Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Makanan Sehari-hari yang Ternyata Jadi Pemicu Stroke, Ada Favoritmu?

Yuk batasi konsumsinya biar tubuh makin sehat

Eka Amira

Stroke adalah suatu kondisi medis yang disebabkan karena adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan terganggunya aliran darah menunju otak. Tanpa aliran darah, otak tidak akan mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi sehingga sel-sel pada otak dapat mati. Akibatnya, beberapa bagian tubuh akan kehilangan fungsinya lantaran sel-sel otak yang bertugas mengendalikan bagian tubuh tersebut mati.

Faktor penyebab stroke sendiri ada bermacam-macam, salah satunya adalah makanan. Dikutip dari Showbiz CheatSheet, berikut beberapa makanan yang memicu stroke.

1. Ayam goreng tepung

pinterest.com

Sepertinya hampir semua orang menyukai sajian ayam goreng tepung yang krispi. Sayangnya, dalam jangka panjang terlalu sering mengonsumsi makanan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Sebab, ayam goreng tepung dimasak menggunakan minyak dalam jumlah yang sangat banyak sehingga kadar lemak jenuhnya dapat meningkat berkali-kali lipat. Hal ini kemudian dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL, yaitu kolesterol jahat yang menempel di dinding arteri dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan risiko terkena stroke.

2. Sereal sarapan

medicalnewatoday.com

Sereal sarapan instan yang manis umumnya mengandung gula tambahan yang bisa meningkatkan tekanan darah, sama seperti garam. Melansir dari Harvard Health Publishing, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula tambahan dapat menyebabkan hati membuang lemak berbahaya ke dalam aliran darah, yang juga dapat menimbulkan risiko kesehatan yang parah, salah satunya stroke.

3. Keju

phere.com

Keju termasuk makanan yang harus dihindari oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi. Sebab, jika seseorang sudah memiliki HDL rendah atau kadar LDL tinggi, konsumsi keju dapat meningkatkan kemungkinan seseorang menderita penyumbatan dalam arteri yang bertanggung jawab dalam proses transfer darah ke otak. Alhasil orang tersebut akan mengalami stroke.

4. Kacang

self.com

Kacang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena kandungan kalori dan lemaknya yang tinggi. Terlebih kacang yang dijual dalam bentuk kemasan. Sebab, kacang yang dijual dalam kemasan dan berbagai macam rasa diproses menggunakan banyak garam sebagai penambah cita rasa dan agar lebih tahan lama. Dan konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah yang merupakan salah satu pemicu stroke

5. Daging merah

moota.com

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi daging merah dalam jumlah besar memiliki risiko terkena stroke lebih tinggi daripada mereka yang makan sumber protein lain, seperti ayam atau kalkun. Sebab daging merah seperti sapi, mengandung kolesterol dan lemak jenuh dalam jumlah yang besar, yang dapat berkontribusi terhadap risiko stroke.

Demikian tadi beberapa makanan yang ternyata memicu stroke. Kalau salah satu atau beberapa makanan di atas ternyata adalah favoritmu, yuk segera kurangi konsumsinya demi tubuh yang lebih sehat.

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Makanan Sehari-hari yang Ternyata Jadi Pemicu Stroke, Ada Favoritmu?"

TOPIC

IDN Media Channels

Latest from Health