Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wajib Tahu! Ternyata Ini Bahaya Diet Ekstrem

Bikin cepat kurus sih tapi.....

Vidya Nathania

Umumnya, setiap orang yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga timbangan agar tidak berlebihan akan melakukan metode pengurangan porsi makan atau yang biasa disebut diet. Yup, metode yang satu ini memang dapat dilakukan oleh semua orang tanpa melihat gender, namun diet memang paling populer di kalangan perempuan. 

Sebenarnya, tak ada yang salah dengan diet, bahkan banyak penelitian yang mengatakan bahwa diet juga dapat mencegah tubuh dari ancaman berbagai penyakit serta dapat menjaga tubuh tetap sehat. 

Namun, beberapa diantaranya menjalani diet yang tak sesuai dengan prosedur normal seperti melakukan diet ekstrem dengan tidak mencukup kebutuhan gizi pada tubuh. Walau memang diet ekstrem dapat menurunkan berat badan cukup drastis dengan waktu yang singkat, namun bukan berarti metode diet ekstrem baik untuk kamu lakukan. Buat yang ingin tahu alasan terkuatnya, simak beberapa bahaya diet ekstrem yang akan Popbela jelaskan di artikel berikut ini!

1. Tubuh menjadi sangat lemas

Tanda awal bahaya diet ekstrem yang dapat terjadi pada tubuh seseorang ialah munculnya rasa lemas yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Hal ini diakibatkan oleh tubuh yang kekurangan energi dan kalori yang didapat dari makanan sedangkan tubuh terus melakukan pembakaran kalori. Jangan sepelekan bahaya diet ekstrem yang satu ini karena dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak sadarkan diri.

2. Kepala terasa pusing

Selain tubuh menjadi lemas, bahaya diet ekstrem yang mengintai setiap orang yang menjalani biasanya kepala pun menjadi terasa sangat pusing. Namun, bukan rasa pusing seperti biasanya, tetapi pusing yang dialami bahkan dapat menyebabkan mimisan.

Innomech.com

3. Memiliki kesulitan untuk bernapas

Saat seseorang menjalani diet ekstrem, tubuh pun menjadi kurang oksigen sehingga dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan saat sedang bernapas. Bahaya diet ekstrem yang satu ini harus diatasi dengan segera mengonsumsi setidaknya makanan ringan yang dapat masuk ke dalam tubuh, karena jika dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan kematian.

4. Mengakibatkan hormon menjadi tidak seimbang

Tak dapat dipungkiri, bahaya diet ekstrem lainnya yang kerap menyerang kaum perempuan ialah ketidakseimbangan pada hormon. Ketika hormon menjadi tidak seimbang, maka masa menstruasi pun menjadi kacau dan paling parahnya dapat menyebabkann kantong rahim kering.

medicalnewstoday.com

5. Area pencernaan menjadi tidak lancar

Saat sedang menjalani diet, pastikan jumlah asupan seratmu juga terjaga. Jika tidak, mungkin kamu akan merasakan bahaya diet ekstrem berikut ini yaitu area pencernaan menjadi tidak lancar sehingga seseorang akan merasakan sembelit dan memiliki kesulitan saat hendak membuang air besar.

6. Jantung menjadi bermasalah

Banyak orang yang tidak tahu bahwa bahaya diet ekstrem ternyata dapat mempengaruhi bagian jantung lho! Saat asupan gizi pada tubuh menjadi berkurang, maka tekanan darah menjadi rendah dan pada saat yang bersamaan, jantung tetap harus memompa darah ke seluruh tubuh. Maka hal tersebut dapat menyebabkan jantung menjadi bermasalah hingga harus menyebabkan seseorang meninggal secara tiba-tiba.

learn.lindsayadlerphotography.com

7. Menyebabkan kematian

Terakhir, bahaya diet ekstrem yang merupakan mimpi buruk bagi banyak orang ialah ketika program yang seharunya membuat tubuh semakin sehat malah harus merenggut nyawa. Tentu hal ini bukanlah isu dan sudah banyak kasus yang menyoroti kasus kematian karena diet. 

Jadi, untuk menghindari beberapa bahaya diet ekstrem tersebut, sebaiknya perhatikan metode diet yang kamu jalani. Lakukanlah diet yang sehat dengan mengurangi porsi makan tetapi tetap memperhatikan asupan gizi pada tubuhmu serta seimbangkan dengan olahraga ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health