Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Pernikahan Kerajaan Termewah, Biaya Mencapai Triliunan Rupiah!

Pesta pernikahan yang mencuri perhatian publik

Adinda Tasya Mutiara

Acara pernikahan kerajaan selalu mengundang banyak perhatian, mulai dari warga negara tersebut sampai dengan publik di seluruh dunia. Hal ini disebabkan karena pernikahan kerajaan kental akan nilai sejarah dan budaya, serta kemegahan dan kemewahan yang luar biasa.

Misalnya, baru-baru ini pesta pernikahan kerajaan Brunei Darussalam, yakni Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah yang dilakukan selama 10 hari sejak tanggal 7 Januari 2024 hingga 16 Januari 2024 dengan berbagai rangkaian adat dan pesta yang memukau.

Di zaman sebelumnya, juga ada beberapa pernikahan mewah yang diadakan oleh beberapa kerajaan dari berbagai negara, lho. Siapa saja? Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Pangeran Rainier III dan Grace Kelly

Eonline.com

Pernikahan Pangeran Rainier III dan aktris Amerika, Grace Kelly, dilaksanakan di Katedral St. Nicholas pada tahun 1956. Mereka mengadakan pesta pernikahan selama dua hari, termasuk upacara keagamaan dan sipil yang dihadiri oleh 600 tamu undangan.

Gaun pengantin perempuan, Grace Kelly dibuat dengan balutan kain putih dengan mutiara antik di seluruh bagian tubuhnya. Sementara itu, kue pengantin mereka memiliki tinggi enam tingkat bergambar istana negara berwarna merah muda. Total biaya pernikahan yang diperkirakan mencapai jutaan dollar.

2. Pangeran Charles dan Lady Diana Spencer

Cosmopolitan.com

Pangeran Charles dan Lady Diana Spencer menikah di Katedral St. Paul pada tahun 1981. Pernikahan mereka dianggap sebagai salah satu upacara pernikahan kerajaan paling terkenal karena dilaksanakan dengan sangat mewah dan mahal.

Gaun putri Diana terbuat dari taffeta berwarna gading dengan payet, renda berenda, dan 10.000 mutiara rancangan David dan Elizabeth Emanuel dengan harga US$127 atau setara dengan Rp2 miliar.

Biaya pernikahan mereka mencapai US$70-100 juta atau setara Rp1,1- 1,6 triliun yang dihadiri oleh 3.500 tamu di Westminster Abbey, 750 juta penonton secara online, dan 600.000 orang memadati jalan-jalan London untuk menyaksikan mempelai kerajaan.

3. Pangeran Felipe dan Letizia Ortiz Rocasolano

Vogue.com.ua

Pernikahan Pangeran Felipe dan Letizia Ortiz Rocasolano digelar pada 22 Mei 2004 silam. Saat itu, keduanya mengikat janji di depan 1.200 tamu undangan dengan penuh khidmat dan bahagia.

Dalam pesta tersebut, sang pengantin perempuan, Letizia Ortiz, mengenakan gaun Manuel Pertegaz yang dihiasi dengan sulaman emas dengan panjang train 2,7 meter. Tak hanya itu, terdapat juga kue setinggi 2,13 meter dan 1.000 botol sampanye yang disajikan kepada para tamu.

Diketahui, upacara pernikahan Pangeran Felipe dan Letizia Ortiz Rocasolano telah menghabiskan biaya sekitar US$25-30 juta atau setara dengan Rp399-478 miliar. Bahkan,  siaran televisi pernikahan tersebut berhasil menarik perhatian 25 juta penonton di Spanyol.

4. Pangeran William dan Kate Middleton

vanityfair.com

Pada tahun 2011, pernikahan ikonik pasangan kerjaan Inggris ini menjadi sorotan di berbagai belahan dunia. Pesta pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton berlangsung di Westminster Abbey dengan biaya sekitar US$24 juta atau setara dengan Rp540 miliar, di mana US$32 juta atau Rp509 miliar dialokasikan untuk keamanan.

Saat itu, Kate memakai gaun renda buatan tangan Alexander McQueen yang cantik dengan panjang train 2,7 meter. Pernikahan pasangan ini dihadiri sekitar 1.900 tamu dan berhasil menarik 3 juta penonton di siaran global.

