Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Model Baju Batik Atasan Perempuan Kantor, Fashionable!

Tampil lebih fresh dan kekinian

Nafi' Khoiriyah

Model baju batik atasan perempuan untuk pergi ke kantor selalu berkembang dari masa ke masa. Jika dulu baju kantor identik dengan gaya yang simpel tanpa detail yang macam-macam, kini tidak lagi demikian. 

Kamu bisa memvariasikan baju batik dengan berbagai gaya baju, kerah, dan lengan yang unik. Tak hanya itu saja, baju batik atasan perempuan kantor juga bisa dikombinasikan dengan kain polos ataupun kain batik yang berbeda.

Popbela.com sudah menghimpun beberapa model baju batik yang bisa dijadikan outfit pergi ke kantor. Yuk, lihat macam-macamnya di bawah ini!

1. Baju Batik Lengan Layer

pinterest.com/retno

Model baju batik yang pertama berwarna cokelat dengan panjang normal sampai bawah pinggang. Baju ini terlihat cukup simpel dibagian badannya tanpa tambahan kancing maupun belt. 

Namun, detail yang membuat model baju ini menarik ada pada lengan bajunya. Lengan tersebut menggunakan model layer empat yang bertumpuk dari atas sampai ke bawah. Dengan begitu, lengan baju tersebut akan terlihat unik dan sedikit bervolume. 

2. Baju Batik Aksen Pita

pinterest.com/NilaKumalasari

Selanjutnya, baju batik warna biru menjadi pilihan yang bagus untuk memberi kesan lebih muda.

Baju ini memiliki panjang normal dengan detail pita di pinggang. Pita tersebut berasal dari tali yang diikat dan menarik baju bagian pinggang menjadi lebih ramping. 

Kemudian, lengan baju batik kantor ini dibuat dengan panjang 3/4. Untuk kerah bajunya, pilih model kerah shanghai yang bagian depannya tidak tertutup supaya tubuh tampak lebih jenjang. 

3. Baju Batik Lengan Lonceng

pinterest.com/lennyrhm

Outer yang bisa dilepas pasang kini banyak dipilih sebagai model baju batik atasan untuk pergi ke kantor yang kekinian. Sebab, outer akan lebih fleksibel jika akan dipadu-padankan dengan baju lainnya. 

Untuk detailnya, outer ini menggunakan kerah reserve dengan tambahan tali kecil di pinggang. Kemudian, lengan bajunya dibuat menggunakan gaya lonceng yang lebar. Jadi, lengan bagian atas yang berisi akan tersamarkan dengan model lengan ini. 

4. Baju Batik Kancing Cina

pinterest.com/TengSusan

Nah, kalau kamu ingin tampil lebih ceria di kantor, model baju dengan kancing cina seperti di atas jadi pilihan yang tepat. Baju ini memiliki potongan yang sederhana dengan lengan sepanjang pergelangan tangan. 

Namun, detail yang membuat baju ini makin stylish adalah pemilihan kancingnya. Berbeda dengan kancing kebanyakan, kancing cina dikaitkan dengan tambahan tali di sampingnya. Baju ini akan semakin lengkap jika menggunakan kerah shanghai juga. 

5. Baju Batik Lengan Balon

pinterest.com/shoptamarind

Kalau kamu ingin mencari model baju batik untuk outfit pergi ke kantor yang lebar dan longgar, baju batik lengan balon akan cocok untukmu. Baju ini memiliki potongan yang crop sampai ke pinggang sehingga cocok dipadukan dengan celana high waist.

Kemudian, lengan bajunya dibuat model balon yang lebar dan menjuntai sampai bawah. Sebagai tambahan, lengan baju ini diberi sedikit aksen lipatan di perpotongan antara lengan dan badannya. 

6. Baju Batik Aksen Lurik

pinterest.com/AIMaidahAIKanta

Memiliki kain batik motif tradisional bukan berarti kamu tidak bisa membuatnya terlihat kekinian. Seperti pada contoh model di atas, kamu bisa memadukan batik tradisional dengan kain lurik di pinggiran bajunya. 

Alih-alih tampak tradisional, baju ini justru terkesan sangat kekinian karena potongan yang lebar. Selain itu, detail v-neck di leher dan juga dua kancing yang berjajar di bawahnya membuat baju ini cocok sebagai pakaian kantor yang sopan. 

7. Baju Batik Lengan Ruffle

pinterest.com/WahyuWidi

Ruffle menjadi model baju perempuan yang sangat digemari akhir-akhir ini. Nah, pada model baju batik atasan perempuan kantor, kamu dapat memberi aksen ruffle pada ujung lengannya. Ruffle tersebut dibuat berlapis dua sehingga makin bervolume. 

