Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hindari Cuaca Panas, Sambangi 10 Tempat Wisata Sejuk di Indonesia Ini

Ada yang luar pulau Jawa juga

Reyhan Putri

Beberapa waktu ini, beberapa wilayah di Indonesia tengah mengalami cuaca panas ekstrem. Menurut hasil pengamatan BMKG, beberapa wilayah tersebut bahkan mencapai suhu paling tinggi 38 derajat celcius di siang hari. Cuaca panas ini diperkirakan masih akan berlanjut hingga penghujung bulan Oktober 2023.

Cuaca panas ekstrem bisa menjadi alasan untuk mulai merencanakan liburan akhir tahunmu. Popbela telah merangkum tempat-tempat wisata sejuk di Indonesia, rekomendasi dari Tokopedia supaya kamu bisa melarikan diri sejenak dari cuaca panas ekstrem di daerah tempat tinggalmu.

1. Toba, Sumatera Utara

unsplash.com/@pretentiousmaru

Rasa sejuk di sekitar Danau Toba membuat danau itu menjadi tempat wisata yang tepat untuk menghindari dari cuaca panas ektrem, terlebih jika kamu ingin bepergian yang lebih jauh di luar pulau Jawa. Cuaca disekitar Danau Toba paling rendah bisa mencapai 17 derajat celcius, berbanding jauh dengan daerah yang terserang cuaca ekstrem saat ini.

Danau Toba menjadi salah satu tempat wisata populer di Indonesia yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat selepas mendarat di Bandara Silangit. Salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Bukit Holbung yang menawarkan hamparan padang rumput luas mirip seperti bukit di film kartun Teletubbies.

2. Pulau Samosir, Sumatera Utara

commons.wikimedia.org/Maula039

Jika dilihat dari atas, ada pulau yang terletak di tengah-tengah Danau Toba. Pulau yang dikenal dengan nama Pulau Samosir itu bisa dikunjungi dengan lanjut menyebrang dari Danau Toba. Pulau tersebut berpenghuni dan terdapat banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di sana.

Salah satunya adalah Kampung Ulos yang terletak di Desa Wisata Lumban Suhi-Suhi. Ulos merupakan kain tenun tradisional khas Sumatera Utara. Kain ini sering digunakan dalam berbagai acara adat suku Batak. Di Kampung Ulos, mayoritas keluarga yang tinggal disana adalah penenun kain ulos yang sudah bisa menenun sejak berusia 7 tahun.

3. Lembang, Jawa Barat

unsplash.com/@javaistan

Selain sejuk dan dingin, daerah lembang juga memiliki udara segar dan cenderung bersih. Karena terletak di daerah pegunungan, Lembang banyak digunakan untuk perkebunan teh dan persawahan.

Objek wisata disini banyak yang langsung memamerkan keindahan alam Lembang. Kamu bisa mencoba mendaki Tangkuban Perahu atau pergi bersama keluarga ke Orchid Forest. Gedung ikonik seperti Observatorium Bosscha juga bertempat di sini.

4. Ciwidey, Jawa Barat

unsplashed.com/salafy_engineer

Tak jauh berbeda dengan Lembang, alam yang asri juga bisa dilihat di Ciwidey. Ciwidey juga memiliki beragam objek wisata alam yang bisa kamu kunjungi seperti Kawah Putih dan Kawah Rengganis.

Ciwidey juga memiliki kebun teh yang terkenal yaitu Perkebunan Teh Rancabali. Kamu juga bisa mengunjungi Situ Patenggang, danau dengan padang rumput luas yang pernah jadi latar tempat film Petualangan Sherina.

