Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Ide Makanan Sehat & Tetap Enak Bagi Penderita Diabetes

Makan sehat biar hidup enak

Nindi Widya Wati

Bisa menyantap makanan yang enak namun tetap sehat, bagi para penderita diabetes bukanlah perkara mudah. Mereka perlu mengontrol kadar gula darah dengan menghindari sajian yang tinggi karbohidrat dan kalori.

Maka, saat mempertimbangkan asupan yang kaya protein, serat, mengandung lemak sehat, dan berkabohidrat rendah jadi satu hal yang harus dipikirkan. Kalau kini bisa membeli atau memasak sendiri makanan yang sesuai kebutuhan gizi, tentu akan memudahkan para penderita diabetes untuk tetap bisa menikmati gaya hidup yang makin sehat. 

Nah, dalam artikel berikut Popbela telah merangkum 10 ide makanan sehat dan tetap enak bagi penderita diabetes, Bela. 

1. Overnight oatmeal bisa jadi asupan tinggi serat dan menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Jika ingin menambahkan tekstur atau rasa, jangan lupa beri kacang-kacangan, buah segar, dan tuangkan madu.

Dok. Internet

2. Jagung memang dipercaya baik untuk makanan pokok pengganti beras. Kalau kamu ingin mengolahnya agar tak monoton, cobalah untuk membuat sup jagung dengan tambahan telur dan taburan daun seledri.

Dok. Internet

3. Roti gandum dengan olesan yogurt atau selai kacang tanpa gula dan irisan buah kiranya dapat jadi ide sarapan praktis. Kalau pun bosan dengan roti gandum, kamu dapat menggantinya dengan wafel atau pancake gandum.

Dok. Internet

4. Bagi kamu yang ingin sekali menyantap nasi, maka bisa coba memasak nasi merah dengan lauk tumis bayam. Beras merah dan sayur bayam terbilang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Dok. Internet

5. Membuat sandwich telur dengan tambahan sayur, dan beberapa irisan tuna kiranya akan menjadi ide sarapan yang simpel dan mudah jika dibawa berpergian.

Dok. Internet

6. Greek yogurt jadi makanan yang tinggi protein, kamu bisa menambahkan granola, buah berry, atau madu untuk memberi rasa manis alami.

Dok. Internet

7. Omelette sayur bisa jadi variasi menu harianmu, agar tak menikmati rasa telur yang itu-itu saja. Cobalah buat omelette dengan sayuran seperti, bayam, brokoli, kangkung, atau tomat. Jika ingin makin gurih bisa menambahkan keju rendah lemak, ya!

Dok. Internet

8. Jika kamu bosan menikmati oatmeal dengan cita rasa manis, maka mengolah oatmeal jadi makanan gurih adalah opsi yang tepat. Kamu tinggal memasaknya dengan tambahan telur rebus, tumis jamur, sayuran, dan kecap rendah sodium untuk menambah kelezatan.

Dok. Internet

9. Roti panggang dengan alpukat adalah menu sarapan yang membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan membantu menurunkan berat badan. Apalagi, jika melihat nutrisi dari alpukat yang mengandung lemak sehat dan serat yang melimpah.

Dok. Internet

10. Olahan dari mi shirataki bisa disantap untuk penderita diabetes, karena sedikit karbohidrat namun sangat tinggi serat karena terbuat dari akar tanaman konjak.

Dok. Internet

Itulah, 10 makanan yang kiranya cocok bagi para pejuang sakit diabetes atau untuk kamu yang ingin mencoba makanan sehat. Adakah ide makanan lain, Bela? Bisa tulis lewat kolom komentar, ya

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Health