Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

18 Warna yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Apa Saja?

Cek rekomendasinya di sini!

Nafi' Khoiriyah

Menentukan warna baju yang sesuai dengan warna kulit memang susah-susah gampang. Kamu harus mengetahui lebih dulu apa warna kulitmu supaya penampilanmu terlihat lebih fresh.

Di Indonesia, sebagian besar orang memiliki warna kulit yang sawo matang. Warna ini cenderung kecokelatan sehingga bisa menjadi eksotis jika dipadukan dengan warna baju yang tepat. 

Kali ini, Popbela.com akan memberikan rekomendasi 18 warna yang cocok untuk kulit sawo matang. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Warna Putih

pinterest.com

Warna yang cocok untuk kulit sawo matang pertama adalah warna putih. Warna ini memang banyak dipilih karena bisa membuat kulit kamu tampak lebih cerah. 

Hal itu karena warna putih bisa memantulkan cahaya sehingga wajahmu pun terlihat lebih cerah. Sebagai perpaduannya, kamu bisa mengenakan bawahan warna gelap, seperti abu-abu atau hitam. 

Perpaduan warna putih yang cerah dan bawahan gelap ini bisa kamu pakai untuk outfit yang formal maupun kasual. 

2. Warna Sky Blue

freepik.com

Sesekali, kamu tentu ingin tampil lebih ceria dan menyenangkan. Untuk menampilkan suasana itu, kamu bisa memakai baju warna sky blue. 

Warna biru ini merupakan biru muda yang beberapa tingkat lebih cerah dari warna biru aslinya. Dengan kecerahan tersebut, bajumu akan memberikan efek terang pada kulit. 

Perpaduan baju warna sky blue bisa kamu pilih dengan bebas. Namun, warna ini akan semakin terlihat cerah dan menyenangkan jika dipadukan dengan warna putih. 

3. Warna Beige

inspiringwit.com

Beige merupakan salah satu warna netral yang bisa kamu jadikan andalan sebagai warna yang cocok untuk kulit sawo matang. Warna ini merupakan campuran antara warna cokelat dan abu-abu yang memberikan kesan hangat pemakainya. 

Pilihan warna untuk bawahan pun bisa kamu kreasikan dengan berbagai warna.

Jika kamu ingin penampilan yang lebih ceria, pilihlah warna-warna yang pastel. Namun jika kamu ingin penampilan yang simpel, warna hitam atau putih adalah jawabannya. 

4. Warna Pink

whowhatwear.com

Warna pink sebenarnya memiliki berbagai tone yang bisa disesuaikan dengan warna kulit masing-masing orang. Jika kamu memiliki kulit yang sawo matang, warna pink yang mencolok bisa menjadi pilihan tepat. 

Sebagai perpaduannya, kamu bisa menyatukan warna ini dengan bawahan warna mustard atau cream. Perpaduan antara warna pink yang cerah dengan warna mustard atau cream yang hangat akan membuat penampilanmu semakin menawan. 

5. Warna Abu-Abu

pinterest.com

Warna yang cocok untuk kulit sawo matang selanjutnya adalah warna abu-abu. Abu-abu merupakan warna yang menenangkan dan netral. 

Dikarenakan warnanya yang netral, kamu bisa memadukannya dengan berbagai macam warna. Pada gambar di atas, kamu hanya memakai dress full warna abu-abu tua saja. 

Namun, warna ini pada dasarnya akan cocok kamu satukan dengan warna apapun karena sifatnya yang netral. 

6. Warna Biru Navy

pinterest.com

Warna biru navy bisa menjadi warna yang cocok untuk kulit sawo matang. Berbeda dengan warna-warna lainnya yang cerah, warna navy yang cenderung gelap tetap bisa membuat wajahmu cerah dengan perpaduan yang cocok. 

Jika kamu memakai warna ini, pilih warna bawahan dan inner yang terang dan tidak terlalu mencolok.

Contohnya, kamu bisa memakai warna biru muda, beige, cokelat susu, atau warna lain yang tidak lebih gelap dari warna biru navy. 

7. Warna Cokelat

pinterest.com

Warna selanjutnya ini akan membuat penampilanmu menjadi tampak dewasa dan simpel, yaitu warna cokelat. Baju warna cokelat akan mudah dipadu-padankan dengan berbagai warna karena warnanya yang netral. 

Cokelat menjadi warna yang cocok untuk kulit sawo matang karena tone warnanya yang tidak jauh berbeda dengan warna kulit kamu. 

Sebagai contoh perpaduan warnanya, kamu bisa memainkan gradasi warna cokelat, mulai dari warna cokelat muda atau cokelat susu. Namun, kamu juga bisa memadukannya dengan warna cerah yang lainnya. 

8. Warna Hijau Lemon

pinterest.com

Warna baju hijau lemon akan membuat penampilanmu lebih fresh dan stylish jika dipadukan dengan warna yang tepat.

Untuk pemilik kulit sawo matang, kamu bisa memadukannya dengan fashion item berwarna putih agar semakin cerah. 

Hijau lemon ini akan memberikan kesan yang ceria dan menyenangkan bagi orang-orang yang melihatnya. Namun, jangan memakai aksesori yang berlebihan jika sudah memakai warna ini supaya tetap terlihat elegan.

