Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Langkah Mudah yang Bisa Dilakukan agar Jantung Tetap Sehat

Sudah lakukan no. 4?

Vidya Nathania

Menjadi salah satu penyakit yang paling dihindari banyak orang, serangan jantung nggak hanya membuat seseorang menderita tetapi juga dapat menyebabkan kematian mendadak. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang cara menjaga jantung tetap sehat.

Dari mulai makanan yang dikonsumsi, kebiasaan sehari-hari, hingga pola hidup dapat menjadi faktor utama yang dapat kamu perbaiki secara perlahan untuk memperoleh jantung yang sehat. Pada artikel kali ini, Popbela akan membahas cara menjaga jantung agar tetap sehat. Pasti kamu sudah penasaran, yuk ikuti terus!

1. Hindari rokok atau apapun yang mengandung nikotin

saga.co.uk

Bagi sebagian orang yang tak begitu peduli dengan cara menjaga jantung agar tetap sehat, merokok merupakan suatu hal yang sudah biasa. Padahal rokok atau produk berbahan tembakau, mengandung karbomonodioksida yang dapat mengganti posisi oksigen pada darahmu. Hal tersebut dapat mengakibatkan tekanan darahmu meningkat dan jantungmu terpaksa harus bekerja keras untuk mendapatkan oksigen. Itulah yang dapat merusak cara kerja jantung dan menyebabkan serangan jantung.

2. Banyak melakuan aktivitas fisik

besthealthmag.ca

Aktivitas fisik yang wajib kamu lakukan nggak hanya berbicara tentang berolahraga. Ada aktivitas lainnya yang membantumu banyak menggerakkan seluruh anggota tubuhmu seperti berkebun, memanjat gunung, diving. Dengan terus menggerakkan tubuhmu, otomatis kamu terus membakar setiap kalori yang dapat menyebabkan jantung nggak sehat.

3. Menjaga makanan yang hendak dikonsumsi

dietsinreview.com

Makanan menjadi salah satu faktor terbesar yang memiliki pengaruh terhadap kesehatan jantungmu, untuk itulah kamu harus lebih memperhatikan makanan yang hendak kamu konsumsi. Perbanyak konsumsi berbagai jenis buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung banyak vitamin dan gizi. Hindari makanan dengan lemak jenuh, garam yang tinggi atau kandungan makanan yang terlalu manis agar jantungmu dapat bekerja dengan baik.

4. Mempertahankan berat tubuh yang ideal

voanews.com

Memiliki berat badan ideal nggak melulu soal demi mencapai body goals seseorang, tetapi juga dapat menjadi suatu cara menjaga jantung tetap sehat. Karena jumlah lemak yang berlebihan pada tubuh dapat menyumbat aliran darah yang kemudian berpengaruh cukup besar pada kesehatan jantungmu. Untuk itulah, mulai dengan melakukan hal kecil seperti makan dengan porsi secukupnya, olahraga teratur dan tidur yang cukup.

5. Miliki waktu tidur yang berkualitas

cleaneatingmag.com

Salah satu cara menjaga jantung agar tetap sehat ialah dengan lebih memerhatikan waktu tidurmu. Pasalnya, ketika seseorang tidur dengan waktu yang kurang, tubuhnya akan kelelahan dan tentunya jika dilakukan secara terus menerus dapat mengakibatkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Sebaiknya tidur sebanyak 7 hingga 8 jam per hari untuk dapat memulihkan tubuh dengan sangat baik.

6. Kontrol rasa stres

girlgetstrong.com

Meski terlihat nggak mudah, namun penting sekali lho Bela untuk belajar mengontrol rasa stres saat menghampirimu. Karena stres dapat berakibat buruk pada kesehatan mentalmu dan dapat mengganggu segala aktivitasmu termasuk waktu tidur, makan, dan lain-lain. Ikuti kegiatan yang membuat rileks seperti yoga atau spa.

7. Cek kesehatanmu secara rutin

verywellhealth.com

Bagi sebagian kasus, serangan jantung dapat menyerang secara tiba-tiba dan hal tersebut memang dapat terjadi karena terkadang masih banyak orang yang tidak tahu keadaan kesehatannya. Untuk itu, di samping melakukan pola hidup sehat, ada baiknya untuk sesekali melakukan cek untuk kesehatanmu sebagai salah satu cara menjaga jantung agar tetap sehat.

Jadi, itu dia 7 cara menjaga jantung agar tetap sehat yang dapat kamu lakukan. Lakukan hal tersebut sejak usia dini untuk dapat merawat dan membuat jantung lebih kuat!

IDN Media Channels

Latest from Health