Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Bare Minimum dalam Hubungan Asmara, Kamu Berhak Mendapatkannya

Kamu berhak mendapatkan lebih dari sekedar hal minimal

Astri Amalia

Bela, tahu nggak sih bahwa di dalam hubungan asmara ada beberapa hal yang dianggap paling minimal, atau biasa disebut sebagai bare minimum? Melansir Harness Magazine, bare minimum diartikan sebagai hal paling minimal yang pasangan lakukan padamu dalam hubungan.

Penting, lho, bagi kita untuk mengetahui bare minimum dalam hubungan asmara, karena setiap orang sudah sepatutnya berhak mendapatkan sesuatu yang lebih baik dan bukan sekadar hal yang paling minimal.

Lagi pula tidak ada salahnya ketika kita memiliki standar yang tinggi dalam hubungan demi kebaikan hidup. Lalu, apa sajakah bare minimum dalam hubungan asmara? Berikut Popbela rangkum 5 bare minimum dalam hubungan asmara yang perlu kamu ketahui. Terus baca artikelnya hingga akhir, ya!

1. Dicintai oleh pasangan

Freepik.com/Prostooleh

Yang pertama adalah dicintai oleh pasangan. Mendapatkan cinta dari pasangan merupakan standar paling minimal yang seharusnya bukan seperti perasaan yang muncul sesekali. Sebab, merasa dicintai oleh pasangan bukanlah hadiah ulang tahun yang hanya diberikan pada hari tertentu saja. Lagi pula, nggak akan ada hubungan romantis kalau tidak ada rasa cinta sebagai fondasinya. 

Jadi, ketika pasanganmu menunjukkan kasih sayang, kebaikan, atau rasa hormatnya kepada kamu, itu memang suatu hal minimal yang sudah sepatutnya tersedia dalam hubungan asmaramu.

2. Komitmen

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu pasti pernah mendengar seseorang mengungkapkan betapa mereka sangat bersyukur karena pasangannya tidak selingkuh dan berkomitmen pada mereka. Tapi, apakah kamu benar-benar akan kagum dan tersentuh jika pasanganmu nggak selingkuh?

Jika kamu memiliki harapan yang rendah dari hubungan kamu, penting bagi kamu untuk mengevaluasi kembali apa kebutuhan kamu dan apa yang pantas kamu dapatkan. Ini karena komitmen dan kesetiaan adalah aturan mutlak yang tak terucapkan dan paling mendasar dalam hubungan apa pun, yang harus datang tanpa adanya paksaan. 

Jadi ketika kamu berharap pasanganmu tetap setia, itu adalah hal minimal yang perlu dilakukan ketika ia memutuskan untuk memulai hubungan asmaranya dengan kamu.

3. Kesetaraan

Freepik.com/Marymarkevich

Ketika kamu berkencan dengan seseorang dan berkomitmen untuk terus bersamanya, tentu kamu ingin merasa dihargai dan diperlakukan sama. Tetapi, sepatutnya setiap orang di dalam hubungan asmara tidak perlu berharap akan adanya kesetaraan. Bukankah diperlakukan setara adalah hak asasi setiap orang, dan seharusnya nggak perlu menunggu untuk menjadi setara?

Ingatlah, bare minimum nggak akan pernah memuaskan jiwamu. Jadi, jika pasangan memperlakukanmu setara, itu bukan sesuatu yang patut dipuji. Sebaliknya, kamu harus memahami ini adalah hal paling minimal dalam hubungan apapun. 

4. Pasangan mendukung minat yang kamu miliki

Pexels.com/George Pak

Manusia suka terhubung melalui hal-hal yang mereka lakukan, itulah sebabnya dukungan adalah kebutuhan mendasar dalam semua hubungan, terlepas dari romantis ataupun tidak. Tapi, akan sangat menyedihkan ketika kamu mencintai seseorang, namun dia nggak terlihat bersemangat untuk mendukungmu atau minatmu dalam hidup.

Apalagi, setiap orang sudah pasti memiliki hasrat dan tujuan dalam hidup, sehingga ketika kamu merasa nggak memiliki ruang untuk mengungkapkan minat dan mendapatkan dukungan dari pasanganmu, pastinya akan terasa menyesakkan. Jadi, pastikan dukungan menjadi hal mutlak serta paling mendasar dalam hubungan asmaramu dan bukan sesuatu yang perlu kamu minta dan harapkan secara berlebihan.

5. Tanggung jawab

Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Setiap kali konflik muncul dalam suatu hubungan, biasanya reaksi alami yang pasangan tunjukkan adalah bersikap defensif dan mencoba menyelamatkan dirinya sendiri. Jika pasangan kamu bersikap adil selama konflik dan kemudian bertanggung jawab atas hal-hal yang mereka katakan dan lakukan pada saat konflik, itu adalah kesadaran diri, dan bukanlah sesuatu yang patut untuk dirayakan atau dipuji. 

Selain itu, kamu perlu memahami bahwa ketika pasanganmu dari awal sudah tidak mampu bertanggung jawab selama terjadinya konflik, kemungkinan kamu akan merasa selalu disalahpahami dan tidak didengar. Hal ini tentu saja dapat membuat hubungan asmaramu nggak sehat, serta tidak menutup kemungkinan hanya akan menimbulkan lebih banyak konflik di masa depan.

Nah, jadi itulah 5 bare minimum dalam hubungan asmara. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating