Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

14 Rekomendasi Destinasi Wisata Solo yang Wajib Dikunjungi

Nggak pernah sepi pengunjung

Cynthia Claudia

Solo telah menjadi salah satu kota tujuan wisata turis domestik sekaligus mancanegara. Berbagai jenis wisata bisa dijumpai di sini, mulai dari wisata sejarah, alam, budaya, hingga kuliner. 

Beragam aktivitas untuk mengisi waktu liburan bisa dilakukan ketika berkunjung ke kota di Jawa Tengah ini.  Berikut ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Solo yang paling populer tahun ini.

1. The Heritage Palace Solo

instagram.com/theheritagepalace

The Heritage Palace Solo merupakan salah satu destinasi wisata d Solo yang bergaya Eropa. Berlokasi di Jalan Permata Raya Dukuh Tegalmulyo, tempat ini menyediakan pemandangan bak sedang berada di Eropa.

The Heritage Palace Solo menyediakan berbagai tujuan wisata menarik seperti wahana Museum Transportasi, Omah Kwalik, Museum 3D Trick Art, Museum Industri, Satoe Coffee, dan lain-lain.

2. The Lawu Park

instagram.com/mywindyfirdiana

The Lawu Park merupakan destinasi lainnya di dekat Kota Solo yang terletak di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganya.  Bela bisa melakukan banyak aktivitas outdoor bersama keluarga di sini, mulai dari hiking, flying fox, forest walk, dan sky walk.

Pemandangan di sini sangat asri dan udaranya juga sejuk, cocok bagi yang senang beraktivitas di luar ruangan.

3. De Tjolomadoe Solo

instagram.com/detjolomadoe_official)

De Tjolomadoe dulu merupakan Pabrik Gula Colomadu, yang sekarang diperbarui menjadi tempat wisata di Solo. De Tjolomadoe menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari museum, convention center, hingga café yang menyediakan makanan yang lezat.

4. Tumurun Private Museum

instagram.com/tumurunmuseum

Jika kamu ingin mengunjungi museum di Solo, makan Tumurun Private Museum adalah pilihan yang tepat. Museum ini memamerkan karya seni koleksi pribadi milik keluarga besar Lukminto.

Hadir berbagai karya seni kontemporer dan modern yang dapat dinikmati pencinta seni. Para pengunjung tidak dipungut biaya untuk masuk ke dalam museum ini. 

5. Pandawa Water World

instagram.com/han_haaaan

Bagi kamua yang ingin mengajak keluarga berlibur ke Solo, wajib mengunjungi Pandawa Water World.  Merupakan salah satu tempat wisata air terbesar di Indonesia, Pandawa Water World menyediakan 27 wahana permainan air yang luar biasa seru.

Anak-anak bakal betah main di sini!

6. Pura Mangkunegaran

instagram.com/y_whibisono

Pura Mangkunegaran merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang patut kamu kunjungi saat ke Solo. Pura yang dibangun pada 1757 ini menjadi salah satu wisata kekiinian yang didatangi kalangan anak muda.

Banyak acara seni dan budaya yang diadakan di sini. Arsitektur bangunannya juga masih terjaga sampai sekarang. 

7. Grandis Barn

Instagram.com/grandisbarn

Grandis Barn merupakan restoran Instagramable di kota Solo yang terletak di Desa Blulukan. Lokasi restoran ini tidak jauh dari pusat Kota Solo dan Bandara Internasional Bandara Adi Soemarmo.

Restoran ini wajib dikunjungi ketika ke Solo karena mengusung konsep yang unik, yaitu seperti bar di luar negeri. Para pengunjung dapat memesan aneka minuman atau sajian di meja bar.

Jika berkunjung bersama keluarga, tersedia juga meja keluarga di bagian belakang restoran yang bisa dipesan.

8. Gedung Djoeang 45

instagram.com/gedungdjoeang45solo

Gedung Djoeang 45 merupakan tempat wisata yang dikenal miliki daya tarik pada desain bangunan Eropa tua dan modern. Tempat ini menyediakan beragam spot foto yang menarik dan Instagrammable, sehingga sekarang juga ramai dikunjungi kalangan anak muda.

9. Solo Safari

tripzilla.co.id

Solo Safari termasuk destinasi wisata kebun binatang yang menjadi favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain kebun binatang, para pengunjung bisa menikmati area hiburan dan permainan yang tersedia di obyek wisata seluas 13,9 hektar ini. Jadi, cocok berkunjung ke sini bersama keluarga.

10. Grojogan Sewu Tawangmangu

instagram.com/iwanrafli_2

Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan destinasi wisata air terjun yang menawarkan pemandangan alam sekaligus air terjun yang asri. Udara di sana pun sejuk, sangat menyegarkan mata dan pikiran. 

11. Taman Balekambang

Instagram.com/kraton_solo

Taman Balekambang merupakan rekomendasi destinasi wisata di Solo yang selanjutnya. Taman yang sudah berdiri dari tahun 1921 ini menyuguhkan pemandangan pepohonan hijau yang asri. Ada juga kolam buatan di sini.  

Bagi Bela yang ingin melepas penat dari ramainya perkotaan, wajib berkunjung ke sini untuk bersantai sejenak.

12. Keraton Surakarta

Instagram.com/kraton_solo)

Rasanya kurang lengkap ketika ke Solo tapi tidak mengunjungi tempat bersejarah satu ini. Keraton Surakarta disebut sebagai ikon Kota Solo yang sudah terkenal di benak para wisatawan.

Banyak bangunan bersejarah yang bisa ditemukan di sekitar Keraton, seperti museum, alun-alun, dan lainnya. Banyak koleksi peninggalan di masa lampau yang tersimpan rapi sampai sekarang.

13. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Benteng Vastenburg merupakan rekomendasi destinasi wisata selanjutnya yang bersejarah di kota Solo. Benteng Vastenburg ini dulu digunakan oleh pihak Belanda untuk mengawasi Keraton Kasunanan Surakarta.

Arsitektur benteng kuno ini bergaya Eropa dan sangat vintage, cocok bagi kalian yang suka foto-foto dengan berbagai bangunan.

14. Vihara Dhamma Sundara

instagram.com/aristiawan.putra

Kota Solo juga punya satu vihara ikonik, yaitu Vihara Dhamma Sundara, yang juga merupakan tempat wisata. Vihara Dhamma Sundara, yang merupakan tempat ibadah umat Buddha ini mirip dengan vihara-vihara yang dibangun di Thailand, ada patung gajah putih yang akan menyambut para pengunjung di depan pintu masuk.

Itulah deretan rekomendasi wisata di Solo yang wajib dikunjungi ketika liburan, Bela. Bagi kamu yang berencana datang ke Solo, jangan lupa mampir ke tempat wisata yang sudah disebutkan ada di atas, ya!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "14 Tempat Wisata di Solo 2023 yang Hits dan Wajib Dikunjungi" ditulis oleh Alicia Diahwahyuningtyas 

IDN Media Channels

Latest from Travel