Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Hidup Bahagia dengan Berbagi, Mudah Dilakukan!

Berbagi membuat cinta semakin besar

Puspita Ramadhani

"Kita akan memanen apa yang kita tuai." 

Ini adalah salah satu kutipan yang mungkin sudah sering kamu dengar. Lewat kutipan tersebut, kita seakan diingatkan bahwa segala hal yang terjadi dalam hidup sesuai dengan apa yang kita lakukan selama ini.

Jika kamu ingin hidup yang tenang dan bahagia, maka kamu bisa mencoba menanamkan kebiasaan berbagi. Sebab dengan berbagi, kamu bisa ikut merasakan rasa senang orang lain saat menerima pemberianmu itu.

Jadi, bagaimana tips hidup bahagia dengan berbagi? Ikuti cara sederhananya di bawah ini!

1. Hadiahkan uang untuk orang lain

pexels.com/karolina-grabowska

Pernahkah kamu memaknai tiap uang yang kamu berikan pada orang lain? Misalnya saja kepada orang yang membutuhkan di pinggir jalan.

Mungkin, mereka tidak pernah menyangka akan menerima uang atau hadiah darimu. Maka, saat menerimanya, mereka akan kaget sekaligus terharu karena ada seseorang yang datang menghampirinya untuk membantu ekonominya.

Melihat bagaimana rasa syukur mereka terhadap sedikit rezeki yang kamu berikan, akan meningkatkan rasa syukurmu atas hidup ini. Kehadiranmu sangat berarti!

2. Quality time bareng orang terdekat

pexels.com/polina-tankilevitch

Memberi bukan hanya soal uang. Jadi quality time adalah tips hidup bahagia dengan berbagi yang selanjutnya.

Tentu kamu setuju bahwa semakin kita dewasa, maka adakalanya waktu berkualitas jauh lebih berharga daripada uang. Maka, cobalah lihat kembali bagaimana hubunganmu dengan orangtua dan sahabat beberapa waktu ini. Jika sudah mulai terasa jarak di antara kalian, ini saatnya untuk kembali menjadi akrab. Memory will never die!

3. Jadi sukarelawan

pexels.com/liza summer

Kalau hubunganmu dengan orangtua dan sahabat terjaga dengan baik, kamu bisa berbagi sebagai relawan. Tidak harus menunggu korban bencana alam, kamu bisa mengunjungi panti asuhan atau lansia yang ada di daerah tempat tinggalmu.

Selama menjadi relawan, tentu tubuhmu akan merasa lelah. Namun, perasaan lelah itu tidak sedikit pun mengganggumu, karena pikiranmu sedang disibukkan dengan momen bahagia saat bisa berbagi tawa dengan orang lain.

4. Jadi seseorang yang tersedia secara emosional

Pexels/Cottonbro Studio

Bila dibandingkan, maka akan terasa bahwa mendengarkan itu lebih sulit daripada menyampaikan. Maka, tersedia secara emosional untuk orang-orang terdekatmu adalah tips hidup bahagia dengan berbagi, yang belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang.

Perasaan tulus tanpa menghakimi atau berprasangka buruk adalah sesuatu yang bisa membuat orang lain nyaman. Lantas, saat mereka merasakan hal itu pada dirimu, mereka akan merasa bersyukur karena telah memiliki kamu sebagai sahabat terbaik.

5. Beri pujian pada orang lain

pexels.com/anastasia-shuraeva

Tips hidup bahagia dengan berbagi selanjutnya adalah memberikan pujian. Aktivitas satu ini menjadi salah satu cara bahagia yang paling sederhana karena tidak memerlukan biaya apa pun, dan ampuh menaikkan mood karena menerima senyum orang yang dipuji.

Dengan memberi pujian, orang akan menilai bahwa kamu memerhatian hal sederhana dari dirinya. Saat orang lain merasa nyaman dengan dirinya sendiri karena pujian itu, otomatis kamu pun akan merasa lebih baik dengan diri sendiri. Kamu hebat!

6. Tindakan baik yang sederhana

pexels.com/karolina-grabowska

Ada begitu banyak tindakan baik yang bisa kamu lakukan sehari-hari. Misalnya, membuat orang lain tertawa, menyapa teman lebih dulu, memberi bantuan, dan lainnya.

Tentu saja, aktivitas sederhana dan mudah dilakukan itu akan membuatmu bahagia. Sebab, perasaan bahagia mereka akan langsung diterima balik oleh dirimu.

7. Berbagi kisah

pexels.com/jeff-vinluan

Siapa sangka bila pengalaman baik dan buruk yang pernah kamu alami akan menjadi sumber kekuatan bagi orang lain? Yup, itu sangat mungkin terjadi, lho!

Contoh sederhananya saja, kamu bisa ikut merasakan emosional seorang penulis saat sedang membaca karyanya. Maka, saat seseorang mendengar kisahmu, lantas ia menjadi mampu memaknai permasalahan yang sedang dialaminya, kamu akan merasa bahagia karena telah berperan dalam hidup orang lain.

Itulah beberapa tips hidup bahagia dengan berbagi yang bisa kamu lakukan mulai saat ini. Ingatlah bahwa kebaikan yang kamu tanam saat ini akan berbuah indah pada waktunya.

IDN Media Channels

Latest from Single