Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Alasan Kenapa Wajah Suami Istri Mirip, Jadi Seperti Kembar!

Kalau sudah jodoh, wajahnya saja bisa mirip

Anggita Ayu Pratiwi

Kamu sadar nggak, kalau pasangan suami istri kebanyakan semakin lama usia pernikahannya wajahnya terlihat semakin mirip. Faktanya, memang ada tipe pasangan yang memiliki fitur wajah yang serupa ataupun memiliki karakter atau sifat yang tidak jauh berbeda.

Seringnya semakin berjalan tahun, wajah suami istri akan terlihat seolah mereka adalah saudara perempuan dan laki-laki. Ternyata kemiripan wajah di antara pasangan suami dan istri ada penjelasan ilmiahnya, lho! Berikut alasan kenapa wajah suami dan istri mirip.

1. Punya ketertarikan besar dari awal

pexels.com/Inna Lesyk

Alasan kenapa wajah suami istri mirip yang pertama adalah terdapat laki-laki dan perempuan yang mempunyai kesamaan dalam hal anatomi wajah. Hal ini memiliki sebutannya, lho. Namanya perjodohan absortif, yaitu istilah yang digunakan untuk orang yang cenderung menikah dengan orang yang memiliki kemiripan pada wajahnya.

Populernya disebut sebagai pasangan fenotipe. Coba bayangkan jika kamu dan pasanganmu memiliki wajah yang terlihat mirip. Tentunya anak kamu akan terlihat seperti kamu dan pasanganmu versi mini. Cara ini biasanya digunakan untuk memaksimalkan penerusan gen ke generasi selanjutnya. 

2. Menikahi orang yang mengingatkan pada orangtua

Freepik.com/Drazen Zigic

Kebanyakan laki-laki dan perempuan akan mencari pasangan yang mengingatkan dia pada kedua orangtuanya sebagai pertimbangan mereka. Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang diberikan kasih sayang yang cukup dan dididik dengan baik. 

Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa wajah suami istri mirip. Faktor yang paling sering dijadikan pertimbangan dalam memiliki pasangan adalah dari mata, warna rambut, hingga usia dari orangtua. 

Karena normalnya, orangtua adalah cinta sejati pertamanya. Hal ini juga membuktikan kalau cinta sejati tidak mungkin akan dilupakan oleh setiap anak. 

3. Saling meniru tabiat

pexels.com/RODNAE Productions

Pasangan itu merupakan tempat bercermin, cermin yang paling jujur yang pernah ditemukan. Itulah sebabnya mereka disebut sebagai significant mirror. 

Mereka akan menjadi cermin terbaik yang menemanimu apa adanya dirimu dan tidak akan pernah menertawakan kekuranganmu. Pasangan yang selaras pastinya akan saling meniru tabiat dan bahasa tubuh masing-masing. 

Hal ini menjadi alasan kenapa wajah suami istri mirip. Saling meniru tabiat dan bahasa tubuh itu menunjukkan adanya kenyamanan emosional dan kepercayaan di hubungan yang mereka jalin. 

Tidak hanya itu, yang ditiru oleh pasangan justru adalah kebiasaan baik yang mengubah mereka menjadi versi yang lebih baik. Misalnya, mencoba untuk berhenti merokok dan ikut makan makanan sehat.

4. Karakter atau sifat yang tidak jauh berbeda

Pexels.com/Arina Krasnikova

Alasan kenapa wajah suami istri mirip berikutnya adalah sifat atau karakternya yang tidak jauh berbeda. Faktanya, kamu bisa melihat sifat atau karakter seseorang hanya dengan melihat wajahnya. 

Saat karakternya tidak jauh berbeda, tentunya berpengaruh dengan wajahnya yang juga tidak akan jauh berbeda. Menariknya, karakter atau sifat dari suami istri yang tidak jauh berbeda juga memiliki kemiripan di wajah.

5. Lama kebersamaan yang dilalui

Pexels.com/Juan Vargas

Apa kamu pernah melihat wajah temanmu sebelum menikah, awalnya sama sekali tidak punya kemiripan pada wajah pasangannya. Kemudian setelah menikah, lewat dari beberapa tahun, wajah temanmu dan pasangannya perlahan menjadi semakin mirip. 

Fakta kerennya, semakin banyak kebahagiaan yang telah dilalui bersama dengan pasangan, semakin besar juga peningkatan kemiripan wajah pada pasangan tersebut. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa wajah suami istri mirip semakin mereka bertambah usia. 

Selain itu, orang-orang yang mempunyai ikatan yang erat, sering kali menirukan ekspresi wajah masing-masing. Nah, jika pasangan kamu punya selera humor yang baik dan bisa membuat kamu sering tertawa, kamu pasti akan membuat semua orang bahagia dan tertawa juga.

6. Pengalaman bersama selama pernikahan

Pexels.com/Alena Darmel

Ketika kamu berbagi pengalaman selama pernikahan, hal itu menjadi alasan wajah kenapa suami istri mirip. Tiap pernikahan pastinya melewati masalah-masalah dan lika-liku yang harus dilewati. 

Namun, komitmen dari tiap pasangan tidak akan membuatnya menyerah dan terkadang mereka akan melewati momen bahagia yang tidak terduga. Segala sesuatu yang telah dijalani bersama, akan memengaruhi keadaan emosional serta bahasa tubuh pasangan suami istri. 

Makanya, tidak jarang ada suami istri yang memiliki bentuk keriput yang persis di tempat yang sama. Sejarah dan waktu pernikahan mereka seakan-akan tertulis di wajahnya.

7. Sistem kekebalan tubuh yang sama

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sistem kekebalan tubuh seseorang itu mencerminkan gaya hidupnya, termasuk kebiasaan olahraga dan makannya. Pasangan yang telah menikah memiliki kekebalan tubuh yang sangat mirip. 

Ini adalah hal yang wajar terjadi, sebab pasangan suami istri pasti akan berbagi kebiasaan serta gaya hidup satu sama lain. Mulai dari bangun tidur, menjalani aktivitas keseharian, hingga ke makannya. 

Karena itulah, memiliki sistem kekebalan tubuh yang sama menjadi alasan kenapa suami istri mirip. Bahkan, terkadang pasangan suami istri akan secara kebetulan sakit secara bergantian. Magic banget, ya?

Itulah 7 alasan kenapa wajah suami istri mirip. Apa salah satu dari daftar di atas telah kamu ketahui?

IDN Media Channels

Latest from Married