Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Perubahan Kepribadian yang Dialami Saat Kamu Jatuh Cinta

Hanya terjadi jika cinta itu menyenangkan

Puspita Ramadhani

Pada dasarnya, semua orang akan berubah. Entah itu sebuah perubahan buruk, atau berubah menjadi lebih baik. 

Ada banyak faktor pula yang membuatmu menjadi seseorang yang berbeda dari sebelumnya. Misalnya saja, ketika kamu sedang jatuh cinta, maka kamu akan berubah menjadi sosok yang lebih ceria daripada biasanya. 

Tidak hanya menjadi lebih ceria, ada beberapa bukti lainnya bahwa cinta bisa mengubahmu menjadi sosok yang berbeda, lho! Di bawah ini, Popbela akan menunjukkan beberapa perubahan kepribadian ketika kamu tengah merasakan cinta. Simak, ya!

1. Kombinasi antara bahagia dan cemas

Pexels.com/Vlada Karpovich

Kamu mungkin akan bertanya bagaimana bisa rasa bahagia dan cemas bisa terjadi secara bersamaan. Maka ketahuilah bahwa ketika kamu jatuh cinta, semua perasaan sangat mungkin terjadi bersama-sama. 

Begitulah yang disampaikan pada sebuah penelitian. Perasaan bahagia sekaligus cemas yang kamu rasakan pada laki-laki yang kamu sukai itu akan terjadi secara bergantian. Bukankah ini sangat menarik?

2. Merasa kecanduan

Freepik.com/master1305

Tidak hanya obat terlarang yang bisa membuatmu kecanduan dan tak bisa lepas dari obat tersebut. Perasaan jatuh cinta akan membuatmu merasa tergila-gila dengan sang kekasih. Sebab, saat kasmaran tubuh akan melepaskan zat kimia yang membuat perasaan senang, mirip dengan kecanduan. Tak jarang pula kamu akan merasa kesulitan untuk mengatasi kondisi tersebut. 

3. Berani mengambil risiko

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tidak peduli apakah orang yang kamu cintai sedekat atau sejauh apa pun dari posisimu saat ini. Maka, rasa 'kecanduan' yang tengah kamu alami akan membuatmu memiliki dorongan berani mengambil risiko untuk mendekatinya. Tak peduli apa pun rintangannya, kamu akan selalu siap untuk melakukannya. 

4. Terlalu protektif

Freepik.com/Lifestylememory

Sebuah studi dari Florida State University menemukan bahwa jatuh cinta bisa membuat seseorang menjadi overprotective terhadap pasangannya. Alasannya adalah kamu ingin pasanganmu selalu aman dan tak ingin memberi kesempatan bagi orang lain untuk berdekatan dengan pacarmu. Terdengar masuk akal, namun jangan sampai terlalu berlebihan, ya!

5. Sulit untuk fokus

Freepik.com/jcomp

Jatuh cinta pun bisa membuatmu menjadi seseorang yang sulit fokus. Sebab, menurut studi dari University of Maryland, jatuh cinta akan mengganggu kemampuan otak untuk mengerjakan tugas. Hati-hati, bisa jadi ini akan mempengaruhi kinerjamu saat di kantor!

6. Lebih percaya diri

pexels.com/pavel-danilyuk

Meningkatnya hormon bahagia ketika sedang kasmaran akan membantumu melihat dunia menjadi lebih positif. Oleh karena itu, secara sederhana, cinta akan membantumu menjadi sosok yang lebih percaya diri karena melihat kesempatan dengan cara yang positif. 

7. Tidak mudah menghakimi

Pexels.com/Keenan Constance

Pernahkah kamu berpikir mengapa kamu atau pasanganmu sangat mudah untuk mendukung semua cita-cita kalian satu sama lain. Ternyata, ini berkaitan dengan kemampuan pemindaian otak yang bekerja lebih baik saat kamu jatuh cinta. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika seseorang diperlihatkan foto orang yang mereka kagumi, bagian otak yang bertanggung jawab untuk menilai dan menghakimi mati dan menangguhkan semua kritik atau keraguan. Keren banget!

8. Menjadi lebih pintar

Clay Banks/Unsplash

Otak yang sedang 'jatuh cinta' adalah salah satu kondisi otak yang cerdas. Ini karena, cinta akan memicu pusat dopamin otak, sehingga meningkatkan keterampilan kognitif dan motorik.

Dalam satu penelitian, seseorang diminta untuk menatap komputer saat nama-nama muncul di layar dengan cepat. Kemudiaan saat nama pasangan mereka muncul,  kemampuan otak untuk melakukan tugas-tugas sulit meningkat secara drastis.

Itulah perubahan karakter seseorang akibat jatuh cinta, sangat menarik bukan? Akan tetapi, perubahan positif seperti yang telah disebutkan di atas hanya akan terjadi bila kamu memiliki dan meraskan cinta dengan cara yang menyenangkan. 

IDN Media Channels

Latest from Dating