Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Jenis-Jenis Konflik dalam Hubungan yang Perlu Dipahami Suami Istri

Pernikahanmu sangat berarti

Puspita Ramadhani

Bela, apakah kamu dan pasangan masih sering menghindari konflik? Pahamilah, jika konflik adalah sesuatu yang tidak perlu dihindari, melainkan harus diselesaikan bersama-sama.

Dalam hubungan asmara, kamu juga akan mengenal jenis-jenis konflik. Konflik ini akan terus berkembang seiring meningkatnya jenjang hubunganmu dengan pasangan.

Memangnya, apa saja jenis-jenis konflik dalam hubungan rumah tangga? Yuk, cari tahu di sini.

1. Keintiman

pexels.com/cottonbro-studio

Di awal pernikahan, kamu dan pasangan sangat menikmati masa-masa keintiman secara fisik maupun seksual. Namun, keintiman itu akan mulai menurun seiring dengan semakin banyaknya beban pekerjaan atau tanggung jawabmu sebagai orangtua.

Memudarnya perasaan intim dengan pasangan adalah masalah dan bisa menjadi penyebab konflik yang lainnya. Misalnya, ketika kamu ingin menghabiskan malam dengan berduaan bersama pasangan, namun ia menunjukkan wajah masam kepadamu. Melihat situasi yang tidak enak, kamu pun akhirnya ikut diam kepada suamimu.

2. Tanggung jawab

Pexels/Timur Weber

Tahukah kamu apa jenis konflik yang sering kali membuat pasangan suami istri akhirnya bercerai karena tidak diatasi dengan baik? Yup, konflik tanggung jawab. 

Bayangkan jika salah satu dari kalian sangat sibuk mengurus rumah tangga, sedangkan pihak lainnya tidak melakukan apa pun. Jika situasi ini terus-menerus terjadi, maka pasangan yang paling banyak berkorban hanya akan menambah rasa benci.

Dalam urusan tanggung jawab rumah tangga, kamu perlu mempertanyakan secara jelas dan terperinci apa saja yang menjadi bagian tanggung jawab masing-masing dari kalian. Pembagian tugas secara rata dan juga kerja sama yang baik sangat dibutuhkan oleh sepasang suami istri.

3. Rasa tidak aman

freepik.com

Rasa tidak aman atau insecure kerap menimbulkan kecemburuan. Di antara jenis-jenis konflik dalam hubungan, yang satu ini adalah jenis konflik yang paling merusak.

Jika kamu atau suamimu merasa tidak aman dengan hubungannya, maka mereka cenderung akan menciptakan masalah yang sebenarnya tidak pernah ada. Seperti itulah insecure bisa merusak hubunganmu secara perlahan.

4. Keuangan

freepik.com/wayhomestudio

Dari semua jenis-jenis konflik, keuangan menjadi jenis konflik hubungan yang berada di tingkat teratas dan paling umum dialami. Pasalnya, ketika dua orang memutuskan untuk hidup bersama, maka mereka perlu mendiskusikan bagaimana sistem keuangan tersebut agar bisa memberikan kehidupan. 

Sebab pada kenyataannya, tidak semua pasangan memiliki pola pikir dan pengelolaan yang sama tentang keuangan. Jika pasanganmu terlalu boros atau memiliki pinjaman, sudah bisa dipastikan hal itu akan memicu konflik. Nantinya, akan muncul skenario pasangan yang sangat bekerja keras akan mulai membenci pasangannya yang tidak bertanggung jawab secara finansial. 

5. Anak-anak

unsplash.com/istockphoto

Bagi sebagian pasangan, memiliki anak adalah momen paling membahagiakan dalam hidup mereka. Namun, bagi sebagian lainnya menganggap mempunyai anak adalah sumber konflik jika kamu dan pasangan belum siap untuk bertanggung jawab.

Misal, salah satu di antara kalian berpikir jika mandiri secara finansial terlebih dahulu akan membuat kondisi lebih baik, sebelum memutuskan memiliki anak. Sementara yang lain, merasa jika sudah waktunya untuk membentuk keluarga kecil karena takut usia yang semakin tua.

Maka, di sinilah konflik itu harus didiskusikan. Termasuk, mendiskusikan cara mendidik anak sejak awal, agar tidak terjadi konflik perbedaan gaya asuh.

Itulah kelima jenis-jenis konflik dalam hubungan berumah tangga. Konflik tidak akan menjadi sesuatu yang menyeramkan apabila kamu dan pasangan bisa mengatasinya dengan berkomunikasi, saling memahami dan memaafkan, juga sama-sama berusaha untuk berubah menjadi baik.

Setiap konflik yang berhasil diselesaikan dengan tuntas, akan menambah kedekatanmu bersama pasangan. Jadi, jangan lagi menghindari konflik, ya!

IDN Media Channels

Latest from Married