Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Bikin Konten Berkualitas, Hanya Modal Smartphone!

Nggak perlu ribet, kok.

Andhina Effendi

Saat ini, semakin banyak orang-orang yang senang berbagi di media sosial dan memutuskan untuk menjadi content creator. Tapi sebenarnya untuk menjadi content creator nggak harus punya modal besar, kok. Hanya dengan menggunakan smartphone, kamu pun sudah membuat konten yang berkualitas untuk diunggak ke media sosial.

Nah, ini beberapa tips yang diberikan oleh Angelia Christy dalam sesi "How To Take The Perfect Selfie/Content" presented by Poise, di perhelatan BeautyFest Asia 2020 x Shopee, hari kedua, Minggu, (7/11).

1. Menentukan tema yang kamu sukai

Instagram.com/angeliachristy_

Hal pertama tentunya adalah menentukan tema yang kamu sukai. Seperti, misalnya, Angelia yang menjadi content creator secara tak sengaja, ketika dia sering membagi foto selfie dirinya.

"Content creator bisa menjadi unik, asal kita harus tahu apa yang mau kita tonjolkan. Misalnya ada yang jago makeup, jadi suka membagikan makeup sehari-hari. Kalau aku sendiri, aku lebih suka membagikan konten lifestyle, jadi lebih tentang keseharian aku," katanya.

2. Memikirkan color palette dan tone warna

Pexels.com/Oleg Magni

Selain itu, Angelia juga mengungkapkan untuk membuat tampilan foto di Instagram terlihat rapi, maka kita juga harus menentukan color palette dan tone warna dari foto-foto kita agar terlihat selaras. 

"Ada tone warna warm, cool, dan neutral. Color palette pun bisa macam-macam, ada yang pink, peach, atau lainnya. Kalau aku sendiri suka tone warna neutral, karena aku ingin menampilkan foto apa adanya, sesuai yang aslinya. Warna-warnanya pun natural, jadi aku memang jarang mengedit foto," jelasnya.

3. Cari pencahayaan yang tepat

Freepik.com

Bicara soal warna tentu tidak bisa jauh dari pencahayaan. Bagi Angelia, pencahayaan terbaik adalah pencahayaan natural yang bisa kamu dapatkan dari cahaya matahari. Angelia mengaku lebih suka mendapatkan cahaya matahari saat berada di luar ruangan atau saat di dalam ruangan tapi berdiri dekat jendela untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus.

"Aku biasanya mencari pencahayaan yang bagus jam 2 atau jam 3, jadi ketika sudah agak berawan dan cahanya nggak terlalu terik. Aku juga suka di jam 4 atau di golden hour, jadi dapat pencahayaan yang keemasan," ujar Angelia.

4. Konten bisa dari kegiatan sehari-hari

Pexels.com/Vlada Karpovich

Kalau soal konten, sebenarnya tak perlu terlalu pusing dipikirkan. Kata Angelia, semua hal yang kita lakukan sebenarnya bisa menjadi konten.

"Nggak usah banyak mikir, apa saja bisa kita jadikan konten, kok, walaupun lagi di rumah. Misalnya, kita lagi nonton, kita lagi minum kopi, atau apa saja. Kayak aku, kan, memang konten aku seputar lifestyle, jadi lebih ke kegiatan sehari-hari."

5. Caption juga jangan dilupakan

Instagram.com/angeliachristy_

Selain itu, caption juga jangan dilupakan, karena caption juga termasuk dari konten media sosial itu sendiri. Angelia sendiri mengaku dia awalnya kesulitan mencari caption, hingga harus mencari quotes dari Google.

"Tapi kalau sekarang, aku lebih suka caption yang mengajak interaksi para follower aku. Jadi aku fokusin caption menjadi tempat buat teman-teman ngobrol. Aku suka bikin caption berupa kalimat bertanya," jelasnya.

Itu dia, deh, beberapa tips membuat konten di media sosial yang bisa kamu lakukan dengan smartphone saja. Mudah bukan?

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends