Mempertahankan pernikahan hingga bertahun-tahun bukan sebuah hal yang mudah. Ada banyak tantangan hingga rintangan yang harus dihadapi oleh pasangan suami istri. Bukan hanya ujian dari luar, terkadang perubahan perasaan terhadap pasangan juga bisa menguji ikatan pernikahan.

Meski sulit bukan berarti pernikahan tidak bisa bertahan. Ada banyak, kok, pasangan suami istri yang memiliki ikatan pernikahan kuat hingga maut memisahkan. Nah, berikut ini beberapa tanda suami istri punya ikatan pernikahan yang kuat, yang siapa tahu kamu miliki bersama pasangan.

1. Saling terbuka dan tidak ada rahasia

9 Tanda Suami Istri Punya Ikatan Pernikahan yang Kuatentitymag.com

Dalam sebuah pernikahan tentu keterbukaan merupakan salah satu kunci agar rumah tangga senantiasa harmonis. Tidak adanya rahasia dan siap terbuka dalam hal apa pun menjadi salah satu tanda suami istri punya ikatan pernikahan yang kuat.

Saling berdamai dengan masa lalu serta berani mengungkapkan segala hal tanpa adanya rahasia yang disembunyikan tentu akan memperkuat ikatan cinta antara suami dan istri. Selain itu, berani terbuka juga jadi tanda bahwa suami dan istri telah saling percaya satu sama lain.

2. Menggunakan kata ‘kita’ ketimbang ‘aku’

9 Tanda Suami Istri Punya Ikatan Pernikahan yang KuatFreepik.com

Menekan ego demi kepentingan bersama juga jadi salah satu tanda bahwa suami istri punya ikatan pernikahan yang kuat. Kata ‘kita’ kerap digunakan ketimbang aku jadi sebuah ciri bahwa suami istri merupakan satu paket yang tak bisa dipisahkan.

Menggunakan kata 'kita' terutama dalam hal diskusi dan pengambilan keputusan tentu menandakan bahwa pasangan suami istri saling memiliki dan ingin masing-masing melibatkan diri dalam hal apa pun.

3. Berbeda pendapat bukan masalah

9 Tanda Suami Istri Punya Ikatan Pernikahan yang Kuatunsplash.com/Redd

Ketika terjadi perbedaan pendapat, baik suami maupun istri tidak mempermasalahkan hal tersebut. Justru, perbedaan pendapat jadi sebuah ajang untuk saling berdiskusi dan memperbaiki diri. Baik suami atau istri sama-sama mempelajari sudut pandang masing-masing dan mencari jalan tengah terbaik. Perbedaan pendapat itu wajar, jangan dijadikan alasan sebuah konflik rumah tangga, ya!

4. Saling memberi kabar tanpa terpaksa

9 Tanda Suami Istri Punya Ikatan Pernikahan yang KuatPexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika suami istri memiliki ikatan pernikahan yang kuat, mereka tentu akan saling menyayangi dan peduli satu sama lain. Sehingga, memberi kabar ketika sedang pergi dari rumah bukanlah sebuah paksaan melainkan kesadaran, bahwa pergi tanpa kabar bisa membuat pasangan khawatir.

5. Fokus membangun hubungan yang kuat

9 Tanda Suami Istri Punya Ikatan Pernikahan yang KuatPexels.com/Dziana Hasanbekava

Ketika ikatan pernikahan yang kuat tentunya suami istri akan lebih fokus untuk membangun hubungan yang kuat. Misalnya, menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan, rajin mendengarkan keluhan atau cerita dari pasangan, atau sekadar menikmati santap pagi dan malam bersama sambil berbincang jadi sebuah rutinitas yang dilakukan karena mereka saling menyayangi satu sama lain.

Bahkan, suami dan istri kerap pergi berdua untuk sekedar menghabiskan quality time di waktu tertentu. Ini pun dapat menjadi sebuah kegiatan yang dapat memperkuat perasaan saling memiliki dan mencintai. Berkunjung ke tempat-tempat kencan di masa muda dulu juga oke untuk memperkuat bonding.

6. Tetap menerapkan batasan dan privasi

9 Tanda Suami Istri Punya Ikatan Pernikahan yang Kuatfreepik.com/yanalya

Meski sudah terikat dalam pernikahan, sebuah batasan dan privasi juga wajib diterapkan agar menghindari konflik. Suami istri yang memiliki ikatan pernikahan kuat tentu dapat memahami hal ini. Menerapkan batasan-batasan mulai dari hal kecil, misalnya barang-barang apa saja yang boleh disentuh atau kebebasan menggunakan media sosial, jadi hal yang periu diperhatikan demi kenyamanan bersama.

7. Masing-masing bisa menjadi diri sendiri

9 Tanda Suami Istri Punya Ikatan Pernikahan yang KuatPexels.com/Picjumbo.com

Salah satu tanda suami istri punya ikatan pernikahan yang kuat lainnya adalah masing-masing bisa menjadi diri sendiri tanpa beban. Tak ada yang perlu ditakutkan ketika suami istri telah mencintai dan menerima keadaan masing-masing. Setiap kekurangan menjadi sebuah hal wajar dan tidak akan membuat rasa sayang memudar.

8. Saling menghormati dan menghargai

9 Tanda Suami Istri Punya Ikatan Pernikahan yang KuatPexels.com/Gabby K

Ketika ikatan pernikahan kian kuat tentu suami dan istri telah mengerti bahwa saling menghormati dan menghargai menjadi sebuah fondasi dalam rumah tangga yang harmonis. Menghargai dan menghormati menjadi hal yang kerap dilupakan oleh pasangan suami istri karena dikuasai oleh ego masing-masing. Oleh karena itu, jangan lupakan poin ini jika ingin rumah tangga senantiasa damai.

9. Bisa membaca perasaan pasangan

9 Tanda Suami Istri Punya Ikatan Pernikahan yang Kuatunsplash.com/Samuel Hull

Tanda suami istri punya ikatan pernikahan yang kuat berikutnya adalah bisa saling membaca perasaan masing-masing bahkan tanpa harus berbicara. Mungkin ini terdengar terlalu klise, tapi ketika kita sudah memiliki ikatan kuat secara emosional dengan seseorang, kita biasanya jadi lebih peka dan mampu membaca perubahan suasana hati dari orang tersebut.

Itulah beberapa tanda suami istri punya ikatan yang kuat dan bisa membantu mewujudkan pernikahan yang langgeng dan bahagia. Semoga kamu dan pasangan juga sama ya Bela!

Baca Juga: 5 Bahaya Red Flags dalam Hubungan Pernikahan

Baca Juga: 5 Alasan Suami Istri Perlu Tidur di Waktu Bersamaan

Baca Juga: 9 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menjadi Pasangan Suami Istri