Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Stres saat Mengurus Bulan Madu? Coba Atasi dengan 5 Tips Ini!

Jangan sampai kamu jadi nggak menikmati bulan madu, ya.

Elga Windasari

Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan baru menikah adalah bulan madu.

Setelah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk merencanakan pernikahan, ini waktunya bagi kamu dan pasangan untuk melepas penat, bersantai, dan menikmati waktu berdua yang jauh dari kesibukan sehari-hari.

Namun, mempersiapkan bulan madu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Entah mengapa tiba-tiba banyak saja halangan yang muncul dan harus kamu atasi.

Akibatnya, stres mulai melanda dan bisa saja nggak hilang sampai menjalani bulan madu nanti. Wah, ini jangan dibiarkan ya, Bela.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola stres menjelang dan selama menjalani bulan madu bersama pasangan.

1. Meditasi sebelum pergi

pexels.com/Natalie

"Pikiran yang sibuk menyebabkan kehidupan yang sibuk," kata Toby Maguire, yang memiliki lebih dari satu dekade pengalaman dalam manajemen stres profesional, olah napas, meditasi, dan pengobatan Tiongkok.

Ia menyarankan agar pasangan yang akan menikah untuk mencoba meditasi, meskipun hanya 5–10 menit sebelum melakukan perjalanan. Dengan begitu, kamu dan pasangan kemungkinan besar akan menjalani liburan dengan perasaan yang lebih tenang.

"Ketika kamu mulai bermeditasi secara teratur, pikiran mulai tenang dan kamu akan mendapatkan lebih banyak kejelasan tentang apa yang penting dan tidak penting dalam hidup," ujarnya.

Lagi pula, Toby menegaskan bahwa merencanakan bulan madu nggak seharusnya membuat kamu jadi stres.

2. Bulan madu bukan berarti harus rencanakan banyak kegiatan

Pexels/Pavel Danilyuk

Langkah pertama untuk membuat dirimu rileks adalah dengan mengingatkan diri sendiri (dan pasangan) bahwa kalian berdua nggak perlu melakukan apa pun saat bulan madu.

Ini karena bulan madu identik dengan melakukan berbagai kegiatan seru yang tak terlupakan. Ini tentu saja boleh dilakukan.

Namun, jika kamu dan pasangan hanya ingin menghabiskan waktu di penginapan dan bersantai selama berhari-hari, mengapa tidak?

Toby menyarankan untuk keluar dari pola pikir "Saya harus melakukan sesuatu" yang bisa terasa seperti 'paksaan'. Ingatkan diri sendiri dan pasangan bahwa hanya dengan bulan madu bersama saja, itu sudah cukup.

3. Pesan spa pasangan di tempat bulan madu

instagram.com/heavenlyspabali

Jika kamu pergi ke hotel atau resort atau di mana pun yang memiliki tempat spa di dekatnya, Toby merekomendasikan untuk langsung pergi ke sana saat tiba.

Sesi spa bersama pasangan akan membuat kalian menjadi lebih rileks sejak awal perjalanan sehingga lebih siap untuk menjalani bulan madu.

Jika nggak berminat untuk melakukan spa, kamu dan pasangan juga bisa mengikuti kelas yoga atau melakukan aktivitas yang menenangkan, seperti berjalan-jalan atau membaca buku, di satu atau dua hari pertama bulan madu.

4. Berkomunikasi dengan pasangan

Pexels/Gustavo Fring

Berdebat dengan pasangan adalah hal yang wajar, bahkan sehat. Namun, jika kamu dan pasangan bulan madu dengan perasaan tertekan atau lelah akibat pertengkaran saat mengurus pernikahan dan bulan madu, ini bukan hal yang wajar.

Pastikan kalian berdua sudah berkomunikasi mengenai perasaan masing-masing menjelang bulan madu, selama perjalanan, dan saat berbulan madu.

Sebenarnya, ini juga yang menjadi alasan lain mengapa meditasi dapat membantu meredam stres sebelum melakukan perjalanan besar.

Karena semakin tenang pikiran, maka semakin besar kemungkinan kamu dapat berkomunikasi dengan baik kepada pasangan.

5. Cobalah melepaskan diri dari gadget

instagram.com/ayladimitri

Ini tips yang sederhana, tetapi mungkin sulit dilakukan. Jauhkan dirimu dan pasangan dari media sosial, chatting dengan teman dan keluarga, bahkan televisi. Intinya, jangan lakukan aktivitas apa pun yang berhubungan dengan gadget.

Pertimbangkan untuk menggunakan waktu berkualitas dengan pasangan sebagai alasan untuk mengesampingkan semua rangsangan eksternal tersebut untuk sementara waktu.

Cara ini akan memungkinkan kalian berdua untuk berlatih menghargai waktu berdua yang sangat berharga saat bulan madu ini.

IDN Media Channels

Latest from Married