Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Begini Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Bukan cuma karena ketombe lho!

Vidya Nathania

Dari sekian banyak permasalahan kulit kepala, pastinya kamu sudah tak asing dengan masalah kulit kepala gatal bukan? Walaupun merupakan hal normal karena dialami oleh hampir semua orang, namun, kulit kepala gatal sangatlah mengganggu aktivitas. 

Berbagai faktor yang menyebabkan kulit kepala gatal seperti menggunakan produk sampo yang salah, terlalu sering menutup kepala, jarang membersihkan rambut, dan faktor lainnya pun dapat menjadi alasan kamu mengalami kulit kepala gatal. 

Tetapi, kamu tak perlu khawatir, karena Popbela akan membahas cara mengatasi kulit kepala gatal yang bisa kamu lakukan di rumah. Buat kamu yang ingin tahu, baca terus sampai habis ya Bela!

1. Pilih produk sampo yang tepat

womenfitness.net

Kandungan produk sampo yang salah dapat memberikan efek kulit kepala gatal dan bisa terjadi ketombe. Langkah pertama sebagai cara mengatasi kulit kepala gatal yang dapat kamu lakukan ialah dengan memilih produk sampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala. Jika kamu memang memiliki kulit kepala gatal, pilih kandungan green tea, tea tree, atau mint yang bekerja mengatasi rasa gatal pada kulit kepala.

2. Gunakan air dingin saat keramas

thebreastcancersite.com

Cara mengatasi kulit kepala gatal lainnya ialah keramas dengan menggunakan air dingin. Karena suhu dingin dapat memberikan sensasi segar dan seketika mengurangi rasa gatal pada kulit kepalamu.

3. Gunakan masker rambut

ouidad.com

Salah satu cara mengatasi kulit kepala gatal yang juga dapat kamu lakukan ialah dengan menggunakan produk masker rambut khusus untuk membasmi bakteri penyebab kulit kepalamu terasa gatal. Biasanya produk masker rambut ini mengandung beberapa bahan alami yang berfungsi untuk menyegarkan kulit kepala dan mencegah rasa gatal kembali.

4. Pakai serum rambut khusus untuk rambut gatal

fashionfoody.com

Biar maksimal dalam langkah cara mengatasi kulit kepala gatal, kamu juga dapat menggunakan serum rambut pada kulit kepalamu. Pilih produk serum rambut khusus yang dapat mengatasi rasa gatal dan tidak membuat kulit kepalamu berminyak.

5. Hindari produk cat rambut

thoughtco.com

Buat kamu yang sering mengganti warna rambut dan sering kali merasakan rasa gatal yang luar biasa pada kulit kepalamu, sebaiknya mulai kurangi kegiatan yang satu ini ya. Karena bahan kimia yang terkandung di dalam produk cat atau bleaching dapat membuat kulit kepalamu alergi dan memberikan reaksi gatal.

6. Rajin mengganti sarung bantal

thesleepdoctor.com

Kamu juga dapat melakukan cara mengatasi kulit kepala gatal dengan cek kebersihan sarung bantalmu secara rutin. Jangan lupa untuk rajin mengganti sarung bantal agar tidak menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan kuman yang dapat mengakibatkan kulit kepala gatal.

7. Kurangi penggunaan aksesoris kepala

videoblocks.com

Nah, cara mengatasi kulit kepala gatal yang terakhir dapat kamu lakukan ialah dengan mengurangi penggunaan aksesori rambut seperti topi, jepitan, bandana, turban, dan aksesoris rambut lainnya. 

Walaupun memang dapat membuat tampilanmu menjadi lebih maksimal, namun terkadang aksesori rambut dapat menjadi media bakteri dan kuman yang mengakibatkan kulit kepala gatal.

Jadi, itu dia beberapa cara mengatasi kulit kepala gatal yang bisa kamu lakukan sebagai penanganan akurat dalam mengurangi juga mencegah rasa gatal pada kulit kepalamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Hair