Kamu termasuk tipe cewek yang mandiri bukan, Bela? Kalau iya, mungkin kamu sering merasa ragu untuk jatuh cinta atau membuka diri bagi orang lain. Ini karena kamu terbiasa melakukan segala hal sendiri dan nggak biasa bergantung pada siapa pun. Kamu jadi berpikir bahwa kamu nggak membutuhkan sosok pacar yang justru akan merepotkanmu. Bela, nggak ada yang salah dengan jatuh cinta dan merasa membutuhkan seseorang, kok. Popbela akan membantumu menyiapkan diri untuk jatuh cinta dengan tujuh catatan berikut. 

1. Kamu akan kehilangan sebagian kendali yang kamu miliki terhadap dirimu sendiri 

Siap Jatuh Cinta? Kamu Si Perempuan Mandiri Harus Paham 7 Hal Inihellogiggles.com

Dulu kamu bebas melakukan apa saja dengan siapa saja. Kamu juga nggak perlu mengkhawatirkan orang lain sehingga kamu bisa fokus melakukan hal-hal yang penting buatmu. Ketika kamu jatuh cinta, kamu akan sering berada dalam situasi yang nggak bisa kamu kendalikan. Kamu akan kesulitan mengatasi rasa cemas ketika cowok yang kamu taksir jalan berdua dengan cewek lain atau ketika dia nggak kunjung membalas pesanmu. Awalnya mungkin nggak nyaman, tapi seiring berjalannya waktu kamu akan dengan mudah menerima hal-hal ini sebagai suatu kewajaran. 

2. Hubunganmu nanti nggak akan seperti hubungan pasangan pada umumnya

Siap Jatuh Cinta? Kamu Si Perempuan Mandiri Harus Paham 7 Hal Inimic.com

Kalau pasangan lain selalu kemana-mana berdua, kamu dan pacarmu lebih sering menghabiskan waktu dengan kesibukan kalian masing-masing. Jangan terlalu memikirkan komentar orang lain terhadap gaya berpacaran kalian. Yang penting kamu dan pasangan sama-sama merasa nyaman dan puas dengan hubungan yang kalian jalin. 

3. Kamu cenderung memiliki ekspektasi yang sangat tinggi

Siap Jatuh Cinta? Kamu Si Perempuan Mandiri Harus Paham 7 Hal Iniew.com

Karena kamu telah rela membuka diri bagi kehadiran pasangan dalam hidupmu, kamu jadi mengharapkan banyak hal dari hubungan kalian. Tapi ingat, kamu nggak bisa memaksakan orang lain untuk berubah sesuai dengan keinginanmu. Lebih baik kamu memandang hubungan kalian secara realistis. Apakah kekurangan pasanganmu masih bisa ditutupi dengan kelebihan-kelebihannya? Bagaimana caranya supaya kamu bisa lebih banyak bersyukur atas hubungan kalian? 

4. Pasanganmu nggak akan menjadi bagian terpenting dalam hidupmu

Siap Jatuh Cinta? Kamu Si Perempuan Mandiri Harus Paham 7 Hal Inithedailybeast.com

Siap-siap untuk menerima hal ini sebagai fakta. Mungkin pekerjaanmu adalah prioritas nomor satu dalam hidupmu. Atau waktu bersama keluargamu di rumah jauh lebih penting daripada pasanganmu. Kamu juga lebih menghargai saat-saat berkumpul bersama sahabat yang sudah kamu kenal selama sepuluh tahun daripada pergi kencan berdua dengan pasangan. Walaupun begitu, nggak menutup kemungkinan bahwa suatu hari lelaki yang telah merebut hatimu itu bisa mengambil posisi paling atas di daftar prioritasmu. Semua hanya butuh waktu dan kondisi yang tepat. 

5. Kamu bisa menjadi cewek mandiri dan tetap berbagi hidup dengan orang lain

Siap Jatuh Cinta? Kamu Si Perempuan Mandiri Harus Paham 7 Hal Inibabyonbeer.com

Bela, kamu nggak lantas kehilangan kemandirianmu kok saat kamu menjalin hubungan dengan seseorang. Kalau kamu jatuh cinta dengan orang yang tepat, ia akan sangat menghargai kemandirian dan privasimu sehingga kamu nggak perlu khawatir dia akan mengusik segala hal ini dalam hidupmu. Lagipula, hubungan yang sehat itu seharusnya bisa membuatmu jadi versi dirimu yang terbaik, bukannya justru mengubahmu menjadi orang lain. 

6. Meminta bantuan dari pasanganmu itu nggak salah, kok. 

Siap Jatuh Cinta? Kamu Si Perempuan Mandiri Harus Paham 7 Hal Iniglamour.com

Tahu nggak, kadang laki-laki itu merasa senang ketika direpotkan. Dia akan merasa dibutuhkan dan berguna bagimu. Meskipun kamu sudah biasa pergi tanpa diantar-jemput, nggak ada salahnya kalau kamu menerima tawarannya untuk pergi bersama-sama. Saat sedang jatuh cinta, tentu kamu mau membuatnya merasa bahagia. Bukan berarti kamu berubah jadi cewek manja, lho. Hanya saja kamu memberinya kesempatan untuk berbuat baik bagimu. Anggap saja kamu sedang beramal. 

7. Banyak hal indah yang akan kamu pelajari dari membuka dirimu bagi orang lain

Siap Jatuh Cinta? Kamu Si Perempuan Mandiri Harus Paham 7 Hal Iniwhatculture.com

Percaya deh, jatuh cinta itu indah. Kamu akan belajar lebih banyak lagi tentang dirimu sendiri yang sebelumnya nggak pernah kamu sadari. Kamu juga akan berusaha memperbaiki sifat-sifatmu yang nggak sehat supaya kamu nggak menyakiti hati si dia. Semandiri apa pun kamu, kamu akan tetap membutuhkan orang lain untuk urusan yang satu ini. 

Popbela salut banget dengan kamu para cewek mandiri yang selalu bisa diandalkan. Apalagi ketika kamu mulai meruntuhkan dinding di sekitarmu dan mengundang orang lain untuk masuk ke dalam duniamu. Yakin deh, kamu akan terkejut sendiri dengan banyaknya pengalaman berharga yang bisa kamu dapatkan dari jatuh cinta! Jadi jangan ragu untuk jatuh cinta ya, Bela!

BACA JUGA: Siap Jatuh Cinta? Kamu si Cewek Mandiri Harus Paham 7 Hal Ini