Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Ide Kegiatan Liburan Anak di Rumah, Dijamin Seru!

Yuk, dicoba!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Ketika hari libur tiba, biasanya orangtua akan menghabiskan waktu bersama anak-anaknya untuk berpergian ke suatu tempat. Tetapi, ada sebagian dari mereka yang tidak memiliki banyak waktu, sehingga hanya bisa di rumah saja. Karena ada orangtua yang masih memiliki pekerjaan untuk diselesaikan atau mengerjakan aktivitas lainnya.

Meski begitu, menyempatkan quality time bersama anak adalah hal yang penting untuk mempererat hubungan. Jika memang untuk berpergian tidak bisa, namun untuk para orangtua masih ada kesempatan untuk melakukan aktivitas bersama anak di rumah saja. Oleh karena itu, Popbela akan mengulas tentang ide kegiatan liburan anak di rumah. Yuk, simak!

1. Menonton film bersama

Pexels.com/ Annushka Ahuja

Semua kalangan suka menonton film, apalagi untuk anak-anak. Sekarang ini, banyak kanal TV luar atau orangtua bisa mengunduh dari sebuah website untuk menonton film bersama. Kalau mencari film yang seru bisa dilihat melalui internet, atau kita bisa menyaksikannya melalui layanan streaming, seperti Netflix, Foxtel, Disney+, dan lainnya.

Ide kegiatan liburan anak di rumah yang satu ini selain membuat keseruan, ini juga sekaligus memberi edukasi dari film yang ditayangkan. Tentu saja, setiap tontonan harus dipilih secara bijaksana untuk anak.

2. Membuat kerajinan

Freepik.com/freepik

Membuat kerajinan bisa menjadi ide kegiatan terbaik untuk liburan anak di rumah. Kita bisa mengajak mereka membuat dekorasi unik dari beberapa bahan yang tersedia. Selain mengisi akhir pekan, kegiatan ini dapat membantu anak untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan untuk mengikuti intruksi. 

Ditambah lagi, membuat kerajinan juga bisa mengembangkan keterampilan motorik halus. Jadi, ini adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus pembelajaran untuk anak. 

3. Memainkan teka-teki online

Freepik.com/Lifestylememory

Ide kegiatan liburan anak di rumah nggak hanya sekadar seru-seruan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk belajar. Seperti contohnya, memainkan sebuah teka-teki yang bisa dikerjakan bersama anak. Kalau nggak ada buku berisi teka-teki, kita bisa menggunakan aplikasi atau website tertentu. 

Apalagi sekarang ini sudah banyak permainan online gratis yang bisa dicoba. Misalnya, situs teka-teki Jigsaw online yang memiliki fitur untuk memilih banyak teka-teki yang akan diminati anak.

4. Karaoke di rumah

Freepik.com/Lifestylememory

Semua kalangan menyukai musik, karena dengan mendengarkan lagu bisa mencairkan suasana hati. Nah, dengan karaoke ini bisa dilakukan di rumah untuk mengisi kegiatan liburan anak. Tanyakan padanya, apa lagu favorit mereka sehingga kita bisa menyanyikannya bersama.

Sambil bernyanyi, kita juga bisa sekaligus memperhatikan dan menghafalkan liriknya. Dengan ide kegiatan yang seru ini akan membawa kegembiraan dan kehangatan dalam keluarga.

5. Berkebun

Freepik.com/prostooleh

Apakah kamu memiliki kebun atau tanaman di rumah? Nah, liburan ini adalah waktu yang tepat untuk mengajak anak belajar merawat tumbuhan. Kalau belum memilikinya, akan lebih baik membawa mereka untuk menanam buah dan sayuran di halaman rumah. Ide kegiatan liburan anak di rumah yang satu ini akan mengajarkan mereka tentang cara kerja alam, dan menemukan sesuatu hal yang baru seperti serangga atau bermain kotor-kotoran. Jangan salah, berani kotor itu baik!

6. Membuat kue

Freepik.com/freepik

Aneka manis-manisan atau kue selalu menjadi cemilan yang paling disukai orang. Daripada membelinya, kita bisa mengajak anak untuk membuat kue tepat pada hari libur mereka. Kamu bisa membuat ide terbaik apakah perlu memanggang kue besar, atau membentuknya dalam mangkuk-mangkuk kecil. Saat menghias dan mencobanya inilah letak titik keseruannya! Bahkan, kamu bisa mengundang orang terdekat untuk memamerkan hasil kreasi dengan anak.

7. Melakukan aktivitas olahraga

Freepik.com/freepik

Olahraga adalah aktivitas penting untuk menjaga kesehatan. Nah, melakukan olahraga bersama keluarga bisa menjadi ide kegiatan liburan anak selama di rumah. Kita mulai membiasakan mereka untuk berolahraga dari sekarang agar menjadi rutinitas. Terlebih lagi, olahraga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan fungsi otak anak. Tentu akan lebih seru jika dilakukan bersama.

8. Membuat vlog

Freepik.com/freepik

Nggak harus berpergian, di dalam rumah kita bisa mengajak anak untuk membuat vlog, lho. Sederhana saja, kita bisa mengabadikan apa pun kegiatan anak di rumah selama liburan. Ini juga bisa melatih kepercayaan diri anak saat mereka di depan kamera. Selain itu, mereka akan mengetahui pembuatan sebuah video yang unik untuk menyimpannya sebagai kenangan.

9. Makan malam mewah

Freepik,com/freepik

Setiap keluarga tentu sudah menjadi rutinitas untuk makan malam bersama. Tetapi, karena kali ini dalam rangka hari libur anak, kita perlu menyiapkan sesuatu yang berbeda dan lebih mewah. Seperti memasak menu makanan yang lebih bervariasi, mengundang kakek dan nenek, dan sebagainya. Kegiatan makan malam mewah ini, nggak hanya mempererat hubungan antara orangtua dan anak, tetapi juga suami dan istri.

Itulah 9 ide kegiatan seru liburan anak di rumah. Kira-kira apa yang ingin kamu coba terlebih dahulu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Married