Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Supaya Mata Lebih Sehat

Penting nih supaya penglihatan kamu tetap terjaga!

Popbela.com

Pengobatan mata membutuhkan biaya yang nggak murah dan instan. Jadi, sebelum mata kamu mengalami masalah, ada baiknya untuk menjaga kesehatan mata dari sekarang. Nggak susah kok! Konsumsilah makanan yang mengandung omega-3, vitamin A, dan vitamin E yang tentunya dapat menjaga kesehatan mata kamu. Nah, 5 makanan ini nih nggak hanya enak tapi berperan penting lho untuk kesehatan mata kamu. Langsung aja yuk intip apa aja! 

1. Buah berry

healthline.com

Strawberry, blueberry, raspberry dan jenis berry lainnya dapat menutrisi dan menjaga kesehatan mata melalui kandungan vitamin C yang tinggi. Kamu dapat mencampurnya ke dalam sup buah atau dimakan sendirian. Menyegarkan dan menjaga kesehatan mata kamu lho!

2. Almond

health.com

Selain vitamin A, vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Kalian pernah tahu nggak kalau almond memiliki kandungan vitamin E? Makan segenggam atau satu ons kacang almond, dapat memenuhi setengah dosis vitamin E dalam sehari lho. Enak banget pula! 

2. Wortel

Kandungan pigmen dalam buah dan sayuran yang memiliki warna oranye disebut beta-karoten. Salah satunya juga terdapat pada wortel. Nggak heran kalau wortel sering disebut-sebut sebagai sayuran yang dapat menunjang kesehatan mata. Beta-karoten ini juga menghasilkan vitamin A dalam tubuh dan sangat baik untuk kesehatan mata lho!

4. Sayur berdaun hijau

pinterest.com

Untuk pencegahan katarak dan penyakit mata lainnya, mulailah konsumsi sayuran hijau sejak dini. Dalam sayuran hijau, terdapat kandungan karotenoid yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan mata.  

5. Salmon

pinterest.com

Fatty fish seperti salmon dan ikan tuna memiliki kandungan salam lemak omega 3 yang dapat menjaga kesehatan jantung, terlebih untuk mata. Jenis omega 3 yang dimaksudkan adalah DHA. DHA berperan untuk menjaga sistem saraf pada retina mata agar berfungsi dengan baik.

Gimana, Bela, nggak susah kan untuk menjaga kesehatan mata kamu? 

 

Penulis: Kerene Jesica 

IDN Media Channels

Latest from Health