Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Agar Tidak Mudah Melar, Ini 5 Tips Mencuci Hijab yang Wajib Diikuti

Simak disini untuk lebih lanjut!

Ficca Ayu Saraswaty

Tidak salah untuk membeli hijab dengan berbagai motif atau bahan, yang terpenting kamu tahu betul cara merawatnya. Hal ini dimaksudkan agar hijab yang kamu kenakan tetap dalam kondisi yang baik, tidak kusut, tidak melar, dan layak untuk dipakai.

Bahan hijab pun bermacam-macam, serta pilihan warna yang beragam bisa dipadukan dengan outfit-mu. Namun, masalah yang cukup sering muncul biasanya adalah warnanya mudah pudar atau bahannya yang mudah melar. Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut Popbela akan berbagi 5 tips mudah untuk mencuci hijab kesayanganmu. Simak di bawah ini yuk!

1. Hindari pemakaian deterjen bubuk

glamorganicgoddess.com

Pertama, pisahkan terlebih dahulu dengan bahan pakaian lainnya. Lalu, usahakan untuk tidak menggunakan deterjen bubuk karena bahan ini cenderung tidak larut secara sempurna dan bisa menempel di hijabmu sehingga bisa membuat warna hijab mudah pudar. So, kamu bisa menggantinya dengan deterjen cair atau shampoo.

2. Sebaiknya mencuci dengan cara tradisional

casybelle.blogspot.com

Cara manual dengan mengucek ini lebih disarankan dibandingkan dicuci dengan mesin cuci agar tidak merusak serat kainnya. Kamu cukup mengucek dengan cara ringan saja, Bela!

3. Jemur hijabmu pada tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari

ambataliafabrics.blogspot.com

Fyi, warna matahari juga berkontribusi untuk memudarkan warna hijabmu, maka dari itu sebaiknya tidak menjemurnya dengan sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, kamu bisa mengeringkannya di tempat yang sejuk.

4. No high temperature, please!

cleaningforce.com.au

Saat menyetrika kamu wajib mengatur suhu dan menyesuaikannya dengan material hijab. Salah satunya, pada bahan katun, kamu bisa mengatur suhu yang rendah. Lalu, jika kamu menemukan serat kain yang  rusak maka cara membetulkannya adalah dengan menggosok-gosokkan ke arah luar yang seratnya masih rapat, ini akan membantu hijab jadi rapat kembali deh!

5. Lebih rapi, letakan kumpulan hijabmu dengan gantungan

Pinterest.com

Last, jangan lupa menyimpan hijab dengan hanger ya. Cara terakhir ini agar kumpulan hijabmu nampak lebih rapi, selain itu jika melipat hijab-hijabmu menjadi beberapa bagian hanya akan membuatnya jadi tampak kusut dan bergaris. Hmm sayang bukan kalau sudah disetrika??

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends