Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Lokasi Wisata Unggulan di Kalimantan Timur, Calon Ibukota Indonesia

Masukan ke wishlist kamu ya!

Niken Ari Prayitno

Provinsi kalimantan Timur digadang-gadang menjadi pengganti DKI Jakarta sebagai Ibukota Indonesia. Meski belum diketahui di kota mana tepatnya Ibukota Indonesia nanti, namun berita pemindahan Ibukota ke Kalimantan Timur sudah santer beredar.

Selain masih hijau dan banyak lahan yang bisa dimanfaatkan, Kalimantan Timur juga punya tujuh lokasi wisata unggulan yang nggak kalah keren dengan lokasi wisata lainnya. Apa saja?

1. Pantai Sekerat

kaltimprov.go.id

Pantai Sekerat terletak di Kecamatan Bengalon dan dapat ditempuh menggunakan jalur darat dari Kota Sengata. Pantai Sekerat terkenal karena air lautnya yang jernih, pasirnya yang berwarna putih dan taman lautnya yang memiliki beraneka ragam terumbu karang.

2. Air Terjun Kedang Ipil

kaltimprov.go.id

Air Terjun Kedang Ipil terletak di salah satu desa tertua di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kecamatan Kota Bangun. Air terjun ini terletak tepat di Desa Budaya Kutai Adat Lawas yang masih teguh memegang adat dan tradisi leluhur. Salah satu acara adat yang bisa kamu nikmati selain air terjun di sini adalah Nutuk Baham. Nutuk Baham adalah acara ritual di pertengahan tahun saat musim panen tiba.

3. Pusat Kerajinan Sarung Tenun Samarinda

Pesona.travel

Sarung Tenun Samarinda atau Sarung Samarinda merupakan jenis kain tradisional khas Kota Samarinda yang dibuat menggunakan alat tenun tradisional yang disebut Gedokan atau alat tenun bukan mesin (ATBM). Tak cuma membelinya, kamu bisa mengetahui proses pembuatannya dengan datang ke pusat kerajinan sarung tenun Samarinda di perkampungan Suku Bugis, Kampung Masjid Baqa, Kecamatan Samarinda Seberang.

4. Desa Budaya Pampang

Kaltimprov.go.id

Terletak sekitar 17 km dari Terminal Lempake, Samarinda Utara, Desa Pampang adalah desa budaya yang merupakan hasil migrasi penduduk Desa Long Lis Apo Kayan Kabupaten Bulungan di tahun 1973. Di desa ini kamu bisa melihat rumah adat Lamin, tari-tarian, wanita Dayak telinga panjang dan upacara adat.

5. Museum Mulawarman

kaltimprov.go.id

Kamu yang ingin mempelajari sejarah dan budaya Kalimantan Timur wajib datang ke Museum Mulawarman. Museum ini berdiri sejak tahun 1959 setelah diberlakukannya Undang-Undang No. 17 tahun 1959 tentang benda-benda peninggalan sejarah. Di Museum ini kita bisa melihat benda peninggalan Kerajaan Kutai Kertanegara.

6. Kepulauan Derawan

Kamu yang suka dengan wisata laut, wajib berkunjung ke Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Bak Hawaii, kita bisa menyewa pengingapan tepat di atas laut di Kepualauan Derawan ini. Ada 31 pulau yang bisa kamu kunjungi di sini. Derawan juga memiliki wisata bawah laut nan eksotis yang sayang untuk kamu lewatkan.

7. Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda adalah masjid yang terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Kabarnya Masjid Islamic Center Samarind merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Berlatar Sungai Mahakam dengan pilar tinggi nan megah, Islamic Center Samarinda menjadi lokasi yang Instagramable untuk berfoto.

IDN Media Channels

Latest from Travel