Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Manfaat Minum Air Jahe untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu 

Bukan hanya untuk menghangtakan tubuh lho!

Emillia Wardhani

Biasanya ketika musim dingin datang diwarnai oleh hujan turun paling cocok untuk minum jahe hangat. Sebenarnya manfaat jahe bukan hanya untuk memberi kehangatan pada tubuh, melainkan bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kamu, seperti menghilangkan rasa pusing, mual, bahkan sampai mencegah kanker. Wah, hebat kan? Kira-kira apa saja manfaat minum air jahe untuk kesehatan? Intip di bawah ini yuk!

1. Mengatasi rasa mual

Digitalhealthage.com

Ketika kamu merasa sedang sakit dan badan tidak fit, bahkan sampai perut merasa mual. Untuk mengatasinya kamu harus meminum jahe hangat satu gelas ya, karena manfaat jahe akan mengatasi rasa mual yang nggak enak dan membuat kamu mudah mengantuk sehingga kamu akan tidur dengan nyenyak. 

2. Membuat rambut dan kulit lebih sehat

Theindependent.com

Ternyata, ketika kamu meminum jahe bukan hanya mengahangat badan dan menghilangkan rasa mual saja. Hal yang paling sepele tapi sangat bermanfaat adalah meminum jahe akan membuat kulit dan rambut kamu sehat alami karena tingginya vitamin A dan C. Sifat yang antioksidan juga dapat memperkuat rambut dan mencegah penyakit kulit yang menyerang.

3. Meredakan flu

Webmd.com

Ketika cuaca dingin datang, kemungkinan kamu akan merasa flu atau batuk. Nah, solusi yang paling aman adalah meminum jahe yang hangat. Manfaat jahe salah satunya adalah mudah mengeluarkan keringat sehingga flu atau batuk kamu akan cepat hilang, dan pastinya kondisi kamu juga membaik. 

4. Menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi

Nypost.com

Sebenarnya untuk menghilangkan rasa nyeri menstruasi pada perempuan biasanya tidur atau dikompres menggunakan air hangat tapi ternyata untuk menambah agar nyeri kamu hilang, kamu bisa minum jahe karena kandungannya dipercaya bisa mengatasi sakit ketika menstruasi atau haid. 

5. Mencegah kanker

Freepik.com

Hebatnya, manfaat meminum jahe juga bisa mencegah penyakit kanker karena jahe memiliki sifat antioksidan yang dapat memperlambat penyebaran kanker. Menurut penelitian, jahe mengandung senyawa yang lebih efektif untuk mencegah sel induk kanker termasuk payudara ganas. 

6. Menurunkan berat badan

Freepik.com

Selain itu, meminum jahe mampu menurunkan berat badan lho karena ternyata ketika kamu konsumsi jahe, hal tersebut dapat membuat kamu merasa lebih kenyang dan kurang nafsu untuk makan apapun. 

Tidak hanya itu, manfaat jahe juga bisa membakar lemak lebih efektif. Jadi jika kamu ingin mengikuti proses diet dengan jahe, kamu harus rutin minum air jahe hangat setelah sarapan pagi ya. 

7. Mengatasi rasa pusing pada kepala

Freepik.com

Sakit kepala memang dirasakan oleh semua orang karena kesehatannya yang kurang fit. Gejala tersebut biasanya terjadi dibagian depan kepala, belakang, ataupun samping. 

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk menghilangkan rasa pusing pada kepala selain minum obat adalah meminum air jahe. Salah satu manfaat dari minum air jahe adalah tingginya antiperadangan dalam jahe dapat mengobati rasa sakit kepala dengan cepat. 

Itulah beberapa manfaat minum air jahe untuk kesehatan. Semoga membantu dan selalu sehat ya!

IDN Media Channels

Latest from Health