Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tanda Kamu Sudah Siap Pacaran Lagi Setelah Patah Hati

Kamu sepertinya sudah siap menerima cinta baru

Elga Windasari

Semua orang, pada satu titik, pasti pernah mengalami patah hati karena putus cinta.

Perasaan ini bisa bertahan beberapa saat, bahkan hingga beberapa tahun, tergantung pada seberapa dalam hubungan tersebut.

Di awal masa patah hati, mungkin kamu berpikir untuk "nggak akan pernah jatuh cinta lagi". Namun, hal itu bisa berubah seiring waktu.

Percayalah, suatu saat kamu akan menyadari bahwa kamu sudah siap untuk mulai pacaran lagi setelah mengalami patah hati, tak peduli berapa banyak waktu yang diperlukan untuk sembuh.

Berikut adalah tanda-tanda kalau kamu sebenarnya sudah siap kembali jatuh cinta lagi.

1. Sudah sepenuhnya menerima perpisahan yang dulu

Pexels.com/Nathan Martins

Ada banyak tahapan putus cinta, tetapi bisa dibilang yang paling penting adalah penerimaan.

Pada tahap, kamu nggak lagi berkubang di masa lalu, kesal dengan mantan atau dirimu sendiri karena apa yang bisa terjadi secara berbeda. Kamu sudah bisa menerima kenyataan bahwa hubungan itu sudah berakhir.

Dengan pola pikir ini, kamu jadi bisa melihat ke masa depan.

Jika belum bisa menerima perpisahan, kamu mungkin masih membenci mantan atau menginginkannya kembali sehingga nggak bisa memulai hubungan baru akibat emosi yang masih merayap ke dalam hidupmu itu.

2. Tak lagi terlalu sering memikirkan mantan

pexels.com/miguel-arcanjo-saddi

Setelah putus, setiap hal kecil dapat mengingatkanmu tentang mantan sehingga sulit untuk melepaskan diri dari ingatan akan hubungan kalian.

Namun seiring berjalannya waktu, semua itu akan memudar. Ini menjadi pertanda baik bahwa kamu nggak lagi sibuk memikirkan mantan dan memberi ruang untuk hal-hal baru, termasuk orang baru.

3. Yakin dengan kemampuan diri untuk mandiri

pexels.com

Menyesuaikan hidup sebagai seorang single setelah terbiasa memiliki pasangan pada awalnya akan terasa nggak wajar. Terutama jika kamu dan mantan sudah bersama untuk waktu yang lama.

Namun, begitu kamu mulai bersandar pada kemandirian dan bisa menikmati waktu sendiri, semuanya berubah.

Kamu akan berhenti berharap seseorang masih di sisimu sepanjang waktu, mulai merangkul semua hal yang dapat dilakukan sendiri, dan tidak lagi merasa perlu menjalin hubungan.

Setelah kamu melepaskan kebutuhan untuk memiliki seseorang di sisimu, kamu berada di tempat yang jauh lebih baik untuk memulai hubungan baru.

4. Tak kesal mantan yang punya pacar lagi

Pexels.com/Taha Samet Arslan

Saat rasa sakit putus cinta masih segar, hal terakhir yang ingin dilakukan adalah membayangkan mantan dengan orang lain.

Namun, ketika kamu sudah nggak merasakan apa pun saat mantan dengan seseorang yang baru, bahkan melihatnya langsung dengan kedua matamu, itu artinya kamu sudah baik-baik saja.

5. Merasa bersemangat untuk berkencan lagi

pexels.com/Andie Venzl

Jika kamu masih merasa "aku nggak akan pernah pacaran lagi", itu artinya kamu memang belum siap untuk mulai pacaran lagi.

Tak perlu merasa takut karena cepat atau lambat, bayangan bertemu seseorang yang baru dan berpacaran akan kembali menarik perhatianmu,

Ini adalah salah satu cara termudah untuk mengetahui bahwa kamu siap untuk mulai berkencan setelah putus karena tubuh yang akan memberikan respons.

Jika kamu merasakan lebih banyak kegembiraan, daripada perasaan takut, itu artinya kamu sudah bersemangat lagi untuk menjalin hubungan baru.

6. Tahu apa yang diinginkan dari hubungan selanjutnya

Pexels.com/Luiz Woellner Fotografia

Sangat umum melupakan bagian bahagia dari hubunganmu setelah putus, tetapi sama pentingnya untuk mengingat apa yang nggak kamu suka dari hubungan itu karena kedua hal itu bersama-sama memberimu pelajaran berharga.

Kamu jadi tahu apa yang diinginkan dan yang nggak diinginkan dari hubungan selanjutnya.

Kesadaran ini sangat penting untuk meletakkan dasar bagi siapa yang akan kamu pacari agar hubunganmu berikutnya lebih baik secara keseluruhan.

Jadi, pastikan kamu tahu apa yang diinginkan terlebih dahulu sebelum mulai berpacaran lagi setelah merasakan patah hati karena putus cinta.

IDN Media Channels

Latest from Dating