9. Warna Mustard

hellomolly.com

Warna baju selanjutnya adalah warna mustard. Warna ini merupakan perpaduan dari kuning dan cokelat yang tidak terlalu mencolok. 

Dengan memakai baju warna mustard, kamu akan tampak lebih ceria, fresh, tetapi tidak berlebihan. 

Sebagai perpaduannya, kamu bisa memilih warna yang lebih netral, seperti cream, hitam, atau abu-abu. Perpaduan warna netral dengan warna mustard akan membuat penampilanmu tampak elegan tapi tidak membosankan. 

10. Warna Emerald

sydnestyle.com

Selanjutnya, hijau emerald menjadi warna yang cocok untuk kulit sawo matang. Sebab, warna ini akan memberikan kesan anggun dan stylish bagi pemakainya. 

Meskipun tergolong dalam warna hijau yang gelap, tetapi emerald tidak akan membuat kulitmu tampak gelap atau kusam. 

Justru, warna ini bisa membuat penampilan menjadi stunning dan memesona, apalagi jika diterapkan pada dress atau pakaian panjang. 

11. Warna Burgundy

pinterest.com

Pilihan warna selanjutnya adalah warna burgundy. Berbeda dengan warna merah maroon, warna burgundy merupakan paduan dari warna merah dan ungu yang terlihat seperti warna wine.  

Kamu bisa menggunakan baju berwarna burgundy di acara resmi atau formal karena warna ini akan memberikan kesan elegan dan mewah pada penampilanmu. Warna ini juga akan membuat kulit sawo matang terlihat lebih cerah. 

Untuk menambah kesan elegan, kamu bisa bisa memadukan warna burgundy dengan warna netral seperti putih dan hitam.

12. Warna Lavender

pinterest.com

Warna lavender merupakan salah satu warna yang cocok untuk kulit sawo matang. Pilihan warna ini aman dipakai karena tidak membuat kulitmu terlihat kusam.

Ada banyak pilihan warna lavender yang bisa kamu gunakan dari yang terang sampai gelap yang bisa kamu sesuaikan dengan undertone. Kamu bisa memadukan warna lavender terang sebagai atasan dan warna beige untuk bawahannya.

Kamu juga bisa menambahkan shoulder bag dengan warna cokelat tua untuk menyempurnakannya. Paduan warna itu bisa memberikan kesan feminin pada penampilanmu.

13. Warna Merah

freepik.com/lookstudio

Warna selanjutnya adalah warna merah. Warna primer ini cocok untuk dipakai oleh hampir sebagian besar warna kulit (salah satunya kulit berwarna sawo matang). Warna merah juga bisa membuat kulit wajahmu terlihat lebih cerah dan tidak kusam.

Paduan fashion item berwarna merah dengan fashion item lainnya yang berwarna cerah seperti warna cream membuat tampilanmu terkesan lebih anggun dan elegan.

14. Warna Sage Green

pinterest.com

Jenis warna hijau lainnya yang cocok dipakai oleh kulit sawo matang adalah sage green. Warna ini memiliki tone warna di bawah warna hijau lemon karena sedikit lebih gelap. 

Untuk kulit sawo matang, kamu bisa memadukan fashion item warna sage green dengan fashion item lainnya yang warnanya satu tingkat lebih cerah. Kamu akan terlihat lebih fresh dengan pilihan warna tersebut.

15. Warna Pink Neon

pinterest.com

Berikutnya, kamu bisa mencoba warna yang cocok untuk kulit sawo matang, yakni pink neon. Warna-warna cerah ini bisa mencerahkan kulit sawo matang. Kamu bisa tampil unik dan eye-catching dengan fashion item berwarna pink neon ini.

16. Warna Terracotta

pinterest.com

Terracotta merupakan perpaduan antara warna merah dan cokelat yang seperti warna batu bata. Nuansa warnanya yang hangat akan cocok untuk pemilik kulit sawo matang.

Jika dipakai pada kulit yang sawo matang, maka kulit justru akan kelihatan lebih eksotis saat memakainya. Kamu bisa memadukannya dengan aksesori nuansa terracotta pula seperti kaca mata ataupun hand bag.  

17. Warna Hitam

pinterest.com

Hitam memang menjadi warna yang cocok untuk kulit sawo matang yang cukup aman. Namun bukan hanya untuk pemilik kulit sawo matang saja, nuansa warnanya yang netral bisa dipadukan dengan warna kulit apa saja. 

Selain karena netral, warna ini juga bisa jadi jawaban kalau sedang bingung mix and match warna pakaian. Memakainya pun juga bisa membuat tubuh kelihatan lebih langsing untuk pemilik tubuh yang berisi. 

18. Warna Ungu

pinterest.com

Kalau warna sebelumnya adalah ungu lavender, pilihan yang terakhir ini bisa dengan ungu yang gelap. Jangan khawatir, warna ini justru akan membuat kulit kelihatan lebih cerah, lho. 

Sebagai perpaduannya, kamu bisa memakainya dengan warna lain seperti hitam atau beige agar tetap elegan. Aksesori yang bernuansa nude juga disarankan supaya tidak terlalu mencolok. 

Itulah 18 warna yang cocok untuk kulit sawo matang. Kamu bisa mengoleksi baju dengan warna-warna tersebut untuk menjadi pelengkap outfit harianmu. 

Di antara warna-warna di atas, mana yang paling sering kamu pakai, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends