Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Kata Motivasi untuk Teman yang Depresi dari Pakar Kesehatan Mental

Mari rangkul teman kita

Natasha Cecilia Anandita

Depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang perlu ditanggapi dengan serius. Seseorang yang mengalami depresi biasanya sulit untuk melepaskan hal-hal yang membuat mereka menjadi seperti itu.

Jika tidak segera ditangani, ini bisa membahayakan untuk kesehatan mental maupun kesehatan fisik mereka. Bahkan, tak jarang banyak yang memilih mengakhiri hidup karena depresi. Jika kamu melihat teman atau orang yang kamu cintai mengalami kondisi demikian, cobalah untuk merangkulnya.

Para ahli kesehatan mental memberikan tips bagaimana mendukung temanmu yang sedang dalam keadaan depresi. Berikut ada 12 kata yang berguna untuk mengomunikasikan kepedulian, perhatian, dan dukunganmu kepada teman yang mengalami depresi menurut pakar kesehatan mental melansir dari Mind Body Green.

1. "Aku peduli padamu, dan kamu berarti bagiku."

unsplash.com/elijah-hiett

Orang yang mengalami depresi sering mengalami rasa putus asa dan pesimisme yang dapat membuatnya kehilangan pandangan tentang betapa orang-orang peduli pada dirinya. Mengingatkan dia betapa pentingnya dirinya bagimu mungkin bisa membantunya.

2. "Apakah ada yang mau kamu ceritakan?"

pexels.com/elijah-o'donnell

Depresi dapat menyebabkan rasa isolasi yang kuat, dan orang yang kamu cintai mungkin mulai menarik diri. Menurut Allison Forti, Ph.D., LCMHC, NCC, seorang associate teaching profesor dan Direktur Asosiasi Departemen Program Online Konseling di Universitas Wake Forest, cobalah untuk melibatkan temanmu dalam komunikasi atau tawarkan dia bercerita yang mungkin dapat membantu mengingatkan bahwa ada orang-orang yang peduli dan menawarkan harapan pada dirinya. 

3. "Apakah kamu ingin bermain/menghabiskan waktu bersama?"

pexels.com/hannah-nelson

Kamu juga bisa menawarkan untuk menghabiskan waktu bersama. Jika dia siap atau menyetujui tawaran itu, kamu bisa mengajaknya untuk berjalan-jalan, minum kopi, mengobrol, atau apa pun yang mungkin dia minati. Intinya adalah membuat diri kamu terlihat selalu ada untuknya sehingga ia dapat merasakan dukungan yang kamu berikan. 

4. "Aku ingin membantumu dan selalu ada untukmu, tetapi aku tidak yakin bagaimana caranya. Bisakah kamu memberi tahuku apa yang kamu butuhkan dariku?"

pexels.com/matheus-bertelli

Menurut GinaMarie Guarino, LMHC, konselor kesehatan mental berlisensi di Psychpoint, hal ini sesuatu yang bermanfaat yang dapat kamu katakan agar kamu tidak salah berasumsi tentang apa yang ia inginkan.

Kamu mungkin merasa khawatir karena tidak tahu bagaimana kamu dapat mendukung temanmu. Namun, ia mungkin dapat memberikan semacam panduan mengenai gerakan kecil yang akan membuatnya merasa dicintai olehmu.

5. "Apakah kamu butuh bantuan untuk belanja bahan makanan?"

unsplash.com/harli-marten

Meskipun bertanya langsung apa yang bisa kamu lakukan untknya menjadi pilihan yang bagus, terkadang orang yang mengalami depresi mungkin tidak dapat mengartikulasikan kebutuhannya sendiri atau bagaimana kamu dapat membantu dia secara spesifik.

Mengingat depresi dapat membuat aktivitas sehari-hari tampak lebih sulit, menawarkan bantuan untuk melakukan aktivitas tertentu atau membantu memenuhi kebutuhan tertentu mungkin berguna dan meringankan beberapa beban psikologis yang ia bawa.

6. "Aku perhatikan kamu lagi nggak seperti dirimu sendiri. Ada apa? Mau membicarakannya?"

pexels.com/mododeolhar

Biarkan temanmu tahu bahwa kamu mengamati perubahan perilakunya dan cukup peduli untuk membicarakannya. Meskipun ia mungkin tidak ingin membicarakannya, setidaknya ia tahu bahwa dia memiliki saksi dalam perjuangan yang berat itu atau di saat titik terendahnya dan bahwa kamu telah mengambil langkah pertama untuk menjangkau dia.  

7. "Kita tidak perlu bicara/ngobrol, tapi bisakah aku duduk denganmu?"

unsplash.com/kalisa-veer

Mengatakan ini adalah pilihan yang baik jika orang temanmu tidak terbuka untuk berbicara saat ini tentang kondisinya. Ahli GinaMarie Guarino menyarankan untuk membuat tawaran lembut untuk datang dan duduk diam bersama dia. Gerakan kecil seperti ini dapat membuat dunia berbeda bagi seseorang yang merasa termakan oleh kegelapan.

8. "Sepertinya kamu membutuhkan bantuan profesional."

pexels.com/anna-shvets

Bukan bermaksud negatif, tapi hal ini penting untuk ia ketahui, bahwa kamu telah melihat bagaimana ia berjuang dan khawatir tentang kesejahteraan dirinya. Menyarankan bantuan profesional mungkin terasa seperti izin untuk mencari bantuan, atau mungkin membuka pintu untuk diskusi tentang mencari bantuan profesional. Ini bisa membuka pintu peluang untuk dia menerima bantuan profesional dan kembali ke kehidupannya yang sejahtera.

9. "Aku menyayangimu."

Pexels.com/Liza Summer

Singkat tapi dalam. Jennifer Dragonette, Psy.D. , psikolog klinis dan Instruktur Layanan Klinis untuk Newport Healthcare di California Utara, menyarankan bahwa pilihan yang sangat sederhana, namun kuat ini adalah hanya untuk mengingatkan seseorang yang depresi bahwa kamu menyayanginya. Merasa dicintai dalam kehidupan sehari-hari secara ilmiah terkait dengan peningkatan kesejahteraan .

10. "Aku pernah melihat kamu melalui hal-hal sulit sebelumnya, dan aku tahu kamu bisa bangkit lagi."

Pexels.com/Roberto Nickson

Menurut Jennifer Dragonette, memberi tahu orang yang kamu cintai bahwa kamu melihat ia berjuang dengan depresi dan memperhatikan kekuatan yang ia miliki selama kesulitan di masa lalu dapat membangkitkan semangatnya kembali. Ini adalah cara lain untuk memberi tahu dia bahwa ia tidak sendirian dalam perjalanan yang berat itu.

11. "Tidak apa-apa, karena kita juga manusia."

unsplash.com/clarisse-meyer

Ingatkan temanmu bahwa semua orang rentan terhadap depresi, bahkan orang yang paling kuat sekalipun. Depresi bukanlah sesuatu yang memalukan. Kita memang hidup dalam dunia dan budaya yang penuh tekanan, ketidakpastian, ketidakstabilan, penuh tuntutan dan banyak hal lainnya yang bisa membuat kita stres. Faktor ini menempatkan setiap orang pada risiko depresi, bahkan orang yang paling tidak kita duga sekalipun akan mengalaminya.

12. "Aku akan terus memeriksamu."

unsplash.com/courtney-cook

Orang yang depresi mungkin tidak ingin bersosialisasi atau berbicara, karena mungkin itu akan membutuhkan terlalu banyak energi. Hindari menekan temanmu untuk melakukan sesuatu yang membuat depresi semakin berat baginya.

Namun, beri tahu dia bahwa kamu tidak akan menyerah padanya, selalu mendukungnya, dan selalu ada untuknya. Tetaplah dekat dengannya, bahkan ketika ia menolak upaya yang kamu lakukan untuk membantu.

Jaga agar upayamu tetap sederhana dan non-invasif. Pesan teks yang menyatakan, "Aku sedang memikirkanmu" dapat memberikan keajaiban bagi seseorang yang merasa sendirian dan sedih. Terus beri tahu dia bahwa kamu peduli.  

Itulah 12 kata motivasi dan penyemangat dari para ahli yang menunjukkan kepedulianmu pada teman atau orang terkasih yang sedang depresi. Cobalah untuk memahami perasaanya dan jangan terlalu memaksa. 

IDN Media Channels

Latest from Single