Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kaya Rasa, 5 Olahan Nasi Khas Nusantara yang Bisa Dibuat dari Rumah

Menikmati kuliner #DiRumahAja

Ajenk Rama

Tak hanya menikmati pulaunya yang indah, tapi salah satu kegiatan travelling yang paling dinanti adalah mencicipi cita rasa olahan nasi khas Nusantara yang beragam dan memanjakan lidah penikmat kuliner. Sayangnya, sudah hampir sebulan, kegiatan travelling dan menikmati makan di tempat mengalami pembatasan. Kangen sih, tapi tahan dulu, ya. Sampai, pandemi ini benar-benar berakhir. 

Daripada kangen membayangkan olahan nasi khas Nusantara yang penuh cita rasa, kamu bisa lho ,membuatnya sendiri #DiRumahAja bersama keluarga dan orang terkasih. Sebagai salah satu kegiatan mengisi waktu luang dan mengganti rasa rindu kamu yang belum bisa melakukan travelling:

1. Nasi kebuli

www.pinterest.com

Buat kamu yang suka dengan sajian daging kambing, olahan nasi yang satu ini nggak boleh dilewatkan. Berasal dari Betawi, kamu cukup menyiapkan beberapa bahan utama seperti daging kambing, bawang merah, bawang putih, bumbu rempah-rempah, air, dan garam. 

Bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, bumbu rempah-rempah seperti lada, serai, daun salam, daun jeruk, ketumbar, kayu manis, merica, kapulaga, cengkeh, jahe dihaluskan dan ditumis. Lalu, masukan daging kambing yang sudah diiris sesuai selera. Masak dengan api sedang dan biarkan mendidih selama 20 menit. 

Setelah bumbu dan daging matang, tuang kuah daging ke dalam beras yang sudah dicuci bersih ke dalam magic com. Tunggu hingga nasi kebuli tanak dan siap disajikan. Tambahkan bawang goreng, sambal, mentimun biar makin sedap. 

Kalau kurang suka dengan cita rasa daging kambing, kamu bisa mengganti dengan daging ayam. Tak hanya lezat dan penuh cita rasa, nasi kebuli juga bisa menjadi pelipur lara kamu ketika menjalankan physical distancing

2. Nasi lengko

www.pinterest.com

Olahan nasi khas daerah Cirebon, Jawa Barat ini tergolong unik dengan rasa yang tak kalah nikmat dari nasi kebuli, Jakarta. Nasi yang disiram dengan bumbu kacang dan beberapa lauk pauk seperti tempe, tahu, tauge, daun bawang, mentimun, dan bawang goreng cocok banget buat kamu yang vegetarian atau ingin langsing meski #DiRumahAja.

Untuk membuat seporsi nasi lengko, kamu bisa menyiapkan bahan-bahan sederhana yang didapatkan dari tukang sayur seperti beras, bawang putih, kacang tanah, gula pasir, cabai, garam, tauge, tempe, tahu, daun bawang, mentimun, kecap manis, dan air. 

Pertama, kamu bisa membuat bahan bumbu kacang terlebih dahulu dengan mencampur semua bahan bumbu kacang lalu blender sampai halus. Setelah itu, masak bumbu kacang dalam hingga mendidih dan kental. Kedua, bahan lauk-pauk dapat kamu potong dadu lalu rebus dan tiriskan. Masak nasi di magic com dan tunggu hingga tanak.

Atur bahan lauk-pauk sedemikian rupa dan sajikan bersama nasi yang lagi hangat. Siram dengan bumbu kacang yang gurih dan lezat. Taburi bawang goreng dan beri kecap manis. Nikmati bersama keluarga tercinta di rumah, nasi lengko pun siap menjadi obat pelepas rindu kampung halaman. 

3. Nasi liwet

www.pinterest.com

Sesuai dengan namanya, nasi diolah dengan cara diliwet menggunakan cara tradisional yaitu memakai wajan yang terbuat dari tanah liat dan apinya berasal dari kayu bakar. Salah satu kuliner khas Nusantara yang berasal dari kota Solo ini memiliki tekstur yang pulen dan memiliki rasa gurih dari campuran ikan teri di dalamnya. 

Kalau kamu kangen dengan makanan dari Solo, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Dengan memanfaatkan magic com atau rice cooker, lho. Sediakan bahan-bahan seperti beras, bawang putih, cabai, bawang merah, bumbu rempah-rempah, ikan teri, garam, air, dan minyak goreng.

