8 Tradisi Perayaan Hari Valentine Unik di Berbagai Negara

8 Tradisi Perayaan Hari Valentine yang Unik di Berbagai Negara

Ternyata nggak sekadar kasih bunga dan cokelat saja.

8 Tradisi Perayaan Hari Valentine yang Unik di Berbagai Negara

Hari Valentine, merupakan hari spesial yang dirayakan sepasang kekasih untuk mengungkapkan kasih sayang mereka. Ungkapan kasih sayang ini ditunjukkan melalui pemberian hadiah atau kartu ucapan. 

Namun, ada juga beberapa negara yang mengharuskan masyarakatnya untuk mengikuti tradisi perayaan Valentine yang tidak biasa. Seperti masyarakat Ghana, yang ternyata disarankan pemerintah untuk memberikan cokelat kreasi sendiri kepada pasangannya. Sehingga, hampir tidak ada masyarakat Ghana yang memberikan hadiah lain selain cokelat kreasi sendiri.

Selain Ghana, mana saja deretan negara yang memiliki tradisi perayaan Hari Valentine yang unik

1. Ghana

8 Tradisi Perayaan Hari Valentine yang Unik di Berbagai NegaraPexels.com/Ofir Eliav

Masyrakat Ghana akan memberikan potongan cokelat kreasi sendiri kepada pasangannya setiap hari Valentine, yang ditetapkan pemerintah sebagai Hari Cokelat Nasional. Cokelat ini dikemas dalam keranjang cantik yang dibuat seperti hampers.

Pemberian cokelat ini menjadi tradisi karena Ghana merupakan salah satu negara produsen biji kakao terbesar di dunia, yaitu menyumbang lebih dari 50% kakao ke seluruh dunia. Tradisi pemberian cokelat ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan penjualan cokelat dan pariwisata di negara tersebut.

2. Estonia

8 Tradisi Perayaan Hari Valentine yang Unik di Berbagai NegaraPexels.com/Olia Danilevich

Hari Valentine di negara Estonia disebut sebagai Sōbrapäev, atau Hari Persahabatan. Masyarakat Estonia akan bertukar hadiah dengan sahabatnya pada Hari Persahabatan. 

Meskipun nampaknya seperti hari yang baik, Hari Persahabatan bisa mengecewakan para pria yang berencana mengejar wanita yang dikaguminya. Ketika mereka mendapatkan hadiah di Hari Persahabatan, maka ini menandakan sang wanita hanya menganggap mereka sebagai seorang sahabat.

3. Inggris

8 Tradisi Perayaan Hari Valentine yang Unik di Berbagai Negarareadersdigest.com

Tradisi Valentine yang tidak biasa ini telah dimulai masyarakat Inggris beberapa abad yang lalu. Para wanita akan menempatkan daun salam di bantal mereka pada malam hari, tepatnya semalam sebelum Hari Valentine. 

Penempatan daun salam ini diharapkan membawa mimpi indah, yang berhubungan dengan kemunculan calon suami idaman mereka di dalam mimpi tersebut. 

4. Afrika Selatan

8 Tradisi Perayaan Hari Valentine yang Unik di Berbagai NegaraPexels.com/Rodnae Productions

Tradisi tahunan yang dilakukan masyarakat Afrika Selatan disebut sebagai Lupercalia. Alih-alih memberikan pasangan sebuah hadiah sebagai tanda kasih sayang, para wanita malah mengenakan baju yang tertulis nama pasangan yang dicintai mereka di bagian lengan. Sepasang kekasih tersebut dapat memilih untuk melanjutkan hubungan mereka ke jenjang berikutnya. 

5. Guatemala

8 Tradisi Perayaan Hari Valentine yang Unik di Berbagai Negaratelegraph.com

Masyarakat Guatemela akan berdansa di jalanan sebagai tradisi perayaan Hari Valentine tahunan. Mereka menyebut Hari Valentine sebagai El Dia del Carino. Khusus pada Hari El Dia del Carino, orang-orang akan terlihat mengenakan kostum bulu dan topeng yang menutupi seluruh atau sebagian dari mukanya, dan berdansa di jalanan.

6. Slovenia

8 Tradisi Perayaan Hari Valentine yang Unik di Berbagai Negarapexels.com/ Engin Akyurt

Hari Valentine di negara Slovenia bertepatan dengan awal perayaan musim semi. Para wanita disarankan untuk memandang ke luar jendela dan mencari jawaban mengenai masa depannya di atas langit. 

Jawabannya dilihat dari burung-burung yang berkicau di langit. Burung pertama yang dilihat akan memberikan jawaban berupa sosok calon suami mereka di masa depan.

7. Irak

8 Tradisi Perayaan Hari Valentine yang Unik di Berbagai Negarafreepik.com/ bowonpat

Meski perayaan Hari Valentine tidak diterima di semua wilayah Irak, mengingat agama mayoritas di negara tersebut adalah Islam, ada sebagian masyarakat Irak yang mempertahankan budaya merayakan hari kasih sayang.

Untuk merayakan hari tersebut, masyarakat Kurdi di Irak menghias buah apel dengan cengkeh, yang melambangkan kisah cinta Adam dan Hawa. Apel di sini merupakan lambang dari kemakmuran dan cinta.

8. Wales

8 Tradisi Perayaan Hari Valentine yang Unik di Berbagai NegaraRDImages / Epics / Getty Images

Masayarakat Wales merayakan Hari Valentine lebih awal, yaitu pada tanggal 25 Januari. Perayaannya cukup berbeda dengan negara lainnya, yaitu memberikan hadiah sendok sebagai tanda kasih sayang. 

Pemberian hadiah ini merupakan sebuah tradisi kuno. Para pria akan merancang sendok mereka sendiri dan memberikannya kepada wanita yang mereka cintai pada hari Valentine. 

Rancangan yang mereka buat menunjukkan sebuah petunjuk. Jumlah manik-manik yang dipakai sebagai dekorasi sendok tersebut, ternyata mewakili jumlah anak yang diharapkan para pria untuk dilahirkan istrinya ketika sudah menikah.

Itulah 8 tradisi perayaan Hari Valentine yang tidak biasa dari berbagai negara, Bela. Apakah kamu pernah mengujungi negara-negara tersebut tepat pada hari Valentine?

Baca Juga: 5 Ide Hadiah Valentine Berdasarkan Bahasa Cinta Pasanganmu

Baca Juga: Ramalan 12 Zodiak di Hari Valentine 2022, Tak Harus Bareng Pasangan

Baca Juga: 6 Ide Kencan di Hari Valentine Saat di Rumah Saja

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

10 Kata-Kata Undangan Pernikahan Lewat WhatsApp, Hemat Biaya!

10 Kata-Kata Undangan Pernikahan Lewat WhatsApp, Hemat Biaya!

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Dating

5 Lagu Sindir Pasangan Baru Mantan, Ada Shakira!

5 Lagu Sindir Pasangan Baru Mantan, Ada Shakira!