Nggak semua orang ternyata bisa mudah jatuh cinta dan menerima orang lain dalam hidupnya. Bagi mereka, hal tersebut dirasa sulit karena ada ketakutan-ketakutan tersendiri terhadap orang lain.

Mungkin di antara kamu juga ada yang mengalaminya. Namun, jangan sedih dan putus asa. Semua orang pasti akan bisa jatuh cinta, kok. Jika sudah memiliki enam hal di bawah ini, artinya kamu sudah siap untuk menjalin asmara dengan orang lain.

1. Sudah menerima dirimu apa adanya

6 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Masa Lalu dan Siap Jatuh Cinta LagiFreepik.com/Svetlanasokolova

Mencintai diri sendiri adalah kunci utama dalam hidup. Jika kamu sudah memahami apa yang dirimu inginkan dan butuhkan, kamu nggak akan bersikap tega dan jahat pada diri sendiri. Tentu kamu sudah merasakan terluka akibat perbuatan sendiri, kan?

Kalau kamu sudah bisa mencintai diri sendiri, kamu bisa mengaplikasikan kecintaan itu juga kepada orang lain. Kamu akan lebih menghargai kebiasaan mereka, pendapat, hingga gaya hidupnya.

2. Bisa menentukan jalan hidupmu

6 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Masa Lalu dan Siap Jatuh Cinta LagiFreepik.com/Angel_nt

Banyak yang bilang, selesaikan urusan dengan dirimu dulu sebelum menambatkan hati pada orang lain dan berlayar dengannya. Hal itu memang benar karena dalam sebuah hubungan, jangan sampai kamu melupakan diri sendiri.

Saat sudah bisa menentukan jalan hidupmu mau ke mana, kamu pun bisa tetap teguh jika nanti hubunganmu diterpa badai. Itu karena kamu sudah merancang peta agar hidupmu tetap berjalan dengan atau tanpa pasangan.

3. Tidak banyak menaruh harapan pada orang lain

6 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Masa Lalu dan Siap Jatuh Cinta LagiFreepik.com/Jcomp

Jika sudah menentukan jalan hidup, artinya kamu juga tidak selalu menaruh banyak harapan pada orang lain. Tahu kan, kalau berharap pada orang lain itu sering kali bikin kecewa? Karena sudah tahu konsep ini, kamu jadi lebih percaya saja pada diri sendiri. Dengan begitu, kamu jadi tidak mudah kecewa.

4. Paham apa yang kamu butuhkan dan inginkan

6 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Masa Lalu dan Siap Jatuh Cinta LagiFreepik.com/Marymarkevich

Saat merancang peta hidup, kamu pasti juga sudah merencanakan hal apa yang hendak dilakukan, termasuk soal pasangan. Coba bandingkan saat dirimu masih selalu galau tentang hidup. Dalam memilih pasangan pun, kamu bingung sebenarnya sosok seperti apa yang cocok denganmu.

Nah, jika sudah menemukan hal yang kamu butuhkan, artinya kamu juga sudah siap menentukan orang untuk dijadikan pasangan agar bisa sama-sama saling mendukung.

5. Bisa menerima sesuatu tanpa merasa berutang budi

6 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Masa Lalu dan Siap Jatuh Cinta LagiFreepik.com/Marymarkevich

Prinsip utama dalam sebuah hubungan asmara adalah saling melengkapi, bukan mendominasi. Jika yang satu memberi, artinya yang lainnya bisa menerima dengan tulus. Ingat, menerima sesuatu itu juga nggak semudah memberi sesuatu, lho. Perlu ada kerendahan hati agar yang menerima tidak merasa berutang budi pada yang memberi.

Dengan memahami prinsip ini, kamu akan lebih siap untuk menghadapi tantangan dalam hubungan. Saat ada bada menerpa, kamu nggak akan mengungkit hal-hal yang sudah kamu terima darinya sebagai sesuatu yang buruk.

6. Senang ketika memberi sesuatu pada orang lain tanpa mengharap balasan

6 Tanda Kamu Sudah Berdamai dengan Masa Lalu dan Siap Jatuh Cinta LagiFreepik.com/Tirachardz

Bersamaan dengan itu, kamu juga sudah nggak memikirkan lagi balasan-balasan atas pemberianmu kepada orang lain. Itu namanya sudah tulus. Saat hatimu benar-benar sudah bisa melakukannya, artinya kamu pun bisa menerima seseorang untuk hadir di hidupmu dan membersamaimu.

Alih-alih berat hati, saat memberikan sesuatu pada orang lain kamu justru merasa sangat bahagia, terlebih jika melihat mereka turut senang menerimanya. Seperti itulah nantinya sebuah pasangan, yakni saling memberi cinta—bukan menuntut.

Nah, itulah enam tanda kamu sudah siap untuk jatuh cinta dan menerima orang lain untuk hidup bersamamu. Jika sampai sekarang masih belum ada yang dirasa cocok denganmu, tidak apa-apa. Tetap lanjutkan hidupmu dan temukan jalanmu. Nanti, dia pasti ketemu!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "6 Tanda Kamu Sudah Siap Jatuh Cinta pada Orang Lain"

Baca Juga: Antara Laki-laki dan Perempuan, Siapa Lebih Cepat Move On?

Baca Juga: Sebelum Berkencan Lagi, Ini 6 Cara Move On dari Abusive Relationship

Baca Juga: Usai Putus Cinta, Ini Dia 5 Tips Untukmu Agar Cepat Move On