Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Manfaat Minum Teh Setiap Hari Untuk Kesehatan

Nikmat dan kaya manfaat, ya!

Meidiana Aprilliani

Kopi dan teh, kamu pecinta yang mana, nih? Kalau jawabannya adalah teh, maka artikel satu ini cocok banget buat kamu! Teh merupakan salah satu jenis minuman yang dapat dengan mudah kita temui. Mulai dari teh hijau sampai teh hitam, kamu bisa mengonsumsinya sesuai kebutuhan dan seleramu. Selain punya rasa yang nikmat, aroma teh hangat yang khas juga bisa menjadikanmu lebih rileks, lho!

Nggak cuma punya rasa dan aroma yang nikmat, teh juga ternyata punya segudang manfaat untuk tubuhmu. Misalnya saja, teh mengandung antioksidan yang tinggi dimana itu sangat baik untuk menjaga tubuhmu tetap fit. Ada banyak lagi khasiat yang bisa kamu rasakan lho. Mau tahu apa saja manfaat minum teh untuk kesehatan? Simak di bawah ini, ya!

1. Kaya akan antioksidan

Hindustantimes.com

Kamu ingin tampil lebih fit dan terbebas dari penuaan dini? Teh bisa jadi jawabannya! Teh mengandung antioksidan yang bekerja melawan penuaan dini dan melindungi kita dari penyakit akibat paparan polusi. Kamu bisa memilih jenis teh putih dibandingkan teh hijau atau teh hitam. Hal ini karena teh putih melewati lebih sedikit proses produksi sehingga kandungan antioksidannya lebih tinggi.

2. Memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dari kopi

Herworld.com

Kopi dan teh sama-sama mengandung kafein, namun kandungan dalam teh jauh lebih sedikit daripada kopi. Kafein dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan beragam masalah sepertin hipertensi sampai perapuhan pada tulang. Jadi, akan lebih baik bagimu untuk beralih dari kopi ke teh.

3. Menjaga tulang tetap kuat

runnersworld.com

Tulang yang rapuh dapat menyebabkan banyak masalah. Mulai dari sensasi sakit atau ngilu, hingga tulang yang mudah patah. Lalu, bagaimana ya cara menghindarinya? Coba minum teh hijau, deh! Hal ini karena teh hijau dapat mencegah perapuhan pada tulangmu. Teh mengandung kalsium, zat besi, vitamin A, dan vitamin K yang mampu menjaga tulang tetap kuat.

4. Mencegah penyakit jantung

labroots.com

Manfaat minum teh untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakuti banyak orang. Apalagi, penyakit serius ini bahkan sekarang bukan hanya menyerang orang dengan usia lanjut, namun juga bahkan kamu yang berusia muda. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindarinya mudah, kok! Coba konsumsi teh secara rutin, deh!

Teh secara signifikan dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga pembekuan darah. Teh mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan jaringan di arteri. Ini membantumu meminimalkan risiko peradangan yang dapat membatasi sirkulasi darah dan menyebabkan pembekuan. 

Konsumsi teh juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan kolesterol. Satu studi menemukan bahwa orang yang minum empat cangkir atau lebih teh hijau setiap hari memiliki 32 persen penurunan risiko serangan jantung dan secara signifikan menurunkan kadar kolesterol jahat.

5. Dapat membantu menurunkan berat badan

greatlist.com

Suka minum teh hijau? Sudah tahu belum jika minuman favoritmu itu teryata efektif dalam membakar lemak? Teh hijau mengandung asam amino yang memberi sinyal tubuh untuk membakar lemak yang tersimpan. Kafein dalam teh hijau juga membantu meningkatkan energi sehingga kamu dapat menjalankan olahraga dengan pembakaran yang lebih efisien 

Dengan minum teh hijau, kamu juga bisa mendapatkan manfaat penurunan berat badan yang sama dengan mengonsumsi suplemen.Teh hijau juga membantu menjagamu tetap terhidrasi. Selain itu, teh hijau adalah minuman bebas kalori sehingga kamu dapat minum teh hijau sebanyak yang kamu inginkan tanpa merasa bersalah. 

6. Mengurangi stres dan mencegah penyakit mental

Medicalnewstoday.com

Masalah kesehatan mental sangat erat kaitannya dengan tingkat stres yang kamu alami. Jadi, kamu harus bisa mengatur tingkat stresmu sebaik mungkin. Mengonsumsi teh secara teratur ternyata bisa menurunkan tingkat stres, lho! Teh hijau memiliki manfaat untuk mencegah penyakit otak seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer.  

Teh memberikan efek menenangkan secara alami yang dapat mengurangi stres dan membantumu lebih rileks setelah hari yang berat. Selain itu, teh mengandung antioksidan yang berfungsi mencegah stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel sehat. Antioksidan dalam teh menghilangkan radikal bebas yang disebabkan oleh polusi dan faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif dapat menyebabkan demensia dan depresi. Wah, manfaatnya besar ya untuk kesehatan mentalmu!

7. Meredakan masalah perut

Medicalnewstoday.com

Kamu sering mengalami mual atau nyeri pada perutmu? Hal ini pasti akan sangat mengganggu aktivitasmu. Tenang! Sekarang, jika kram perut dan mual itu kembali lagi, segera minum teh, ya! Teh membantu memperlancar pencernaan dan dapat mengobati sejumlah masalah mulai dari mual dan sakit perut sampai diare. 

Teh jahe adalah jenis teh herbal yang telah lama digunakan di Cina dan India untuk mengobati sakit perut. Campuran gingerol dan shogaol dapat membantu menenangkan lapisan perut untuk meredakan mual. Teh peppermint juga membantu meredakan sakit perut karena antioksidan dan mentol yang tinggi. Selain itu, teh juga mengandung tanin yang telah terbukti mengurangi peradangan usus. Senyawa ini dapat membantu meredakan kram perut dan mengobati sindrom iritasi usus.

8. Dapat mengatur kadar gula darah

Diabetesaustralia.com

Minum teh dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mencegah atau mengendalikan penyakit seperti diabetes tipe 2. Teh hitam telah terbukti mengurangi kadar gula darah setelah makan. Efeknya dapat terlihat 120 menit setelah mengonsumsi makanan. Hal ini karena teh mengandung polifenol yang memiliki manfaat antiinflamasi dan antioksidan. 

Nah, itu dia 8 manfaat minum teh untuk kesehatan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, beragam penyakit bisa kamu cegah dan juga membuat tubuhmu jauh lebih sehat. Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Health