5. Tawangmangu, Jawa Timur

commons.wikimedia.org/Jmhullot

Terletak tak jauh dari Gunung Lawu, tak heran Tawangmangu memiliki udara sejuk dan cocok untuk tempat melarikan diri dari cuaca panas ekstrem. Tawangmangu memiliki banyak objek wisata air terjun, salah satunya yang sangat terkenal adalah air terjun Grojogan Sewu yang sudah ada sejak zaman kolonial. Selain air terjun, kamu juga bisa mencoba mendaki Gunung Sewu atau melihat bunga atsiri di Rumah Atsiri Indonesia.

6. Dieng, Jawa Tengah

uncommon.wikimedia.org

Masih di daerah gunung, jangan lupakan Negeri di Atas Awan alias Dieng yang tak kalah sejuknya. Sebutannya itu mendeskripsikan pemandangan di pagi hari yang serasa seperti di atas awan. Salah satu objek wisata paling terkenal dari Dieng adalah Telaga Warna, sebuah danau dengan fenomena alam yang unik berupa sering berubahnya air danau ketika tersorot sinar matahari.

7. Batu, Jawa Timur

batukota.go.id

Tak jauh dari Malang, rasanya tak lengkap apabila tidak mampir ke Kota Batu apabila sedang berwisata ke Malang. Dikenal sebagai Swiss Kecil di Pulau Jawa, sebutan dari orang-orang Belanda yang kagum akan keindahan alam di kota Batu. Suhu di Kota Batu terbilang sangat sejuk, bahkan cenderung dingin karena bisa mencapai suhu 11 derajat celcius.

Batu terkenal dengan perkebunan apel batu yang selain memproduksi dalam bentuk buah, juga memproduksi minuman sari apel batu sebagai salah satu oleh-oleh khas kota itu. Selain itu ada Museum Angkut sebagai museum transportasi pertama dan terlengkap di Asia yang menampilkan transportasi di seluruh dunia. Jika masih tertarik berwisata alam, bisa juga mencoba pemandian Songgoriti untuk bersantai.

8. Bromo, Jawa Timur

unsplashed.com/riyanmlg

Gunung berapi aktif di Jawa Timur ini memiliki banyak objek wisata yang bisa dikunjungi banyak orang dan tentunya sejuk. Salah satu yang paling terkenal adalah Savana Bromo atau Bukit Teletubbies, hamparan luas padang rumput dimana kamu juga bisa berkuda santai.

Bromo menjadi tempat favorit banyak orang untuk menyaksikan matahari terbit, bahkan terdapat beberapa spot yang sudah ditandari di gunung tersebut sebagai spot terbaik untuk melihat matahari terbit. Ada pula Pura Luhur Poten dengan hamparan padang pasir dan dibangun tahun 2000 oleh umat Hindu Tengger. 

9. Ubud, Bali

tripadvisor.com

Kurang lengkap rasanya berwisata lokal tanpa mampir ke Bali. Pulau Dewata ini memiliki daerah sejuk yang masuk dalam daftar rangkuman Popbela, yaitu kota Ubud. Ubud berada diantara hamparan sawah dan hutan berjurang yang membuat sebuah pemandangan alam yang indah. Selain itu, Ubud juga dikenal sebagai kota seni sebab banyaknya pertunjukan musik dan tari yang digelar, serta galeri seni yang banyak bertebaran di penjuru kota.

10. Kintamani, Bali

unsplashed.com/@mahmudahsan

Jika Ubud menyajikan suasana kota, kamu bisa mengunjungi Kintamani jika ingin suasana yang lebih tenang dan dekat dengan alam. Kintamani terletak dekat dengan Gunung Batur, sehingga banyak destinasi wisata yang bertempat tak jauh dari gunung itu pula. Selain mendaki Gunung Batur, kamu juga bisa menyempatkan diri berkunjung Pura Ulun Danu Bratan sebagai pura air terbesar di Bali.

Sudah banyak tempat sejuk yang Popbela sebutkan untuk rencana liburanmu secepatnya. Jadi yang mana yang ingin kamu kunjungi lebih dulu?

IDN Media Channels

Latest from Travel