5. Pangeran Hussein bin Abdullah II dan Rajwa Khaled Al-Saif

People.com

Pesta pernikahan Putra Mahkota Kerajaan Yordania, Pangeran Hussein bin Abdullah II, dan Rajwa Khaled Al-Saif dilaksanakan pada 1 Juni 2023 di Istana Al-Husseiniya, salah satu tempat bersejarah dan ikonik di Yordania. 

Pernikahan kerajaan tersebut menjadi perayaan pesta Kerajaan Hashemite dan Yordania termegah dan termewah di tahun 2023. Bahkan, persiapan untuk acara ini memakan waktu hampir satu tahun. 

Sebelumnya, Pangeran Hussein bin Abdullah II dan Rajwa Khaled Al-Saif mengumumkan pertunangan mereka pada Agustus 2022. Mereka bertunangan di Riyadh yang hanya dihadiri oleh anggota keluarga kerajaan Yordania, serta orangtua Rajwa Khaled, yakni Khalid bin Musaed bin Saif bin Abdulaziz Al-Saif, dan Azza Binti Nayef Abdulaziz Ahmad Al-Sudairi.

6. Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah

Instagram.com/tmski

Pesta pernikahan kerajaan Brunei Darussalam, yakni Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah, baru saja digelar pada 11 Januari 2024. Sebelumnya, mereka sudah menjalankan beberapa rangkaian pernikahan yang dimulai sejak tanggal 7 Januari 2024 hingga 16 Januari 2024.

Dalam rangkaian Majlis Istiadat Akad Nikah Diraja, Pangeran Mateen memberikan mahar yang cukup besar berupa uang tunai sebesar 1.000 ringgit atau Rp11,7 juta yang menjadi ungkapan nilai dan kasih sayang untuk Anisha. Pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah ini diperkirakan mencapai miliaran rupiah lantaran pasangan ini menggelar pesta dan rangkaian adat selama 10 hari.

7. Putri Hajah Hafizah Sururul Bolkiah dan Pengiran Haji Muhammad Ruzani

Instagram.com/royalwatcherdiary

Putri Hajah Hafizah Sururul Bolkiah dan Pengiran Haji Muhammad Ruzani mengikat janji suci pada tahun 2012. Pengantin perempuan mengenakan gaun krem dan perak manik-manik kristal. Sedangkan pengantin laki-laki memakai brokat krem dan emas.

Pernikahan mereka menghabiskan hampir US$20 juta atau setara dengan Rp318 miliar. Sebanyak 3.000 tamu diundang untuk menghadiri perayaan hari bahagia mereka, termasuk sejumlah tokoh penting, seperti Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra, Presiden Filipina Benigno Aquino, dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen.

8. Pangeran Albert II dan Charlene Wittstock

People.com

Pada tahun 2011, Pangeran Albert II menikah dengan seorang perenang Olimpiade, Charlene Wittstock. Mereka menikah dalam sebuah upacara agama Katolik yang berlangsung di halaman Istana Monako.

Charlene Wittstock terlihat sangat memukau dengan gaun buatan Armani berwarna putih yang dihiasi dengan 40.000 kristal Swarovski serta 20.000 mutiara tear drop. Uniknya, di pesta tersebut, band rock Amerika, Eagles, diundang untuk tampil di sana sebagai hiburan untuk tamu undangan.

Pernikahan mewah Pangeran Albert II dan Charlene Wittstock berlangsung selama tiga hari dan memakan biaya sekitar US$70 juta atau setara Rp1,113 triliun.

9. Pangeran Harry dan Meghan Markle

Instagram.com/kensingtonroyal

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle juga menjadi salah satu pernikahan termewah karena menghabiskan dana ratusan juta dollar Amerika Serikat. Sebagian besar total biaya yang besar itu dipakai untuk pengamanan VIP.

Sementara itu, gaun pengantin yang dipakai Meghan Markle ternyata merupakan rancangan Givenchy. Pernikahan keduanya berhasil meningkatkan perekonomian Inggris sebesar US$600 juta.

Nah, itu dia sembilan pernikahan termewah kerajaan. Adakah salah satu pasangan favoritmu?

IDN Media Channels

Latest from Married