Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Model Rok Batik Terbaru untuk Pesta, Anggun dan Elegan!

Mulai dari style formal sampai kasual

Nafi' Khoiriyah

Kain batik biasanya dibuat menjadi atasan seperti kebaya atau kemeja. Namun, penampilan batik sebagai atasan saja kadang terkesan terlalu formal dan membosankan. 

Untuk penampilan yang berbeda, kamu bisa membuat model rok batik yang cocok dipadukan dengan berbagai atasan. Bukan hanya untuk suasana formal saja, rok batik juga tetap cocok digunakan untuk acara kasual. 

Kamu juga bisa padu-padankan rok batik tersebut dengan atasan yang elegan untuk pesta. Langsung saja, simak referensi model rok batik yang sudah dirangkum Popbela.com berikut ini!

1. Model Rok Batik Span

pinterest.com

Model rok batik pertama adalah span yang memiliki ciri khas potongan yang sempit dan ketat. Memakai rok model ini bisa sedikit menampakkan lekuk tubuh bagian bawah.

Maka dari itu, biasanya rok batik span dipakai untuk acara pernikahan atau acara semi formal lainnya. Kamu juga bisa memadukannya dengan atasan kebaya atau baju sleeveless yang lebar seperti di atas. 

2. Model Rok Batik A-Line Maxi

pinterest.com

Selanjutnya untuk penampilan yang lebih rapi dan sopan, model rok maxi adalah jawabannya. Seperti namanya, rok ini didesain panjang menjuntai sampai lantai sehingga bisa menutup ujung kaki.

Untuk detailnya, rok bisa dijahit dengan detail A-line yang makin melebar ke bawah. Jika memakai rok ini, atasan yang cocok untuk melengkapinya adalah atasan yang crop atau skinny. 

3. Model Rok Batik Wiru

pinterest.com

Model rok batik selanjutnya ini masih sangat tradisional dan lekat dengan khas baju daerah Jawa. Dinamakan rok wiru, rok ini dibuat dengan kain batik berbentuk jarik yang kemudian dilipat dan ditumpuk di bagian depan. 

Siapapun yang memakai rok model ini akan terlihat anggun, apalagi dengan atasan kebaya kutu baru seperti di atas. Kalau sudah memakai rok ini, cara jalanmu pun akan makin feminin seperti putri raja. 

4. Model Rok Batik Lilit

pinterest.com

Namun, kalau kamu ingin penampilan yang lebih kekinian, rok lilit menjadi pilihan yang tepat. Rok ini sedang banyak digemari karena dinilai simpel dan bisa dimodifikasi. 

Kamu hanya perlu membuat kain batik yang memanjang dengan tali di bagian ujung kanan dan kirinya. Lalu, kreasikan kain lilit menjadi rok dengan melipatnya mengelilingi pinggang. 

5. Model Rok Batik A-Line Midi

pinterest.com

Model rok batik A-line yang midi memiliki kesan yang simpel dan bebas. Dengan model yang melebar ke bawah, kamu bisa bergerak bebas tanpa terhalang rok yang kamu pakai. Desainnya yang midi pun membuatnya bisa dipadukan dengan berbagai fashion item. 

Seperti di atas, kamu bisa memadukan rok batik dengan atasan blouse hitam polos. Selain itu, kamu juga bisa memakainya dengan atasan yang kasual supaya terkesan lebih nyaman. 

6. Model Rok Batik Mermaid

pinterest.com

Model straight atau A-line saja mungkin terlalu biasa untuk sebagian orang. Maka dari itu, model mermaid bisa jadi pilihan yang baru. Model ini memiliki detail yang mengecil sampai lutut kemudian melebar ke bawah sampai ujungnya. 

Dengan model tersebut, penampilanmu akan tampak lebih berkelas. Apalagi dipadukan dengan atasan brokat model ruffle seperti di atas. Pakailah rok ini untuk acara pesta pernikahan atau semacamnya supaya penampilanmu makin menawan. 

7. Model Rok Batik Ruffle

pinterest.com

Rok kebanyakan membuat pemakainya terbatas untuk beraktivitas. Namun, model satu ini bisa membuatmu lebih leluasa bergerak karena aksen ruffle-nya. Seperti yang kamu lihat, rok tersebut memiliki lebar yang tidak terlalu ketat. 

Kemudian, terdapat aksen ruffle di bagian depan yang bisa membuat rok makin lebar. Meski begitu, penampilanmu akan tetap terlihat feminin apabila pemilihan atasannya tepat. Pilihlah baju yang berbahan brokat, lalu sertakan aksesosi supaya makin menawan.

8. Model Rok Batik Pendek

pinterest.com

Nah, model rok batik yang terakhir ini tak jauh berbeda dengan model lilit. Namun, kamu bisa memakainya dengan potongan kain yang lebih pendek supaya menjadi rok yang serupa seperti di atas. 

Setelah itu, lilitkan pada pinggang dan sisakan lipatan di bagian depan. Nantinya, sisa lilitan itu akan membuat penampilan terlihat lebih chic dan unik. Cocok jika dipadukan dengan atasan kebaya yang simpel. 

Demikian 8 model rok batik yang bisa kamu padu-padankan dengan berbagai atasan. Kira-kira, model mana yang ingin kamu sontek, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends