Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Closure Artinya Kepastian, Bahasa Gaul dalam Hubungan Asmara

Penting dalam hubungan

Nafi' Khoiriyah

Sebuah hubungan yang terjalin tentu perlu melibatkan kedua belah pihak. Jika akhirnya hubungan keduanya tidak berjalan sesuai yang mereka harapkan, maka mau tidak mau semuanya perlu diakhiri. 

Namun, saat mengakhiri hubungan terkadang orang tidak memberikan closure kepada pasangannya. Hal itu bisa memperburuk keadaan dan membuat pasangan menjadi merasa kebingungan. 

Closure artinya adalah rasa damai, kepastian, dan kerelaan yang muncul setelah suatu hubungan berakhir. Ketahui selengkapnya tentang closure dalam ulasan di bawah ini. 

1. Apa itu closure dalam hubungan?

unsplash.com/Charlie Foster

Seperti yang sudah disinggung di atas, closure artinya adalah sebuah bentuk kepastian. Hal itu juga mengacu pada rasa damai, saling mengerti, dan kerelaan yang muncul saat suatu hubungan telah berakhir. 

Dengan mengetahui alasan berakhirnya suatu hubungan, itu memungkinkan mereka untuk menjalin hubungan baru yang sehat. Dalam sekali waktu, closure yang disampaikan mungkin menyakitkan. 

Namun, akan lebih menyakitkan lagi jika putusnya hubungan terjadi tanpa adanya kejelasan alasan mengapa hubungan tersebut berakhir. Intinya, closure itu akan memberikan kemampuan untuk move on dengan lebih baik. 

2. Mengapa closure penting dalam hubungan?

pexels.com/Cottonbro Studio

Pentingnya closure dalam hubungan memang tidak selalu bisa dipahami untuk mereka yang memutuskan hubungan. Namun, ini adalah beberapa alasan yang perlu diketahui. 

  1. Closure akan memungkinkan seseorang mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang muncul pada diri mereka sehingga bisa memahami mengapa pasangannya memutuskan mengakhiri hubungan.
  2. Closure juga membantu mereka belajar dari kesalahan dan menghindari kesalahan yang sama dalam hubungan yang berikutnya. 
  3. Menemukan closure akan memungkinkan mereka untuk melupakan dan menerima bahwa hubungan mereka tidak akan kembali lagi. 
  4. Mereka yang mendapatkan closure bisa melupakan masalah dan menebus kesalahan dengan meminta maaf. 
  5. Mendapatkan closure bisa mengakhiri hubungan dengan baik-baik supaya tidak saling membenci dan merasa bersalah. 

3. Tanda kamu belum mendapatkan closure

Pexels.com/Anastasia Shuraeva

Kalau closure artinya adalah sebuah kepastian, kamu mungkin saja belum mendapatkannya dari hubungan sebelumnya. Hal itulah yang membuatmu kini memiliki perasaan hancur dan bingung sampai berlarut larut.

Untuk mengenalimya, berikut adalah tanda kamu belum mendapatkan closure:

  1. Kamu tidak bisa berhenti memikirkan hubungan itu
    Jika hubungan telah berakhir, tetapi kamu masih merenungkan hubungan itu, maka itu adalah tanda yang jelas kamu belum mendapatkan closure. Sebab, kamu masih merasa terikat secara mental dan emosional dengan orang tersebut. 
  2. Kamu tidak bisa memahami apa yang terjadi 
    Memahami kalau hubungan telah berakhir bisa membuat seseorang berdamai dengan keadaan. Nah, jika kamu mengalami kesulitan memahami bagaimana semuanya berakhir, itulah tanda kalau kamu belum mendapatkan closure. 
  3. Kamu mempertanyakan dirimu sendiri 
    Belum adanya closure bisa mengganggu seseorang untuk berdamai dengan dirinya sendiri. Sebab, mereka mempertanyakan apa yang terjadi pada dirinya sendiri. Kritik yang pernah didapatkannya dari orang yang berkaitan bisa membuatnya merasa tidak pantas untuk dicintai dan merasa rendah. 
  4. Kamu menahan marah atau benci 
    Kalau keadaan menjadi makin buruk, kamu mungkin menyimpan kemarahan, frustasi, dan kebencian yang mendalam tanpa tahu harus mengungkapkannya pada siapa. Hal itu bisa berubah menjadi kesedihan yang berlarut-larut. 

4. Bagaimana cara mendapatkan closure?

Pexels.com/Andre Furtado

Kalau kamu merasa perlu mendapatkan closure, maka tak ada salahnya untuk menghubungi mantan pasangan dan mengajaknya bicara. Apalagi jika hubunganmu dan dia tiba-tiba berakhir dengan cara ghosting. Akan tetapi, pikirkan dulu apa yang kamu inginkan dari percakapan itu. 

Mereka mungkin merasa tidak nyaman berbicara lagi denganmu dan menjelaskan mengapa mereka putus. Sebab, mereka bahkan tidak mengerti mengapa closure itu penting untukmu. 

Nah, langkah lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menulis surat atau email. Tuliskan perasaanmu dengan cara yang baik. Hal itu bertujuan untuk mengeluarkan emosi negatif yang kamu alami. 

Kalau tidak memungkinkan, putuskan semua komunikasi dengannya. Sulit untuk menemukan closure kalau kamu terus mengirim pesan kepadanya atau melihatnya di media sosial. Namun, hubungan sudah berakhir dan kamu harus menghormati keputusannya. 

Terakhir, biarkan kamu merasa sedih dan jangan mengabaikan perasaan itu. Dengan bersedih, maka kamu akan memproses emosi itu dan perlahan akan sembuh dengan sendirinya. 

Setelah mengetahui bahwa closure artinya adalah sebuah kepastian dan rasa damai, kini kamu bisa lebih memahami keadaan yang selama ini kamu alami.

Mungkin kamu memang belum menemukan closure sehingga sulit untuk melepaskan dan berpisah. Namun percayalah, semua akan baik-baik saja meskipun mereka tidak memberikan closure itu. 

IDN Media Channels

Latest from Single