Untuk mendapat aroma gurih dari nasi, masak terlebih dahulu ikan teri lalu sisihkan. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai, dan bumbu rempah-rempah yang terdiri dari serai, lengkuas, daun salam sampai harum dan layu. Usai menumis, masukan bumbu dan ikan teri yang telah digoreng bersama beras yang telah dicuci ke dalam magic com kemudia tambahkan air secukup seperti hendak memasak nasi. Masak nasi liwet sekitar 30 menit sambil diaduk, supaya matang merata dan bumbu meresap. 

Setelah matang, sajikan bersama lauk-pauk yang disuka dan makanlah bersama dengan keluarga, tetangga, atau sanak saudara biar kehangatan dan kenikmatan dari nasi liwet yang kamu masak juga bisa dirasakan oleh orang lain.  

4. Nasi minyak

www.dialekito.com

Sekilas olahan nasi yang berasal dari Palembang mirip dengan nasi briyani namun dari segi bahan dan cara membuatnya jelas berbeda. Olahan nasi yang dikenal sebagai nasi minyak atau nasi samin diolah menggunakan minyak samin. Kalau kamu tidak memiliki minyak samin, nggak perlu khawatir, kamu bisa menggantinya dengan margarin. 

Tahukah kamu, nasi minyak dulunya merupakan makanan mewah yang disediakan khusus untuk keluarga kerajaan dan tamu agung. Tetapi, kini nasi minyak banyak ditemukan di rumah makan kota Palembang bahkan bisa kamu bikin saat #DiRumahAja. 

Dengan bahan-bahan yang ada di dapur, kamu dapat membuatnya sendiri dan disantap bersama keluarga. Siapkan bahan-bahan seperti beras, minyak samin (bisa diganti margarin jika tidak ada), bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, saus tomat, susu kental manis, garam, bumbu rempah-rempah. 

Cara membuatnya, kamu bisa rebus bumbu untuk nasi minyak seperti bunga lawang, bunga pala, merica, adas manis, kapulaga putih dan hijau, kayu manis, dan cengkeh hingga air berwarna kecoklatan. Lalu, sisihkan. Selanjutnya, tumis bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit yang sudah diblender sampai harum. 

Kemudian, siapkan beras yang sudah dicuci bersih dan tambahkan bumbu yang sudah ditumis, saus tomat, susu. Aduk secara merata di dalam magic com. Setelah itu, tuang air rebusan bumbu rempah-rempah yang sudah disaring. Sesuai jumlah air seperti menanak nasi biasa. Saat memasak, aduk sesekali nasi minyak agar bumbu meresap dan merata. 

Nasi minyak pun siap dihidangkan bersama lauk-pauk pendamping. Walau tak bisa berjumpa dengan sanak saudara di Palembang dan menikmati keindahan alamnya, kamu tetap bisa mencicipi lezatnya nasi minyak buatan sendiri. 

5. Nasi jinggo

www.cookpad.com/dewidapur

Olahan nasi asal Pulau Dewata sangat spesial karena sering dijumpai dalam upacara ngaben, prosesi pertunjukan ogoh-ogoh, bertepatan dengan Hari Raya Nyepi, ulang tahun. Menariknya, dikenal dengan sebutan nasi jinggo, nasi ini tampak mirip dengan nasi rames dari Jawa Timur, nasi kucing asal Yogyakarta, dan nasi campur khas Jawa Barat.

Bahan-bahan yang diperlukan cukup sederhana dan mudah didapat yaitu beras, tempe, kacang panjang, daun pepaya muda, lengkuas, cabai, bawang merah, bawang putih, kecap manis, daun salam, gula merah, garam, dan air.

Langkah pertama yang kamu perlukan adalah menumis tempe yang telah dipotong sampai kering kecoklatan. Tumis bumbu hingga harum lalu tambahkan sedikit air kecap, daun salam, dan gula merah. Tunggu sampai air menyusut dan sisihkan. 

Selanjutnya, tumis kangkung dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Begitupula dengan kacang yang ditumis serupa dengan kangkung. Kemudian, untuk daun pepaya muda. Kamu bisa menumisnya setelah dicuci bersih lalu tambahkan lengkuas, garam, gula, kecap manis dan daun salam. 

Usai semuanya matang, sajikan nasi hangat di alas daun dan tata lauk-pauk. Biar tak mengurangi nuansa khas Bali, kamu bisa lho menyajikan nasi jinggo dengan ayam betutu atau sempol. Jadi, kangen Bali, deh!

Itulah beberapa olahan nasi khas Nusantara yang bisa kamu coba. Tertarik membuatnya selama #DiRumahAja, Bela? Sebagai obat kangen travelling sambil icip-icip makanan khas Nusantara, kamu juga bisa cek ratusan resep mudah di Yummy App yang sudah tersedia di AppStore dan PlayStore. 

IDN Media Channels

Latest from Food