Selain detail tersebut, potongan baju lainnya biasa dengan panjang sampai ke bawah pinggang. Baju batik lengan ruffle akan cocok dipilih kalau kamu senang dengan desain yang simpel dan elegan. 

8. Baju Batik Crossover Asimetris

pinterest.com/PaulaPrasetya

Kesan feminin langsung muncul saat melihat baju batik crossover asimetris ini. Model tersebut memadukan antara kain batik warna gelap dengan kain polos berwarna putih. Sisi kanan baju ini memakai batik, sementara sisi kiri dan belakangnya menggunakan kain putih. 

Nah, model baju tersebut sebenarnya mirip dengan model crossover yang melintang dari sisi kanan dan kirinya. Kemudian, biarkan ujung baju meruncing asimetris sehingga tampak unik dan manis. 

9. Baju Batik Two Tone

pinterest.com/NeskaMahesworo

Pilihan lainnya kalau kamu hanya memiliki bahan baju batik yang terbatas adalah dengan memadukannya bersama kain batik lainnya. Hasil perpaduan tersebut nantinya akan menjadi baju atasan kantor two tone seperti di atas. 

Di sisi kanan pakailah model batik yang cerah, sementara sisi lainnya pilih batik bermotif lebih gelap. Sementara itu, kerah baju ini akan terlihat semakin profesional dengan gaya tegak dan belahan di tengahnya. 

10. Baju Batik Kutu Baru

pinterest.com/kalynaofficial

Berikutnya, model baju batik juga bisa mengadopsi gaya kebaya kutu baru. Seperti kebayanya, sisi kanan dan kiri baju disambungkan dengan kain polos. Perpaduan kain polos yang cocok dengan batik ini adalah kain plisket berwarna hitam. 

Model tersebut akan membuat penampilanmu lebih anggun dengan leher yang terlihat jenjang. Jika kamu ingin menambahkan detail kecil, tambahkan kancing luar di sisi kiri perpotongan baju dan kain polos. 

11. Baju Batik Kebaya Encim Modern

pinterest.com

Kalau kamu sedang mencari baju batik berlengan pendek, model kebaya encim bisa jadi pilihan terbaik untuk dicoba. Ciri khas model encim adalah potongan baju berbentuk huruf V dari bagian atas sampai bawah. 

Model kerah V-neck akan membuat leher tampak lebih jenjang. Potongan baju yang mengikuti bentuk tubuh ini juga memberikan tampilan lebih ramping. 

Agar terkesan unik, jangan lupa untuk menambah bros dengan warna senada. Kesan elegan dan feminim juga bisa kamu dapatkan dari model baju ini.

12. Baju Batik Cold Shoulder

pinterest.com

Selanjutnya, model baju batik dengan model lengan cold shoulder. Seperti model off shoulder lainnya, baju ini juga dibuat untuk memperlihatkan area bahu.

Fashion item tersebut bisa mempertegas garis bahu dan tulang selangka. Dengan memakainya, penampilanmu akan terlihat lebih feminim dan girly

Baju batik cold shoulder cocok dipakai saat musim panas. Selain itu, bisa kamu jadikan outfit untuk pergi acara semi formal yang santai.

13. Baju Batik Kimono

pinterest.com

Untuk kamu yang menyukai model baju simpel, baju batik kimono seperti di atas bisa dicoba. Model kerah berbentuk V dapat memberikan ilusi pada bagian leher jadi tampak lebih ramping.

Selain itu, lengannya yang dibuat pendek cocok untuk dipakai berkegiatan di luar ruangan. Kesan fresh juga akan terlihat dari warnanya yang cerah.

Jangan lupa tambahkan aksesori obi belt juga untuk membuat tampilan kamu lebih unik dan outstanding.

14. Baju Batik Cape Blazer

pinterest.com

Selanjutnya, kamu bisa tampil memesona dengan model batik cape blazer. Model blazer yang menyerupai jubah ini cocok dikenakan di acara formal dan semi formal. Model lengannya yang terbuka memberikan tampilan yang unik.

Desainnya tersebut juga membuat outfit kamu terlihat berkelas dan elegan. Untuk inner-nya, pakailah warna yang senada agar terlihat makin sempurna.

15. Baju Batik Tunik

pinterest.com

Terakhir, model baju batik ini cocok untuk kamu pakai sebagai outfit pergi ke kantor. Desainnya yang minimalis menawarkan tampilan yang simpel dan rapi. 

Lengannya dibuat serut dengan aksen pita yang menambah kesan manis dan feminin. Varian warnanya juga aman untuk dipakai sehari-hari.

Itulah 15 model baju batik yang bisa kamu jadikan referensi. Di antara macam-macam gaya di atas, mana yang akan kamu pilih, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends