Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Karakter Kepribadian ISFJ, Penuh Kasih Sayang!

Murah hati dan perhatian

SEO Intern Popbela

Pembahasan mengenai tipe-tipe kepribadian selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Myers Briggs Type Indicator atau sering dikenal sebagai MBTI menjadi salah satu klasifikasi kepribadian yang banyak diperbincangkan. 

Dari keenam belas jenis kepribadian, ISFJ menjadi tipe kepribadian yang cukup banyak dan umum ditemui. Ada cukup banyak orang yang bertipe ISFJ. Mereka dikenal sebagai sosok yang penuh kasih sayang kepada orang di sekitarnya.  

Berikut penjelasan ISFJ kepribadian dan karakter yang tidak bisa ditemui di tipe kepribadian lainnya.

Apa itu ISFJ?

freepik.com/cookie_studio

Introverted, Sensing, Feeling, Judging merupakan singkatan dari ISFJ. Tipe ISFJ kepribadian dan tipikalnya dikenal sebagai pribadi yang murah hati, perfeksionis, dan bertanggung jawab. Biasanya mereka sering dijuluki sebagai "si pelindung".

Karakter kepribadian ISFJ

1. Perfeksionis dalam mengerjakan sesuatu

freepik.com/benzoix

Sebagai seorang sensing, ISFJ kepribadian dan kecenderungannya suka mengamati lingkungan yang ada di sekitarnya. Mereka pengamat yang memiliki pemikiran yang kritis dan teliti.

Maka dari itu, orang dengan tipe kepribadian ini mahir untuk mengingat setiap detail terkecil yang kadang tidak disadari orang lain.  Ketelitian yang mereka miliki tersebut membuat ISFJ jadi seseorang  yang bisa sangat perfeksionis.

Mereka akan merasa lebih tenang ketika semua yang dilakukannya sudah sempurna. Hal tersebut sangat membantu kegiatan yang dilakukannya bisa berjalan dengan lancar.

2. Dikenal sangat bertanggung jawab

freepik.com/pressfoto

ISFJ mempunyai dedikasi yang besar dalam melakukan kewajiban dan perannya. Orang dengan tipe kepribadian ini dapat bersikap sangat tegas dan disiplin untuk memenuhi tugasnya. 

Ketika ISFJ sudah mendapatkan peranan tertentu, mereka akan bertanggung jawab semaksimal mungkin untuk bisa menyelesaikannya. Tidak jarang seorang ISFJ bahkan sampai mengabdikan dirinya sepenuhnya pada tugasnya.

Oleh sebab itu, ISFJ terkenal sebagai sosok yang bisa dipercaya dan diandalkan dalam segala situasi.

3. Orang yang penuh kasih sayang

freepik.com/benzoix

Penuh kasih sayang merupakan kelebihan ISFJ yang sering dirasakan oleh orang lain di sekitaranya. ISFJ banyak memperlihatkan kasih sayangnya kepada orang yang disayanginya. 

ISFJ sejati sering mengekspresikan cintanya melalui berbagai tindakan sederhana yang bisa dilakukan bersama di kehidupan sehari-hari.

Berusaha untuk selalu hadir dan membuat hidup orang yang dicintainya menjadi lebih menyenangkan menjadi keseharian orang yang kepribadiannya bertipe ISFJ.

4. Pribadi yang bijaksana

freepik.com

Dalam memahami dan melakukan sesuatu, ISFJ kepribadian dan tipikal berpikirnya banyak menggunakan logika dan akal budinya. Orang dengan tipe kepribadian tersebut, mereka menyukai informasi faktual yang sudah teruji kebenarannya.

Seorang pengamat, ISFJ banyak menambah wawasannya dari lingkungan sekitar. Mereka akan menggunakan pengalaman yang pernah dilihat atau dialaminya untuk membuat suatu keputusan.

Pertimbangan yang dibuatnya juga berpegang teguh pada tindakan yang memiliki manfaat dan sesuai dengan norma serta nilai di masyarakat.

5. Merawat orang terkasih dengan sepenuh hati

freepik.com

Seorang ISFJ mempunyai minat yang besar untuk bisa membantu orang sekitarnya. Mereka akan selalu hadir dalam segala situasi untuk bisa memberikan motivasi, dukungan, dan bantuan yang bisa diberikannya pada orang terkasihnya. 

Dalam beberapa situasi, mereka bahkan lebih mengutamakan kebutuhan orang lain daripada dirinya sendiri. Hal tersebut disebabkan oleh perasaan yang kuat dalam diri ISFJ  untuk dapat melindungi orang lain. Oleh karena itu, ISFJ bisa menghabiskan waktunya untuk merawat serta mendukung orang terdekatnya.

6. Perhatian dan tulus

Pexels/Gustavo Fring

Kelebihan lainnya adalah mereka sangat perhatian dan tulus terutama kepada orang-orang terdekatnya. Karena ISFJ suka mengamati, mereka mudah untuk mengingat tindakan dan perkataan orang lain. Hal sederhana tersebut dapat sangat berkesan karena setiap momen menjadi sangat berharga.

ISFJ kepribadiannya kadang dianggap terlalu baik oleh orang lain karena sikapnya yang suka menolong tanpa mengharapkan imbalan. Namun, mereka menganggap hal tersebut merupakan bentuk perhatian yang bisa dilakukannya dengan sepenuh hati.

7. Bisa membawa suasana yang harmonis

freepik.com/jcomp

Terakhir, kelebihan dari ISFJ adalah mereka bisa membawa keharmonisan di lingkungan sekitarnya. Permusuhan dan pertentangan adalah hal yang sangat mereka hindari. ISFJ cenderung akan bersikap preventif dalam menghadapi suatu masalah daripada harus bertindakan represif.

Hidup aman dan stabil menjadi tujuan ISFJ dalam berhubungan dengan lingkungan dan orang sekitar. Karena masuk ke dalam tipe kepribadian feeling, ISFJ sangat hati-hati dan perhatian dalam berhubungan dengan orang sekitarnya. Dia tidak ingin ada hubungan yang bisa saja rusak akibat pertengkaran.

Itulah kelebihan dari ISFJ kepribadian yang dikenal sebagai seorang yang penuh kasih. Apakah kamu juga termasuk ke dalam jenis kepribadian ISFJ, Bela?

Penulis: Cesilia Sasanda Eka Putri Noveliana

IDN Media Channels

Latest from Single