Introvert dan Extrovert: Ciri dan Perbedaan Tipe Kepribadian

Mana tipe kepribadianmu?

Introvert dan Extrovert: Ciri dan Perbedaan Tipe Kepribadian

Tipe kepribadian orang memang berbeda-beda bergantung dengan karakteristiknya masing-masing. Ada 3 jenis kepribadian yang kita kenal selama ini, yaitu introvert, extrovert, dan ambivert

Namun, introvert dan extrovert menjadi dua jenis kepribadian yang paling berlawanan. Kedua jenis kepribadian itu bisa menentukan bagaimana mereka bersikap dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. 

Sebetulnya, apa perbedaan dan karakteristik dari jenis kepribadian tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya, Bela!

1. Apa itu introvert?

Introvert dan Extrovert: Ciri dan Perbedaan Tipe Kepribadian

Gagasan mengenai introvert dan extrovert berkembang pada awal 1900-an. Menurut Carl Jung, terdapat perbedaan kepribadian yang utama dalam diri seseorang. Ia mendefinisikan orang introvert adalah mereka yang berpikir, merasakan, dan bertindak dengan cara menunjukkan bahwa dirinya adalah faktor pendorong utama. 

Jadi, orang introvert akan mengarahkan energinya ke dalam perasaan dan pikirannya sendiri. Melansir Insider, introvert yang penyendiri, pemalu, dan antisosial secara alami merupakan sebuah stereotip. Sebab kepribadian jauh lebih kompleks dari itu. 

Introvert tidak serta merta tidak suka bersosialisasi, tetapi bersosialisasi akan cenderung membuat mereka lelah. Kamu yang memiliki kepribadian ini mungkin akan membutuhkan waktu istirahat yang lebih lama dari orang extrovert. 

2. Apa itu extrovert?

Menurut Carl Jung, seorang extrovert adalah mereka yang berpikir, merasakan, dan bertindak dengan kaitannya pada faktor-faktor eksternal daripada subjektif. 

Kalau orang introvert mengarahkan energinya ke dalam perasaan dan pikirannya sendiri, orang extrovert justru sebaliknya. Mereka akan mengarahkan energinya ke luar dengan orang lain dan lingkungannya. 

Stereotip yang muncul pada orang extrovert adalah ramah, ramai, tegas, dan senang berkumpul bersama orang-orang. Padahal, mereka kadang-kadang masih membutuhkan waktu untuk sendiri. 

Namun, seorang yang extrovert memang hanya membutuhkan waktu sebentar untuk memulihkan energinya setelah interaksi sosial dibandingkan orang introvert. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here