Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Outfit Lebaran Non-Dress, Fashionable dan Tetap Anggun

Lebaran nggak harus pakai dress, kok!

Nafi' Khoiriyah

Baju lebaran untuk perempuan biasanya identik dengan dress atau gamis. Sebab, kedua jenis pakaian itu terkesan anggun dan feminin untuk hari raya. Namun, tak ada salahnya sesekali kamu memilih outfit lebaran non dress selain gamis.

Apalagi, saat hari raya biasanya banyak aktivitas untuk dilakukan, seperti bersilaturahmi ke sanak saudara. Tak heran jika banyak orang yang memilih pakaian selain gamis untuk pakaian hari raya. 

Namun, model pakaian non dress seperti apa yang cocok untuk hari raya tahun 2024 ini? Lihat detail model berikut ini yuk, Bela!

1. One Set Tunik Model Apron Nuansa Putih

instagram.com/nume_id

Outfit lebaran non dress yang pertama adalah one set celana dan tunik nuansa putih. Atasan one set tersebut dibuat model tunik dengan panjang sampai bawah betis. Sementara celananya dibuat dengan model straight berwarna putih pula. 

Namun, detail yang membuat pakaian ini tampak lebih unik adalah aksen apron pada bagian atas yang dibuat dengan kain bernuansa earth-tone. Aksen tersebut melapisi bagian atas tunik sehingga tampak menawan. 

Untuk pakaian lebaran, one set ini akan cocok kamu padukan dengan hijab dan aksesori warna putih lainnya. Jadi, kesan suci tetap terasa saat memakai pakaian non dress di atas. 

2. Tunik Kaftan Putih dan Kain Batik Navy

pinterest.com

Selanjutnya, kamu bisa memakai pakaian lebaran yang berunsur etnik dengan tunik model kaftan seperti di atas. Seperti kaftan biasanya, baju tersebut didesain seperti kelelawar dengan lengan yang menyatu dengan badannya. 

Kemudian, bawahan yang cocok untuk melengkapi atasan tunik kaftan ini adalah kain batik dengan warna yang kontras dari atasannya. Lengkapi dengan aksen V-neck supaya makin stylish saat lebaran. 

3. Blouse Brokat Putih dan Rok Plisket Nude

instagram.com/sadiya.official

Outfit lebaran non dress selanjutnya memadukan antara atasan brokat warna putih yang bisa dijadikan outer maupun blouse. Atasan tersebut bisa kamu pasangkan dengan bawahan rok plisket warna nude yang sama-sama cerah. 

Supaya matching, kenakan hijab warna nude yang senada dengan rok yang dipakai. Jangan lupa lengkapi dengan aksesori nuansa putih dan nude lainnya supaya tetap anggun saat hari raya, ya!

4. One Set Rok Crinkle Ungu

pinterest.com

Kalau kamu mencari baju lebaran yang bernuansa cerah dan ceria, maka warna lilac adalah pilihan yang tepat. Warna ini akan memberi kesan muda dan kekinian bagi pemakainya. 

Supaya tidak terlalu ramai, kamu bisa memilih one set rok berbahan crinkle yang tidak akan kusut. Berikan detail belt di pinggang blouse supaya tubuhmu tampak makin langsing. Terakhir, pakailah aksesori nuansa nude untuk mengimbangi baju yang berwarna ini.

5. Tunik Hitam dan Flared Pants Putih

instagram.com/pany.id

Kesan elegan akan tampak jika kamu memakai outfit lebaran non dress nuansa monokrom seperti ini. Untuk atasannya, pilihlah tunik dengan model yang simpel seperti belah samping pada foto di atas. 

Kemudian, bawahannya pilihlah model celana berbahan kain flare yang didesain melebar ke bawah. Perpaduan keduanya akan memberikan kesan simpel dan berkelas bagi siapa saja yang memakainya.

Bukan hanya itu saja, pakaian ini tentu nyaman digunakan dan membuatmu bebas beraktivitas saat lebaran.

6. Tunik Striped Abu-Abu dan Obi Belt Putih

pinterest.com

Selain memakai atasan dan bawahan saja, kamu bisa melengkai outfit dengan aksesori di baju seperti obi belt atau semacamnya. Seperti di atas, pilihlah atasan tunik berbahan motif yang tidak terlalu ramai. 

Kemudian, pasangkan dengan obi belt warna putih yang polos pada bagian pinggang supaya membuat kesan unik dan juga langsing. Atasan tersebut akan cocok dipadukan dengan bawahan polos yang senada, baik celana maupun rok. 

7. Blouse Satin Lilac dan Kulot Putih

instagram.com/sasafadyaa

Outfit lebaran non dress dengan atasan blouse satin menjadi pilihan yang tepat untuk memberi kesan berkelas. Atasan tersebut didesain dengan detail lengan balon dan aksen pita di bagian pinggangnya. 

Untuk bawahannya, atasan nuansa lilac tersebut akan cocok dipadukan dengan bawahan yang netral seperti putih. Pilihlah celana yang memiliki bahan yang lurus sehingga mendukung kesan elegan. Jangan lupa lengkapi dengan aksesori putih lainnya sebagai pelengkapnya, ya! 

8. Tunik Sage Green dan Rok Plisket Putih

pinterest.com

Akhir-akhir ini, warna sage green sedang banyak digemari para anak muda. Sebab, warna ini memberi kesan cerah dan trendi. Kamu bisa memakainya sebagai warna atasan model tunik dipadukan dengan bawahan rok plisket warna putih. 

Tunik tersebut bisa menggunakan model kerah peter pan yang unik dan lengan kerut supaya mendukung kesan muda dan kekinian. Lalu, lengkapi outfit lebaranmu dengan aksesori nuansa putih lainnya yang senada dengan bawahannya. 

9. Blouse Navy dan Flared Pants Putih

pinterest.com

Kalau kamu penyuka outfit yang simpel saat lebaran, maka atasan blouse warna navy dan celana flare warna putih di atas patut dicoba. Atasan tersebut dibuat dengan model A-line pendek menggunakan aksen ruffle di lengan dan batik di samping pinggangnya. 

Sementara celana flare tersebut dibuat panjang sampai menutup sebagian kaki agar tubuh tampak lebih jenjang. Kalau sudah, kenakan hijab warna putih dan pakai aksesori terbaikmu untuk berkeliling di hari raya nanti. 

10. Blouse dan Celana Plisket Putih

pinterest.com

Hari raya memang identik dengan outfit nuansa putih. Meskipun memakai outfit lebaran non dress, kamu tetap bisa memakai pakaian serba putih dengan atasan blouse dan bawahan rok plisket seperti di atas. 

Perpaduan antara atasan yang polos dengan bawahan yang bertekstur akan membuat penampilan lebih menarik. Supaya tidak terlalu sepi, pilihlah hijab dan aksesori dengan warna yang kontras seperti hijau atau biru. Kalau sudah, penampilanmu pasti akan tampak paripurna. 

Itulah 10 outfit lebaran non dress yang bisa kamu jadikan referensi untuk tampil lebih menawan dan tetap stylish di hari raya. Kira-kira, outfit mana yang akan kamu pilih untuk lebaran tahun 2024 ini, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends