Orang-orang yang ingin cepat menikah hanya karena sudah masuk umurnya dan bosan terus ditanya kapan akan menikah, pasti menganggap pernikahan itu sebagai solusi hidup. Pernikahan selalu membahagiakan. Padahal kenyataannya tidak selalu begitu. Sebagian orang yang sudah menikah justru bisa merasa kesepian. Alasannya beragam, dari mulai kesibukan, ketidakcocokan, hingga pelecehan. Menyeramkan sekali.

Kamu yang sudah menikah mungkin akan bertanya-tanya juga, kesepian seperti apa yang dimaksud? Jika kamu merasakan 4 tanda ini mungkin kamu tergolong salah satu dari para istri kesepian itu.

1. Jarang berhubungan intim

4 Tanda Kamu Kesepian, Meski Sudah dalam Ikatan PernikahanPexels.com/Andrea Piacquadio

Intim di sini tidak selalu berarti hubungan seks, bisa juga kedekatan. Bagaimanapun seks bukan lagi sekadar nafsu ketika kita terikat dalam pernikahan. Ketika keintiman itu tidak kita temukan dalam pernikahan kita, artinya ada sesuatu yang salah. Entah apa, kamu mungkin yang paling tahu.

2. Tidak saling berbagi info keseharian

4 Tanda Kamu Kesepian, Meski Sudah dalam Ikatan Pernikahanfreepik.com/ freepik

Saling memberitahu apa saja yang sudah dilakukan hari ini kelihatannya adalah rutinitas yang sepele. Namun itu adalah gambaran besar dari kualitas hubungan kita. Kalau saat kamu bicara, suamimu malah sibuk melihat ponselnya, mungkin kamu memang  tergolong istri yang kesepian.

3. Hari-hari istimewa dilupakan

4 Tanda Kamu Kesepian, Meski Sudah dalam Ikatan Pernikahandok.internet

Minimal dia ingat ulang tahunmu, kalau sulit mengingat ulang tahun pernikahan kalian. Kalau dua tanggal seistimewa ini saja dia selalu lupa apalagi tanggal ulang tahun ibumu, adikmu, dan orang-orang yang juga 'ikut menikah' dengannya? Sudah pasti dia tidak akan ingat. Wajar kalau kamu merasa kesepian, karena hari istimewa pun tidak dirayakan.

4. Suami tidak meminta yang dia mau

4 Tanda Kamu Kesepian, Meski Sudah dalam Ikatan PernikahanPexels.com/Min An

Dia tidak pernah meminta bantuan kepadamu ketika membutuhkannya. Dia juga tidak meminta apa pun yang sedang dia inginkan dan memilih mengerjakannya sendiri. Kamu seolah tidak memiliki 'fungsi' lagi berada pada sekitarnya. Jika ini yang kamu rasakan maka kamu harus mengevaluasi hubungan pernikahan kalian, terutama bagaimana caramu meresponsnya.

Jika keempat hal itu kamu alami, berarti kamu memang benar-benar kesepian dalam pernikahanmu.Cobalah untuk memperbaiki komunikasi, mengingat kembali masa-masa indah kalian, pahami sudut pandangnya, berikan bantuan kecil, dan bahagiakan diri sendiri juga dengan melakukan hobi atau berteman.

Baca Juga: 21 Kata-Kata Kesepian yang Gambarkan Perasaanmu

Baca Juga: Bebas Galau, Ini 5 Cara Mengatasi Kesepian Setelah Putus Cinta

Baca Juga: Nyesek! 5 Tanda Kamu Cuma Jadi Pelarian Laki-Laki yang Lagi Kesepian