Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Makanan Pemicu Kista Rahim, Penyakit yang Diderita Aurel Hermansyah

Yuk kurangi mulai sedini mungkin!

Shavira Annisa Putri

Sebelum menggelar acara pernikahan, diketahui bahwa Aurel Hermansyah sempat memeriksakan kesehatan organ reproduksinya. Dalam pemeriksaan, dokter menemukan kista di rahim Aurel. Sontak saja hal tersebut membuat warganet geger dan mengkhawatirkan kondisi  putri dari Anang Hermansyah dan Krisdayanti ini. 

Kista rahim merupakan benjolan berisi air yang terdapat di indung telur. Kista rahim umumnya tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, namun beberapa jenis kista bisa menimbulkan rasa nyeri dan tergolong ganas.

Penyebab terjadinya kista rahim juga bermacam-macam, mulai dari gangguan hormon, stres, obesitas, dan kolesterol. Tapi nggak perlu khawatir, karena dengan menghindari lima makanan di bawah ini, kamu bisa mengurangi peluang munculnya kista rahim! 

1. Daging merah

rachaelrayshow.com

Tingginya kandungan kolestrol di dalam daging merah bisa memicu dan membuat kista rahim semakin berkembang. Untuk itu, ada baiknya untuk hindari atau mengurangi mengonsumsi daging merah, ya! 

2. Makanan cepat saji

salud-america.org

Bukan lagi rahasia bahwa makanan cepat saji atau fast food tidak baik bagi kesehatan. Kandungan pengawet, kolesterol, dan lemak yang ada di makanan cepat saji dapat memicu dan memperburuk kondisi kista rahim. 

3. Makanan bertepung

tousledapostle.com

Makanan yang bisa memicu atau memperburuk kondisi kista rahim selanjutnya adalah makanan bertepung. Yups, karena obesitas menjadi salah satu penyebab terjadinya kista rahim, sedangkan makanan bertepung tinggi akan karbohdirat yang dapat memicu kelonjakan insulin dan kenaikan berat badan. Sebaiknya, cukupi kebutuhan energi dengan mengonsumsi karbohdirat kompleks. 

4. Gorengan

lark.com

Rasa nikmat dari gorengan memang bikin kamu ingin makan terus. Namun, di balik kelezatannya, gorengan dapat menganggu keseimbangan hormon. Selain itu, gorengan juga tinggi akan kolesterol dan lemak, ada baiknya batasi konsumsi gorengan ya, Bela!

5. Minuman soda dan alkohol

epicurious.com

Mulai saat ini kurangi mengonsumsi soda dan alkohol. Pasalnya, minuman ini bisa memicu dan memperburuk keadaan kista rahim, karena dapat meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuhmu. Lebih baik konsumsi banyak air mineral! 

IDN Media Channels

Latest from Health