Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

Menyeimbangkan pola hidup sehat

Syarifah Noer Aulia

Memiliki riwayat penyakit asma bukan berarti tidak bisa melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Meski tidak bisa disembuhkan, asma masih dikendalikan dengan pola hidup yang sehat dan seimbang. Oleh sebab itu, penderita asma memiliki kualifikasi khusus dalam memilih gerakan olahraga.  

Hal tersebut, agar menghindari penderita asma dari risiko serangan gangguan pernapasan ataupun gejala yang memicu terjadinya kambuh. Pada dasarnya, olahraga memberikan dampak yang baik bagi tubuh, diantaranya mengembalikan kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan sampai mengelola stress.  

Berikut rekomendasi olahraga bagi penderita asma yang bisa kamu coba, Bela.  

1. Yoga

Popbela.com/AyuUtami

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Sesuai dengan tujuan utamanya. Olahraga yoga mampu melatih pernapasan yang lebih baik bagi penderita asma. Tak hanya itu, beberapa gerakan seperti savasana yakni pose relaksasi terbaik untuk bernapas. Sukasana adalah pose yang berfokus pada pernapasan dengan menyilangkan kedua kaki. Ada juga Sethu Bandhasana yaitu gerakan mengangkat pinggul ke atas untuk membuka paru-paru serta menciptakan ruang untuk pasokan oksigen. 

2. Jalan Kaki

Freepik.com

Olahraga yang satu ini hanya butuh satu hal yakni niat. Penderita asma disarankan untuk melakukan jalan kaki sekiranya tiga kali dalam seminggu. Dengan durasi 20-45 menit. Namun, buat para pemula, cukup berjalan kaki selama 10 menit saja kok. 

3. Tenis meja

homedepot.com

Permainan tenis meja juga direkomendasikan untuk penderita asma. Karena gerakan tenis meja memberikan waktu yang cukup bagi penderita asma untuk mengatur nafasnya. Permainan ini juga terbilang aman, karena dimainkan lebih dari satu orang. Sehingga bila terjadi sesuatu yang buruk bisa langsung tertangani. 

4. Bersepeda

refinery29.com

Penderita asma tak boleh melewatkan tren serunya bermain sepeda. Kamu bisa memilih berkeliling sepeda di jalanan datar atau menggunakan sepeda statis. Kayuhan kaki akan berkoordinasi pada nafas sehingga mendapatkan irama nafas yang ideal. 

5. Renang

Freepik.com

Renang menjadi salah satu pilihan olahraga ideal bagi penderita asma. Pasalnya, saat berenang paru-paru terbuka dan mendapatkan oksigen lebih banyak dari biasanya. Hal ini membuat penderita asma merasakan nafas yang lebih hangat.  

Itulah jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita asma. Semangat, Bela. 

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Health