Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tips Menjalin Hubungan Serius Lewat Aplikasi Kencan

Utarakan dengan spesifik tujuanmu berkencan

Anatasia Anjani

Bela, pernah nggak, sih, kamu bertanya-tanya, "Bisa nggak ya, aku menjalani hubungan serius lewat dating apps?"

Hal itu ternyata bukan hal mustahil, lho. Tidak sedikit mereka yang bertemu melalui aplikasi kencan online akhirnya menjalani hubungan serius, bahkan sampai ke jenjang pernikahan.

Tapi, ada hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk mencari pasangan melalui dating apps. Menurut salah satu master-certified relationship coach, Amie Leadingham, mengutip dari Bustle, kamu nggak boleh berharap langsung bisa menemukan belahan jiwamu setelah swipe ke kanan beberapa kali. Pasalnya, menemukan seseorang yang bisa berbagi value dan mencari hal yang sama dengamu itu memerlukan waktu. Kesabaran jadi kuncinya dan mencintai itu nggak bisa terburu-buru.

Nah, untuk kamu yang ingin menjalani hubungan serius lewat dating apps, Popbela punya tipsnya, nih. Simak beberapa tipsnya, yuk!

1. Jelaskan dengan spesifik apa yang sedang kamu cari

Pexels/ Jep Gambardella

Banyaknya orang yang mungkin harus kamu swipe untuk menemukan yang benar-benar cocok bisa bikin kamu kewalahan. Leadingham merekomendsikan untuk mendeskripsikan secara lebih spesifik saat kamu membuat profil. Jelaskan niatmu sejak awal sehingga ada kemungkinan besar kamu akan menemukan seseorang yang sedang mencari hal sama denganmu,

Jika kamu ingin menjalani long-term relationship (LTR), jangan takut untuk menampilkannya di profil dating apps. Bersikap jujur akan membantu memilah orang-orang yang tidak sepaham dan mengundang kesempatan yang lebih serius ke kotak masuk dating apps kamu.

2. Pilih aplikasi kencan yang berkualitas

Pexels/ cottonbro

Jenis aplikasi yang kamu gunakan bisa memengaruhi tingkat keberhasilan dalam menemukan kecocokan yang berkualitas pula. Seorang Profesor komunikasi seksual dari Califormia State University Fullerton, Dr. Tara Suwinyattichaiporn, mengatakan bahwa memilih aplikasi kencan yang tepat dapat membantu memilah orang-orang yang hanya ingin terhubung.

Maksudnya adalah tiap dating apps memiliki keunikan masing-masing. Jadi. jangan asal mengunduh semua aplikasi kencan agar match-nya semakin banyak, padahal hal itu berpotensi membuatmu tidak fokus mencari jodoh. 

3. Pastikan bio kamu jelas

Unsplash

Hal kedua yang dilihat seseorang ketika mereka menemukan profil kamu adalah bio. Menulis bio yang bagus pada dating apps menjadi hal penting, terutama ketika kamu sedang mencari cinta.

Selain menggunakannya sebagai kesempatan untuk menunjukkan kepribadian atau selera humor, memperjelas apa yang sedang kamu cari pada bio dating apps akan membantu kamu untuk memilah profil yang tidak sesuai. 

Mungkin kamu akan mendapatkan match lebih sedikit, tetapi kualitas lebih penting daripada kuantitas. Meskipun tampak belum sempurna, mendeskripsikan dengan tepat apa yang sedang kamu cari dari seseorang yang cocok denganmu juga bisa jadi pilihan yang baik.

Kamu bisa mengatakan ‘mencari hubungan jangka panjang’ atau ‘tidak berencana untuk melakukan hubungan jangka pendek atau kasual.’

Selain itu, kamu juga bisa lebih jelas mengatakan terkait ekspektasi seksual, misalnya ‘tidak melakukan hook up’ atau ‘keintiman emosi sebelum keintiman seksual.’

4. Definisikan apa yang kamu cari dari partner

pexels.com/cottonbro

Selain memperjelas bahwa kamu sedang mencari suatu hubungan, kamu bisa menambahkan sifat spesifik yang kamu cari dari dalam diri pasangan di profil aplikasi kencan tersebut.

Penting untuk mencakup setidaknya tiga values jika kamu mencari hubungan yang serius. Contohnya, kamu bisa mengatakan family values, kemauan untuk menjadi sukarelawan dengan saya, seseorang yang menyukai kucing atau lainnya.

Jangan lupa untuk mencantumkan pernyataan hanya mencari LTR di profil agar dapat mempersempit ruang lingkup. Hal itu akan sangat membantu untuk menarik orang yang kamu inginkan dan mengurangi kesempatan untuk match dengan orang-orang yang tidak kamu inginkan.

Ada yang perlu diperhatikan, meskipun mendeskripsikan hal-hal yang tidak dapat dinegosiasikan di bio kamu adalah hal yang baik agar menemukan hubungan yang pas melalui dating apps, sebaiknya jangan menyertakan hal-hal negatif, fokus saja pada pernyataan positif.

5. Kirim pesan pembukaan yang tepat

Pexels/ Jep Gambardella

Setelah match, saatnya untuk mengobrol. Jika kamu mencari pasangan, salah satu cara terbaik untuk memulai percakapan adalah dengan menemukan kesamaan yang berfokus pada sesuai yang terhubung dengan kamu di profil mereka. Bisa berupa foto perjalanan atau sesuatu yang mereka sebutkan sebagai salah satu minat mereka.

Bertanya seperti, seberapa sering mereka melakukan dan terhubung hal yang mereka suka. Pertanyaan tersebut dapat membantu lebih memahami alasan mereka dan membantumu untuk membuka pembicaraan selanjutnya.

Saat kamu menyusun kalimat pembuka yang sempurna, Leadingham mengingatkan untuk menjaga alur percakapan tetap berjalan dengan mengajukan pertanyaan terbuka. Ajukan pertanyaan yang menghasilkan jawaban lebih dari ya atau tidak. Daripada bertanya, "Apakah kamu suka alam bebas?" coba tanya "Eh, dengar-dengar kamu suka kegiatan alam kan, kegiatan favoritmu apa?"

6. Jangan ragu-ragu saat menyampaikan pesan

Pexels/ cottonbro

Jelaskan saja apa yang sedang kamu cari sekarang. Seseorang seperti apa yang sedang kamu cari. Lakukan saja apa yang menurutmu benar, ikuti intuisi, bikin standarmu dan patuhi, serta ingat bahwa kamu layak untuk mendapat jenis cinta yang kamu inginkan.

Nah, itu dia beberapa tips untuk menjalin hubungan serius melalui dating apps. Gimana? Sudah siap buat install dan mencoba belum nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating