Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kontroversi Meghan Markle yang Membuat Kerajaan Inggris 'Lelah'

Beradaptasi di lingkungan kerajaan memang berat

Windari Subangkit

Sejak menikah dengan Pangeran Harry pada 19 Mei 2018 lalu, Meghan Markle tampaknya nggak pernah sepi dari pemberitaan. Pasalnya, Duchess of Sussex ini kerapkali menunjukkan tingkah laku yang berbeda dari anggota kerajaan Inggris lainnya dan tentu saja menuai kontroversi di mata publik. Mulai dari cara berpakaiannya hingga latar belakang keluarga yang penuh drama. Popbela sudah merangkum, inilah 7 kontroversi Meghan Markle yang sering membuat kerajaan Inggris geleng-geleng kepala.

1. Dilarang memakai perhiasan mendiang Putri Diana

wmagazine.com

Ratu Elizabeth II dikabarkan sudah nggak suka dengan perilaku Meghan Markle. Menurut laporan dari The Sun, seorang sumber dari Istana Buckingham mengatakan bahwa tingkah laku Meghan selama beberapa bulan ini sudah menimbulkan ‘ketegangan’ di internal istana. Atas kelakuannya ini, Ratu pun melarang Meghan mengenakan perhiasan milik ibu Pangeran Harry, mendiang Putri Diana. Berbeda dengan Meghan, Kate Middleton justru tetap diperbolehkan memakai perhiasan mendiang Putri Diana yang sarat akan nilai sejarah tersebut.

Lebih mengejutkannya lagi, sumber yang nggak mau disebutkan namanya ini mengungkapkan bahwa pihak istana sudah muak dengan kelakuan Meghan sejak sebelum ia menikah dengan Pangeran Harry. Banyaknya aturan kerajaan Inggris yang telah dilanggar Meghan kabarnya menjadi alasan Ratu nggak menyukainya.

2. Gaya berpakaian yang melanggar protokol kerajaan

teenvogue.com

Gaya berpakaian Meghan Markle memang seringkali menjadi sorotan. Salah satunya saat mendampingi Pangeran Harry ke sejumlah negara pada November 2018 lalu, Meghan mengenakan pakaian yang dianggap terlalu santai dan seksi. Selain itu, Meghan juga terlihat memasukkan tangannya ke saku baju hingga membuat ahli kerajaan mengkritiknya. Melansir dari Daily Mail, seorang ahli dan pelatih etika Inggris, William Hanson, menyebutkan bahwa gaya Meghan tersebut dianggap terlalu santai dan nggak pantas dilakukan oleh seorang keluarga kerajaan.

Nggak hanya itu, Meghan juga telah melanggar peraturan saat melakukan foto pertunangan dengan Pangeran Harry. Pemain serial Suits tersebut nggak menggunakan stocking, padahal memadukan busana dengan stocking sudah menjadi aturan untuk anggota keluarga Kerajaan Inggris.

3. Perilaku sang ayah yang penuh drama

standard.co.uk

Meghan Markle diketahui memiliki hubungan yang kurang baik dengan sang ayah, Thomas Markle. Perseteruan antara ayah dan anak ini sudah terjadi sejak lama, bahkan sebelum Meghan bertemu dengan Pangeran Harry. Thomas Markle juga sering membuat pernyataan ke media yang menyudutkan Meghan dan Pangeran Harry, hingga membuat aktris asal Amerika tersebut dianggap telah membuang keluarganya.

Gerah dengan segala pemberitaan miring, Meghan pun membuat surat untuk ayahnya. Dengan tulisan tangan yang rapi, Meghan menyebut sang ayah telah menghancurkan hatinya menjadi berkeping-keping dengan melayani wawancara kepada media dan menyerang Pangeran Harry.

4. Pernyataan kakak tiri Meghan yang kontroversial

eonline.com

Sejak hubungan Meghan dan Pangeran Harry terungkap, saudara tirinya, Samantha Grant, sering membuka rahasia keluarga dan mengatakan hal-hal buruk tentang Meghan ke media. Samantha menyebut Meghan adalah orang yang suka panjat sosial. Ia juga mengkritik pernyataan Pangeran Harry yang menyebut bahwa keluarga kerajaan Inggris adalah sosok keluarga yang nggak pernah dimiliki oleh Meghan.

Selain itu, Samantha juga sering mengeluh karena nggak diundang ke pernikahan adik tirinya tersebut. Rupanya, Meghan dan Samantha memang nggak pernah dekat, bahkan kabarnya mereka nggak saling bicara sejak tahun 2008 silam. 

5. Memberi tanda tangan ke publik

abcnews.go.com

Menjadi anggota keluarga kerajaan membuat perempuan berusia 37 tahun ini harus bisa beradaptasi dan meninggalkan kebiasaannya saat menjadi selebriti. Namun, saat hendak kunjungan di Cardiff Castle pada Januari 2018, Meghan secara sadar telah memberikan tanda tangannya di buku milik seorang gadis seperti saat ia masih jadi selebriti.

Padahal, Ratu Elizabeth II menetapkan bahwa bangsawan Inggris hanya boleh menandatangani dokumen pribadi saja. Ratu takut jika keluarganya memberikan tanda tangan secara sembarangan, maka akan bisa dipalsukan untuk membuat dokumen negara. 

6. Jadi penyebab pertengkaran Pangeran Harry dan William

Hellomagazine.com

Rumor adanya perselisihan antara dua saudara kandung ini pertama kali muncul setelah Harry mulai berkencan dengan Meghan Markle. Menurut kabar, William merasa Harry terlalu cepat memutuskan menikah meski baru satu tahun berpacaran. Rumor tersebut makin kuat ketika keduanya terlihat menjaga jarak dan tak bicara satu sama lain saat ketika menghadiri misa Paskah di Kapel St George di Windsor Castle, Inggris. 

Selain itu, desas-desus keretakan lainnya yang muncul yakni ketika Pangeran Harry dan Meghan memutuskan untuk pindah dari tempat tinggal bersama mereka di Istana Kensington ke Frogmore Cottage yang baru direnovasi di Windsor pada April 2019.

7. Mundur dari keluarga kerajaan Inggris

People.com

Setelah banyaknya kontroversi yang terjadi, Pangeran Harry dan Meghan Markle kini kembali membuat pernyataan mengejutkan. Keduanya mengumumkan akan mundur dari peran mereka sebagai anggota senior keluarga kerajaan Inggris. Pengumuman mengejutkan ini dibagikan dalam akun Instagram resmi mereka, @sussexroyal.

"Setelah beberapa bulan refleksi dan diskusi internal, kami memilih untuk melakukan transisi tahun ini untuk mulai mengukir peran baru yang progresif. Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota 'senior' dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu," tulis mereka dalam pernyataan resminya yang diumumkan pada Kamis (9/1).

IDN Media Channels

Latest from Married