Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berat Badan Susah Turun Walau Sudah Diet? Mungkin Ini Penyebabnya!

Salah satunya stres

Shavira Annisa Putri

Memiliki berat badan yang ideal dan bentuk tubuh menarik adalah impian semua perempuan. Demi mendapatkannya, rutin berolahraga dan menerapkan diet yang tepat merupakan dua hal yang bisa dilakukan. 

Namun, bagaimana jika hal tersebut sudah kamu lakukan, tetapi timbangan kamu tidak bergeser ke kanan? Nah, mungkin lima hal di bawah ini penyebabnya. Apa saja? Simak baik-baik ya, Bela! 

1. Kurang tidur

freepik.com

Ingin menurunkan berat badan, namun pola tidur belum benar? Jangan harap kamu akan mendapatkannya. Karena, kurang tidur dapat membuat perut terasa mudah lapar, munculnya rasa lelah berlebihan dan kurangnya motivasi untuk melakukan olahraga. Sehingga, akan memengaruhi diet yang sedang kamu lakukan. Jadi, pastikan untuk selalu memerhatikan pola tidurmu. 

2. Stres berlebihan

freepik.com

Stres membuat tubuh memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Nah, hormon ini juga dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan sehingga membuat diet kamu gagal dan berat badan tidak kunjung turun. Jadi, ada baiknya hindari stres berlebihan dan kerap melakukan aktivitas yang membuat tubuh menjadi lebih rileks serta tenang.

3. Olahraga yang kurang tepat

freepik.com

Selain mengatur pola makan, rutin melakukan olahraga juga dapat mempercepat penurunan berat badan. Namun, ada baiknya kamu nggak sembarangan memilih jenis olahraga. Agar berat badan ideal segera didapatkan, pilih olahraga yang cepat membakar kalori seperti hiit cardio atau jogging. Jangan lupa untuk lakukan olahraga secara rutin. 

4. Kurang minum air mineral

freepik.com

Tidak terpenuhinya kebutuhan cairan harian, dapat menghambat program diet yang sedang dijalani. Karena, minum air mineral tidak memiliki kalori dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sehingga, keinginan untuk makan menjadi lebih kecil. So, jangan lupa untuk konsumsi air mineral minimal delapan gelas sehari. 

5. Terlalu sering cheat day

freepik.com

Salah satu yang membuat kamu merasa jenuh ketika menjalankan diet adalah selalu mengonsumsi makanan yang itu-itu saja. Sehingga, cheat day sesekali bisa dilakukan. Namun, jangan sampai terlalu sering melakukan cheat dan menghancurkan rencana diet yang sudah dibuat. Perlu kamu pahami, bahwa diet harus dilakukan dengan disiplin dan berkelanjutan. Jadi, jangan lupa untuk kendalikan diri ketika cheat day, ya!

IDN Media Channels

Latest from Health