penyakit. Biasakan untuk mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari.

Itulah 5 cara simpel dari Popbela. Semoga kamu berhasil untuk mencobanya ya!

IDN Media Channels

Latest from Health