Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Merasa Sendirian? Ini 7 Cara Mengatasi Loneliness dalam Hubungan 

Cobalah berdiskusi dengan pasangan dan sibukkan dirimu

Natasha Cecilia Anandita

Banyak orang beranggapan bahwa merasa kesepian harus ketika kamu sendirian, tetapi sebenarnya nggak juga, Bela. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa bahkan mereka yang sudah menjalin hubungan atau menikah pun melaporkan perasaan kesepian atau loneliness.

Kesepian atau loneliness adalah keadaan negatif di mana kamu merasa tidak nyaman. Kamu mungkin merasa sendirian, kosong, atau bahkan mungkin tidak diinginkan. Bukan hal yang aneh untuk merasa kesepian di tengah keramaian atau saat bersama dengan orang yang kamu cintai. 

Jika kamu merasa kesepian, mungkin salah satu dari kalian telah menarik diri, menjauh, dan tidak sedekat dulu. Tekanan situasional bisa menyebabkan keretakan di antara kalian, yang membuat kalian jarang punya waktu bersama hingga akhirnya merasa kesepian.

Nah, kalau kamu mulai merasa loneliness alias kesepian walau sedang menjalin hubungan romantis, coba cek lagi hubunganmu dan perbaiki. Berikut ada beberapa tips dan cara mengatasi rasa loneliness saat menjalin hubungan. 

1. Diskusikan perasaanmu dengan pasangan

freepik.com

Tanpa menyalahkan atau mengkritik, coba diskusikan dan bagikan perasaanmu dengan pasangan. Bilanglah padanya kalau kamu merasa kesepian. Mungkin kalian berdua perlu melakukan perubahan dalam hubungan kalian agar kembali menjadi lebih intim. Atau kalau masalahnya ada di kamu, cobalah untuk mengatasinya sendiri dan komunikasikan dengan baik padanya. 

2. Istirahat dari media sosial

unsplash.com

Daripada mengirim chat melalui teks ke pasanganmu, cobalah untuk langsung meneleponnya. Atau lebih baik lagi, kamu bisa menemuinya untuk minum sebentar di kafe favorit. Ini akan sedikit mengobati rasa loneliness kamu, karena mendengar suaranya atau melihatnya secara langsung akan memberikan rasa yang lebih nyata bahwa dia ada di sisimu.

Beristirahatlah juga dari media sosial, jangan terlalu banyak menghabiskan waktu di dalamnya yang justru malah mengurangi waktu kamu dan dia untuk berkomunikasi atau berbagi cerita. Media sosial memang bagus untuk menjalin hubungan, tapi ini mungkin akan membuatmu membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

3. Peluk pasanganmu

unsplash.com

Kamu bisa mengungkapkan rasa sayang pada kekasihmu secara fisik, salah satunya dengan berpelukan. Saat kamu memeluknya, oksitosin (sering disebut "hormon pelukan") dilepaskan. Saat kamu menyentuh satu sama lain, kamu akan merasakan kedekatan. Tak sampai di situ, kamu juga akan merasakan terkoneksi dan terikat satu sama lain. Kepercayaan antara satu sama lain pun akan semakin mendalam.

4. Tetap jalin hubungan dengan keluarga dan sahabat

unsplash.com

Saat merasa loneliness, coba deh, hubungi teman atau habiskan waktu bersama keluargamu. Ini mungkin menghilangkan rasa kesepian itu. Walau kamu sudah menjalin hubungan romantis bahkan menikah sekali pun, jangan lupa untuk memupuk hubungan penting dengan orang lain khususnya keluarga dan para sahabatmu. Ini akan mengingatkanmu bahwa kamu mencintai orang lain dan bahwa kamu sendiri dicintai.

5. Lakukan hobimu

unsplash.com/istock

Alih-alih kamu berfokus pada hal-hal yang membuatmu sedih, cobalah lakukan hobimu atau temukan hobi baru. Sibukkan dirimu dan jangan biarkan perasaan loneliness justru 'menelanmu'. 

Terhubung kembali dengan pasanganmu memang penting, tetapi kebahagiaanmu seharusnya tidak hanya bergantung pada pasanganmu. Oleh karenanya, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Ini membantumu menjadi lebih segar dan akhirnya bisa meningkatkan hubunganmu dengan pasangan lagi. 

6. Coba perawatan diri

unsplash.com/istock

Sama seperti melakukan hobi, kamu juga perlu meluangkan waktu untuk mengenal diri sendiri. Ambil waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kamu berpikir, belajar, berhubungan, dan berkembang sebagai seorang pribadi. Jelajahi beberapa buku self-help yang selaras denganmu yang mungkin membuat kamu semakin berkembang dan menambah pengetahuan.

Merawat diri juga perlu, karena saat kamu mempraktikkan perawatan diri, kamu cenderung merasa lebih bahagia. Cobalah untuk creambath, pijat, atau berolahraga. Bukan hanya kamu yang merasa lebih baik, tapi pasanganmu pun mungkin akan merasakannya juga.

7. Cobalah terapi pasangan

freepik.com/prostooleh

Terkadang kesepian dalam dirimu mungkin berasal dari masalah yang lebih dalam, seperti perasaan terabaikan atau masalah keterikatan. Dengan berbicara dengan terapis pasangan, kamu dapat mempelajari keterampilan yang telah terbukti untuk mendekatkanmu dengan pasangan. Para terapis akan membimbing kamu dan pasangan tentang cara-cara agar tidak merasa terisolasi atau kesepian dalam suatu hubungan.

Itulah 7 cara mengatasi loneliness dalam hubungan dengan pasangan. Selamat mencoba, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Married