Ditemukan di Cina sekitar 4000 tahun yang lalu, teh hitam merupakan minuman yang paling populer untuk dikonsumsi. Teh ini memiliki antioksidan dan fitonutrien yang dapat membantu mengeluarkan racun dan menyehatkan tubuh. Selain itu, ia memiliki kandungan kafein yang rendah dibanding kopi. Jika bicara mengenai manfaat teh hitam untuk kesehatan, ada banyak yang akan kamu dapatkan. Berikut Popbela telah merangkumnya, yuk kita lihat!

1. Meningkatkan kesehatan jantung

7 Manfaat Kesehatan Di Balik Teh Hitam yang Perlu Kamu Tahudrwhitaker.com

Kandungan teh hitam dapat meningkatkan kesehatan jantung karena di dalamnya terdapat kandungan flavonoid. Meminum tiga cangkir teh hitam per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

2. Menurunkan risiko kanker ovarium

7 Manfaat Kesehatan Di Balik Teh Hitam yang Perlu Kamu Tahupinterest.com

Kanker merupakan penyakit mematikan yang telah menelan jutaan korban jiwa. Untuk menurunkan risiko kanker, terutama kanker ovarium, mulailah meminum teh hitam karena kandungan theaflavin di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

7 Manfaat Kesehatan Di Balik Teh Hitam yang Perlu Kamu Tahupinterest.com

Seiring pertambahan usia, kekuatan tulang semakin menurun. Namun, para ilmuwan mengamati bahwa orang yang minum teh hitam secara rutin dapat memulihkan kepadatan tulang karena teh hitam merupakan pengganti kalsium. Selain itu, manfaat minum teh hitam juga dapat mengurangi risiko patah tulang yang sering terjadi pada lansia karena osteoporosis.

4. Menurunkan kadar kolesterol

7 Manfaat Kesehatan Di Balik Teh Hitam yang Perlu Kamu Tahupinterest.com

Gaya hidup serta pola makan yang kurang sehat dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol tinggi dapat membatasi aliran darah dan bisa menyebabkan serangan jantung, stroke, serangan iskemik, dan penyakit lainnya. Dalam sebuah penelitian, teh hitam terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 11,1%. Kamu yang minum 3-4 cangkir teh hitam setiap hari akan punya risiko masalah jantung lebih rendah, daripada kamu yang tidak meminumnya sama sekali. Masih mau menyepelekan manfaat teh hitam?

5. Membantu menurunkan berat badan

7 Manfaat Kesehatan Di Balik Teh Hitam yang Perlu Kamu Tahugretaist.com

Obesitas merupakan akar berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi. Rutin meminum teh hitam dapat membantu kamu menurunkan berat badan jika dibarengi dengan perubahan gaya hidup serta olahraga teratur.

Para ilmuwan dari David Geffen School of Medicine, California, Amerika Serikat, menemukan bahwa teh hitam membantu mengurangi lemak visceral dsehingga dengan minum teh hitam kamu dapat mencegah obesitas yang disebabkan oleh peradangan. Selain itu, teh hitam dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

6. Mengurangi tekanan darah

7 Manfaat Kesehatan Di Balik Teh Hitam yang Perlu Kamu Tahupinterest.com

Mengonsumsi teh hitam dapat membantu mengurangi tekanan darah. Para ilmuwan dari Belanda, Jerman, Inggris, dan Italia pernah memeriksa tekanan sistolik dan diastolik kepada sekelompok orang yang sudah diberi teh hitam selama seminggu. Hasilnya mengejutkan lho, peserta yang mengonsumsi teh hitam memiliki tekanan darah yang lebih rendah.

7. Mengobati diare

7 Manfaat Kesehatan Di Balik Teh Hitam yang Perlu Kamu Tahupinterest.com

Ya, minum teh hitam bisa membantu mengobati diare. Saat kamu mengalami sakit perut, kamu dapat mengonsumsi secangkir teh hitam untuk meredakan sakit dan untuk menenangkan sistem pencernaan. Pastikan kamu tidak menambahkan gula ke dalam tehmu yah.

Itulah ketujuh manfaat teh hitam untuk kesehatan. Selamat mencoba ya, Bela.

 

Penulis: Anisa Indraini

Baca Juga: Nggak Cuma Enak Diminum, Ini 7 Manfaat Teh Hijau untuk Kulit