Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ternyata Kamu Bisa Terangsang saat Melihat Tangan, Namanya Quirofilia

Ini sangat normal dan tak perlu merasa malu memilikinya

Elga Windasari

Apakah kamu pernah menemukan video di TikTok yang memperlihatkan seorang perempuan bicara tentang betapa dia mereka tertarik pada tangan berurat laki-laki? Ada juga perempuan yang menyukai tangan kasar milik pasangannya.

Jika dulu memiliki preferensi tertentu terhadap tangan dianggap aneh, setelah adanya media sosial barulah terlihat bahwa ada banyak orang menganggap tangan itu menarik. Mungkin ini alasan orang melakukan berbagai cara untuk membuat tangannya terlihat lebih menarik.

Tangan juga merupakan objek keintiman dan penting dalam banyak aktivitas seksual, seperti meraba, menyentuh alat kelamin, atau menjelajahi tubuh.

Namun, nyatanya tidak sedikit orang yang merasa terangsang dengan tangan, yang juga dikenal dengan istilah quirofilia.

Apa itu quirofilia?

Pexels/Tan Danh

Terapis seks bersertifikat, Indigo Stray Conger, LMFT, CST, mengatakan dalam quirofilia, melihat, menyentuh, atau disentuh oleh tangan adalah bagian penting dari siklus gairah seksual dan seseorang dengan quirofilia sangat fokus pada tangan sebagai titik gairah.

Seseorang dengan hand fetish mungkin akan terangsang pada seluruh tangan atau bagian tertentu, seperti kuku, jari tangan, telapak tangan, atau punggung tangan yang pembuluh darahnya terlihat.

Fetish tangan bersifat unik pada setiap individu. Ada yang mungkin akan terangsang saat pasangannya membelai tubuhnya dengan tangan yang terawat, ada juga yang terangsang saat melihat pasangannya mengenakan sarung tangan.

Bahkan, tidak sedikit yang mungkin terangsang hanya dengan menghisap tangan pasangannya.

Meskipun penelitian tentang prevalensi quirofilia masih sedikit, ini adalah fetish umum yang terasa sangat alami karena tangan sering terlibat dalam tindakan seksual.

Mengapa tangan membangkitkan gairah seksual?

unsplash.com/Dương Hữu

Tangan bisa menjadi penentu gairah karena berbagai alasan. Misalnya, ketertarikan pada tangan berurat-urat yang berasal dari evolusi.

“Dari perspektif biologi evolusi, memiliki pembuluh darah atau vaskularisasi yang terlihat pada laki-laki biasanya menunjukkan kesehatan yang baik secara keseluruhan dan rendahnya lemak tubuh,” kata Indigo.

Vaskularitas ini cenderung paling menonjol ketika laki-laki baru berolahraga atau melakukan aktivitas berat, yang mungkin secara tidak sadar dibaca oleh perempuan sebagai isyarat seksual.

Sebuah studi pada 2017 yang dilakukan oleh para peneliti dari Griffith University, menunjukkan bahwa perempuan paling tertarik pada isyarat kekuatan fisik pada laki-laki seperti lengan berotot dan tubuh yang kencang.

Para peneliti berpendapat bahwa hal ini mungkin terkait dengan pengaruh kuno dan manfaat kelangsungan hidup jika bersama laki-laki sehat yang bisa bertarung.

“Beberapa orang juga mengasosiasikan pembuluh darah di tangan dengan pembuluh darah yang terdapat di batang penis dan mungkin inilah alasan beberapa orang menganggapnya menarik,” tambah Ness Cooper, seorang terapis dan seksolog.

Secara umum, terapis menganggap bahwa tangan adalah area sensual dan penuh dengan reseptor saraf.

Artinya, kamu bisa merasakan usapan lembut, jilatan ringan, dan bahkan isapan tangan sangat erotis karena otak kita menerjemahkan sensasi itu sebagai kesenangan.

Quirofilia mungkin juga dikaitkan dengan kemampuan seseorang untuk membayangkan tangan tersebut selama aktivitas seksual, seperti membelai atau menggenggam.

Bagaimana mengatakan fetish tangan ini pada pasangan?

freepik.com/yanalya

Fetish tangan adalah hal yang umum dan kamu tidak perlu merasa malu untuk mengatakan memiliki fetish ini dengan pasangan.

Namun, jika merasa rentan untuk berbagi kecenderungan ini, kamu dapat mencoba menanyakan apa yang membuatnya bergairah sebagai titik awal.

“Bahkan jika jawabannya tidak jelas atau cenderung mengarah pada daya tarik yang paling normatif, hal ini dapat memberimu kesempatan untuk menyebutkan bahwa kamu memiliki selera yang lebih khusus,” saran Indigo.

Seharusnya, pasangan yang mencintaimu apa adanya akan dengan senang hati memberikan beberapa tips tentang cara membuatmu bergairah.

Saat berkomunikasi dengan pasangan, mungkin yang terbaik adalah berbagi apa yang sebenarnya membuatmu bergairah dengan tangan.

Kamu juga bisa menyarankan beberapa tips sehingga pasangan bisa lebih memahami bagaimana memasukkan fetish ini ke dalam kehidupan seks kalian berdua.

“Namun, cobalah untuk memberikan pemahaman pada pasangan bahwa kemungkinan besar kamu sudah memikirkan fetish tersebut lama sebelum bersamanya. Jadi beri dia waktu untuk memprosesnya,” ujarnya.

Bagaimana cara menjelajahi quirofilia

freepik.com/dusanpetkovic

Jika kamu dan pasangan ingin menjelajahi quirofilia, sering-seringlah memuji tangannya atau mengatakan bahwa kamu suka jika kukunya ditata dengan cara tertentu atau mengenakan sarung tangan tertentu atau hal lain yang kamu suka.

Ini dapat membantu kalian berdua untuk merasa lebih nyaman dalam mengeksplorasi fetish ini.

Coba minta padangan meluangkan waktu untuk menyentuh tubuhmu dengan lembut menggunakan tangannya.

“Minta dia untuk fokus pada area di mana kamu dapat melihatnya membelai tubuhmu untuk meningkatkan aspek visual dari isyarat seksual ini,” kata Indigo.

Berbagi gambar erotis yang melibatkan tangan juga merupakan bentuk pemanasan bagus, yang dapat membantu membangkitkan gairah satu sama lain. Hal yang hebat tentang tangan adalah ini secara alami terlibat dalam banyak tindakan erotis.

Jika fetish tangan milikmu melibatkan bahan tertentu, membeli sarung tangan dengan bahan tersebut untuk dikenakan di kamar tidur dan meminta pasangan untuk memakainya, juga bisa menjadi titik awal yang baik.

Selain itu, aktivitas memijat yang juga banyak melibatkan tangan, memungkinkan pasangan menjelajahi bagian tubuhmu tangan dengannya.

Jika kamu terangsang dengan menyentuh, mencium, atau menghisap tangan. kamu dapat meminta persetujuannya untuk mengeksplorasi hal ini sambil bersantai.

Intinya, quirofilia—seperti banyak fetish lainnya—adalah ekspresi hasrat seksual yang sehat dan ada berbagai cara untuk mengeksplorasinya.

Selama kamu melakukannya dengan aman, dengan persetujuan pasangan, dan memenuhi keinginan kalian berdua, kemungkinan besar kamu sudah melakukannya dengan benar.

IDN Media Channels

Latest from Sex