Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sejauh Mata Memandang Menghadirkan “Kisah Punah Kita” di ARTJOG 2022

Kita adalah bagian dari penyebab kepunahan

Aisyah Banowati

Sejauh Mata Memandang kembali mengadakan pameran—untuk keempat belas kalinya—bertajuk “Kisah Punah Kita”. Bertempat di Jogja Nasional Museum (JNM), untuk pertama kalinya Sejauh Mata Memandang ikut serta dalam ARTJOG, pameran seni rupa kontemporer terbesar di Indonesia yang sudah berlangsung sejak 2008. 

Kali ini, ARTJOG mengusung tema “Expanding Awareness” yang mengangkat arti kesadaran yang tidak hanya terbatas pada kesadaran kritis manusia tentang berbagai permasalahan yang tengah terjadi. Lebih dari itu, juga ajakan kepada para pengunjung untuk membuka mata bahwa pameran seni itu sendiri merupakan sebuah ruang pertukaran pengetahuan yang dilakukan dengan penuh kesadaran.

Bukan hanya pameran, Sejauh Mata Memandang juga menghadirkan “Sejauh Rumah Kita” sebagai kelanjutan dari keterlibatannya di ARTJOG 2022. Telah dibuka sejak 8 Juli 2022 rangkaian acara ini akan berakhir pada 4 September 2022.

Mengenal “Kisah Punah Kita”

Magnifique PR

Menampilkan realitas yang sedang terjadi di dunia ini, sebagai makhluk yang tinggal di dalamnya, kita selalu mempunyai pilihan untuk menjadi bagian dari solusi atau polusi?

Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang menjelaskan, jika kita masuk ke dalam daftar 10 negara dengan penduduk yang kurang percaya mengenai isu krisis iklim. 

Memanfaatkan area utama ARTJOG 2022, “Kisah Punah Kita” adalah instalasi seni sebagai pengingat betapa dekatnya kita dengan kepunahan keenam, namun hal tersebut sebenarnya masih bisa dicegah dengan melakukan hal-hal nyata.

Biar kamu makin penasaran dan nggak sabar ingin melihat langsung pameran Sejauh Mata Memandang di Yogyakarta, simak jajaran potret “Kisah Punah Kita” di ARTJOG 2022 yang penuh dengan makna!

1. Bertempat di Jogja National Museum, siapa saja boleh datang berkunjung

Magnifique PR

2. Di bagian kanan dan kiri, terdapat video yang menunjukkan spesies yang terancam punah. Sedangkan di bagian tengah adalah ruang untuk spesias penyebab kepunahan, manusia

Magnifique PR

3. Ada empat spesies terancam punah yang ditayangkan di “Kisah Punah Kita” yakni, harimau Sumatera, orang utan, gajah Sumatera dan badak Sumatera

Magnifique PR

4. Ramai! Inilah penampakan hutan yang terbuat dari kain daur ulang. Saat masuk, kamu akan ditemani sound alam yang direkam langsung di Kawasan Ekosistem Leuser

Magnifique PR

5. Mungkin kamu tidak menyadarinya, namun dinding yang terbuat dari kaca akan membuat pengunjung lain dapat melihat segala aktivitas kamu dari luar

Magnifique PR

6. Dibuat dari kain sisa yang dibentuk ulang, sebagian material yang digunakan untuk pameran menggunakan bahan dari pameran sebelumnya

Magnifique PR

7. Bukan hanya berkunjung dan melihat, di sini kamu juga dapat meninggalkan pesan terima kasih atau bahkan permintaan maaf untuk bumi kita

Magnifique PR

Lebih dekat dengan “Sejauh Rumah Kita”

Dalam pemaparannya pada Jumat (08/07/2022), Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang menjelaskan.

“Sejauh Rumah Kita adalah kegiatan lanjutan dari instalasi di ARTJOG yang memberi
jawaban atas pertanyaan ‘setelah sadar, kegiatan nyata apa yang bisa kita lakukan?’ yakni
dengan melibatkan berbagai komunitas yang telah menjalani slow living dan berbagi ilmu
serta berbagai tips dalam merawat bumi yang bisa diaplikasikan sehari-hari.”

Dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB - 18.00 WIB di Rumah Simbah Studio, “Sejauh Rumah Kita” hadir sebagai tempat untuk siapa saja yang ingin bertemu, berinteraksi dan belajar bagi yang sebelumnya telah mendaftar.

Acara workshop rutin dilakukan setiap hari Sabtu dan dibagi dalam dua sesi, pagi dan sore dengan materi beragam seputar slow living, praktik sederhana dalam menjaga lingkungan, serta berbagai tips yang akan dibagikan oleh pemateri dari berbagai komunitas di Yogyakarta.

Untuk kamu yang tertarik, jadwal acara di “Sejauh Rumah Kita” dapat diakses melalui laman Instagram @sejauh_mata_memandang.

1. “Sejauh Rumah Kita” berlokasi di Rumah Simbah Studio, sebuah bangunan yang kental nuansa Jawa dan didirikan pada tahun 1950-an yang beralamat di NG I/1301 Jl Kp. Ngadiwinatan, Ngampilan, Yogyakarta 55261

Magnifique PR

2. Tampak asri dan sejuk! Inilah lokasi yang akan digunakan untuk workshop slow living

Magnifique PR

3. Mengutamakan kenyamanan, pengunjung dapat melihat koleksi milik Sejauh Mata Memandang

Magnifique PR

4. Untuk kamu yang ingin berbelanja, datang ke Rumah Simbah Studio, yuk!

Magnifique PR

5. Ada berbagai koleksi lucu dengan beragam bentuk hewan. Minta dibawa pulang banget, kan?

Magnifique PR

Tertarik untuk datang berkunjung, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel