Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Ngeri! Intip Pameran Patricia Piccinini di Museum MACAN

Hadirkan makhluk imajiner yang surealis

Hafidhza Putri Andiza

Museum MACAN dengan bangga mempersembahkan pameran tunggal perdana perupa Australia, Patricia Piccinini, di Indonesia. Pameran ini akan dibuka untuk publik pada
tanggal 23 Mei 2024, dengan judul CARE ini dikurasi oleh Tobias Berger dan
menampilkan kumpulan karya-karya Piccinini secara komprehensif. Menghadirkan lebih dari empat puluh patung ukuran hidup, tiga instalasi video berukuran masif, dan Celestial Field (2021)–sebuah instalasi memukau yang terbuat dari ribuan bunga–CARE menyajikan eksplorasi visi artistik Piccinini secara mendalam dan dalam skala yang besar.

Patricia Piccinini memadukan material sintetis, seperti silikon dan serat kaca (fiberglass), serta plastik ABS, dengan bahan organik, termasuk rambut serta hewan taksidermi ke dalam patung-patungnya, untuk menghasilkan makhluk imajiner yang surealis.

Para pengunjung pun berhasil dibuat "ngeri" ketika melihat patung-patung karya sang seniman. Berikut detail menariknya!

1. Pada pameran CARE ini, pengunjung akan menjumpai serangkaian makhluk imajiner baru yang terinspirasi dari makhluk hidup dan mitologi. Melalui makhluk yang diciptakan ini, para pengunjung diajak untuk merenungkan bentuk-bentuk kehidupan baru melalui kacamata kepedulian dan welas asih.

dok. Museum MACAN

2. Karya-karyanya merefleksikan batas-batas yang semakin samar antara yang artifisial dan yang alami, mempertanyakan pemahaman mengenai hubungan dengan dunia sekitar dan memperlihatkan masa depan di mana manusia dan makhluk lain dapat hidup berdampingan, bukan hanya di ruang yang sama, tetapi juga dalam bentuk tubuh yang sama.

dok. Museum MACAN

3. Pameran ini juga diperkaya dengan konteks lokal untuk memperdalam relevansi terhadap narasinya. Seperti pada karya 'The Couple', di mana situasi rumah tangga dari figur yang ditampilkan mencerminkan lingkungan rumah di Indonesia, dengan perabotan dan barang-barang yang biasa ditemukan di rumah tangga lokal, untuk memberikan latar belakang yang mudah dikenali dan terhubung erat dengan pengunjung.

dok. Musuem MACAN

4. “Saya sudah lama memiliki impian untuk bekerja sama dengan Museum MACAN, dan tentunya sangat senang dapat membawa pameran yang luar biasa ini ke Jakarta. CARE adalah pameran besar pertama saya di Indonesia, dan Museum MACAN adalah tempat yang tepat untuk pameran ini karena ruangnya yang tidak hanya indah namun MACAN juga memiliki audiens yang beragam. Saya merasa CARE adalah sebuah kesempatan yang sangat baik untuk bisa terhubung dengan para pengunjung mengenai isu-isu yang mempengaruhi kita semua, mulai dari lingkungan hingga kehidupan urban kontemporer. Saya rasa, akan sangat menarik melihat bagaimana intensitas dari kota Jakarta bertaut dengan intensitas dari karya-karya yang akan ditampilkan nanti,” ujar Patricia Piccinini.

dok. Museum MACAN

5. Kamu bisa melihat pameran Patricia Piccinini: CARE di Museum MACAN, yang dibuka mulai tanggal 23 Mei hingga 6 Oktober 2024.

dok. Museum MACAN

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Style & Trends