Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi 10 Merek Butter yang Bagus dan Berkualitas

Rekomendasi merek butter terbaik untuk memasak & membuat kue

Elni Novitasari

Butter atau mentega adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk memasak atau membuat kue. Biasanya butter digunakan untuk menumis makanan, campuran bahan dasar kue serta sebagai olesan roti.

Banyak pula dari kita yang tidak tahu perbedaan antara butter dan margarin. Adapun perbedaan keduanya terletak pada bahan dasar dan warnanya. Margarin terbuat dari minyak kelapa sawit, memiliki warna yang cenderung kuning lebih terang, serta teksturnya lebih padat dan kaku dari butter, sehingga bagus untuk mempertahankan struktur roti atau kue. 

Sedangkan butter atau mentega terbuat dari susu sapi, kambing atau domba. Warnanya cenderung kuning pucat dan mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi dibandikan margarin. Butter juga bertekstur lebih halus. Memiliki rasa yang lebih gurih dan lebih harum, sehingga cocok untuk membuat roti dan kue yang halus dan lembut.

Nah, untuk kamu yang bingung memilih merek butter yang bagus, berikut 13 Merek butter yang bagus dan berkualitas yang sudah Popbela rangkum untuk kamu!

1. Blue triangle

https://pickybest.id/

Rekomendasi merek butter pertama adalah Blue Triangle Creamery Butter. Produk dari New Zealand ini kaya akan nutrisi, bebas perasa dan pewarna buatan serta tanpa pengawet. Memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang enak, butter ini cocok untuk bahan tambahan kue kering dan basah. 

Karena bebas dari zat adiktif, produk ini aman digunakan sebagai bahan tambahan untuk MPASI anak. Harganya yang agak mahal sesuai dengan kualitas produk. Produk ini dikemas dalam kaleng yang kedap udara, sehingga kesegaran butter terjaga. Kamu harus merogok kocek sebesar Rp179 ribu untuk kemasan kaleng seberat 340 gram.

2. Golden Churn

https://pickybest.id/

Golden Churn Salted Butter dibuat dengan cara tradisional sehingga rasanya lebih kaya dan teksturnya lebih creamy. Produk ini terbuat dari krim pasteurisasi (81% butterfat), air, dan garam. Garam di sini berperan sebagai pengawet alami sehingga bisa bertahan sampai 18 bulan tanpa harus dimasukkan ke dalam kulkas.

Termasuk jenis Unsalted Butter, produk ini dikhususkan untuk membuat kue kering. Golden Churn Salted Butter juga telah mendapat sertifikasi halal dari MUI. Produk ini dikemas dalam kaleng seberat 340 gram dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp99 ribu.

3. Corman Patisy

https://biggo.id/

Corman Patisy memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah untuk dicampurkan ke adonan kue. Butter Corman Patisy termasuk dalam jenis Unsalted Butter, sehingga rasanya tawar dan tidak akan merubah rasa dari kue. Butter ini cocok digunakan untuk kue kering karena akan memberikan efek renyah dan lezat pada kue. Butter Corman Patisy terbilang cukup terjangkau dengan kualitas yang baik. Kamu cukup merogok kocek mulai dari Rp30 ribu saja. 

4. Anchor's Butter

https://pickybest.id/

Sama seperti merek Blue Triangle, Anchor's Butter juga berasal dari New Zealand. Produk ini terbuat dari krim susu sapi segar serta garam, tanpa bahan kimia lainnya. Butter ini dapat kamu gunakan untuk membuat makanan manis dan gurih seperti roti, martabak, kebab, croissant dan lain-lain. Butter ini juga telah mendapat sertifikasi halal dari MUI sehingga dijamin aman dan halal. Anchor's Butter tersedia dalam beberapa varian. Untuk harganya mulai dari Rp 24 ribu - Rp 50 ribu saja.

5. Elle & Vire

https://pickybest.id/

Rekomendasi butter selanjutnya adalah merek Elle & Vire. Butter ini memiliki kadar lemak pasteurisasi murni sebanyak 82%. Dibuat tanpa bahan kimia dan garam, butter ini terverifikasi halal untuk dikonsumsi. Tekturnya tidak terlalu lembut sehingga agak susah jika dicampur dengan adonan kue.

Butter ini lebih cocok sebagai olesan roti atau pastry, namun juga sering dipakai sebagai bahan tambahan pada makanan pendamping ASI (MPASI). Elle & Vire Butter dikemas dengan aluminium foil yang tear–proof sehingga kemasan tidak akan mudah rusak. Harganya sekitar Rp40 ribu - Rp45 ribu untuk kemasan sebesar 200 gram.

6. Hollman Butter

https://biggo.id/

Hollman butter cocok untuk kamu yang mencari jenis butter yang bisa digunakan untuk bahan berbagai jenis kue. Butter ini memiliki rasa yang agak tawar serta aroma yang harum. Kuatnya aroma ini membuat kamu hanya memerlukan 30-50% butter dari jumlah butter yang tertulis pada resep. Dengan begitu, kamu jadi lebih menghemat pemakaian butter. Selain hemat dikantong, risiko kesehatan yang ditimbulkan akibat konsumsi lemak bisa diminimalkan.

Hollman butter masih cukup mudah untuk ditemui di supermarket. Harganya juga masih tergolong murah sesuai ukuran. Hollman butter dikemas dalam kaleng seberat 800 gram, 2,25 kg dan juga 18 kg.

7. Lurpak Butter

https://mygroser.com/

Lurpak Butter adalah produk asal Eropa yang telah diproduksi sejak tahun 1901. Butter ini diklaim memiliki cita rasa khas Denmark, dan menjadi produk butter paling lezat di dunia. Terbuat dari 100% susu sapi segar, butter ini tidak akan merubah rasa kue karena tidak mengandung garam sedikit pun. 

Harganya memang cukup mahal namun sesuai dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Butter ini juga telah tersertifikasi halal sehingga aman untuk dikonsumsi. Lurpak Butter hadir dengan beberapa jenis dan ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Harganya dibanderol mulai dari Rp65 ribu untuk ukuran seberat 250 gram. 

8. Orchid Butter

https://pickybest.id/

Orchid Butter adalah produk buatan Indonesia dari Indofood. Butter ini telah tersertifikasi halal MUI dan BPOM. Tersedia beberapa varian rasa termasuk jenis unsalted butter yang rasanya tawar. Butter ini cocok digunakan sebagai bahan adonan untuk kue kering dan biskuit. Terbuat dari bahan alami, butter ini juga mengandung vitamin A dan E. Harganya cukup murah, kamu cukup merogok kocek sebesar Rp39 ribu saja. 

9. Royal Krone Butter

https://pickybest.id/

Royal Krone Butter merupakan kombinasi margarin dengan mentega. Namun, butter ini memiliki aroma khas yang kuat dan aromanya tahan pada suhu tinggi. Karena itu, sajianmu akan menjadi lebih harum dan menggugah selera. Campuran adonan kue dan Royal Krone butter yang dikocok akan mengeluarkan aroma wangi yang khas. Cita rasanya juga menjadi lebih lembut.

Royal Krone Butter dikemas dalam bentuk kaleng dengan berbagai ukuran. Kamu cukup mengeluarkan uang Rp2 ribu hingga Rp250 ribu.

10. Wijsman Dutch Butter

https://biggo.id/

Wijsman Dutch Butter menjadi salah satu mentega legendaris dari Belanda yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Butter ini memiliki aroma yang lezat dan harum, serta sering dipakai sebagai bahan utama martabak manis ataupun campuran kue. Butter ini berjenis concentrated butter yang mengandung lemak susu yang tinggi sehingga membuat rasa kue lebih enak.

Butter Wijsman dikemas dalam kemasan kaleng yang berkualitas untuk menjaga kesegarannya. Harganya memang lebih mahal dibanding merek lain. Wijsman Dutch Butter dibanderol mulai dari Rp55 ribu sampai Rp400 ribu, tergantung ukurannya.

Itulah rekomendasi 10 merek butter yang bagus dan berkualitas. Mana pilihanmu?

IDN Media Channels

Latest from Food