Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Trik Membuat Salad Buah yang Perlu Kamu Tahu

Jangan asal potong-potong

Rosita Meinita

Salad buah, rasanya yang segar saat dimakan di siang hari ini disajikan dengan beberapa varian. Siapa bilang salad buah seperti potongan-potongan buah yang berada di dalam mangkuk saja. Beberapa trik sederhana akan mengubah salad buah yang lebih enak dan menarik lagi. Memerhatikan tingkat kematangan buah juga salah satu kunci untuk mendapatkan rasa yang terbaik lho, Bela. Inilah beberapa trik membeuat salad buah yang perlu kamu tahu.

1. Tambahkan buah musiman

pexels.com/ Pixabay

Buah musiman mungkin nggak banyak ditemukan setiap saat. Akan tetapi inilah yang membuat rasa dan tekstur salad buah akan terasa lebih unik. Kamu bisa menambahkan belimbing di Juli-Agustus, mangga di Juli-Desember ataupun jambu bol di Juli-September.

2. Pilih buah dengan tingkat kematangan sama

pexels.com/ Pixabay

Salad buah akan kurang nikmat ketika beberapa gigitan mempunyai tingkat kematangan berbeda. Ada yang lembek dan ada beberapa yang keras. Secara tekstur, rasanya akan lebih enak jika semua potongan buahnya lunak dan akan tetapi nggak terlalu matang. Hindari pula buah yang terlalu matang karena dapat mudah hancur.

3. Campur buah dengan berbagai warna dan tekstur

freepik.com/ vasiliybudarin

Campurkan buah dengan warna mencolok seperti hijau, orange, merah dan ungu untuk membedakan setiap buah pada salad. Selain warna yang bervariasi, tekstur yang berbeda juga dapat membuatmu nagih saat memakannya.

4. Buang batang, biji dan kulit

freepik.com/ freepik

Dengan buah strawberry, buang semua batang, biji dan kulit saat mencampurkannya dengan buah lain. Hal ini akan terlihat lebih bersih saat disajikan. Pastikan jika sudah membuang komponen tersebut mencucinya di air bersih yang mengalir untuk membuang bakteri-bakteri jahat di permukaan.

5. Potong dadu atau irisan yang sama

freepik.com/ topntp26

Salah satu trik yang dipelajari di sekolah memasak adalah memotong potongan secara sama. Nggak hanya memiliki visual yang sama, tetapi juga membuat salad buah lebih mudah untuk memakannya. Pilihlah satu dimensi ukuran atau irisan yang menurutmu pas dengan jenis buah-buahan yang kamu siapkan.

6. Tambahkan jeruk

pexels.com/ Rawpixel

Untuk memperkuat rasa salad buah, kamu bisa menambahkan jus jeruk atau jus lemon. Jus jeruk mencegah buah berubah warna menjadi cokelat dan berfungsi menjadi ‘garam’ untuk buah, serta meningkatkan cita rasa buah. Untuk memperkuat rasa jeruk, kamu bisa memberi parutan kulit jeruk di atasnya.

7. Tambahkan daun mint

freepik.com/ dashu83

Sebenarnya fungsi daun mint bukan hanya untuk hiasan saja, tetapi juga menjadi bumbu yang khas. Fungsinya juga menambahkan rasa segar di salad buah. Bahan ini wajib ditambahkan apabila kamu membuat salad buah sendiri.

8. Taburi dengan gula pasir

pexels.com/ Susanne Jutzeler

Mungkin kamu akan menjumpai buah berry dengan tingkat kematangan yang kurang. Tak perlu khawatir, kamu bisa menaburkan gula pasir di atasnya. Fungsi dari gula pasir ini untuk melembutkan dan memberikan pemanis pada buah. Jadi tekstur keras dan rasa asam nggak kamu dapatkan lagi.

IDN Media Channels

Latest from Food