Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

KAWFEST 2024: Dorong UMKM Fashion Lokal dan Regenerasi Desainer Muda

Berlangsung pada 25-28 April 2024 di Sarinah

Amelia Shinta Larasati

Kementerian BUMN bersama DEKRANAS didukung oleh enam perusahaan BUMN, yakni PT Pupuk Indonesia, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Sarinah, PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen), dan PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo), akan
menggelar Kelana Wastra Fashion Fest 2024 (KAWFEST 2024).

Kelana Wastra Fashion Fest 2024 merupakan bagian dari Bazar UMKM Untuk Indonesia yang diselenggarakan untuk mendukung pengembangan dan perluasan pasar UMKM di Indonesia. Pada tahun 2024 Kementerian BUMN bekerjasama BUMN dan pihak-pihak terkait lainnya akan menyelenggarakan sebanyak 13 kali Bazar UMKM Untuk Indonesia di 8 kota Indonesia.

KAWFEST tahun 2024 ini merupakan yang pertama kali ini dengan mengusung tema wastra. Tema Kelana Wastra Nusantara dilakukan sebagai bentuk kontribusi Kementerian BUMN beserta BUMN dalam melestarikan kain tradisional Indonesia, dan dipasarkan baik di Indonesia maupun ke pasar internasional

dok. KAWFEST

Terdapat sejumlah acara yang akan digelar pada KAWFEST 2024, seperti Bazaar: Wastra Market, Fashion Show: Wastra Trunk Show, Talkshow: Bincang Wastra, dan Lomba Desainer: School Fashion Design Competition. KAWFEST 2024 ini akan berlangsung selama 4 hari dan dibuka untuk publik pada 25-28 April 2024 di Sarinah Thamrin, Jakarta.

Tujuan penyelenggaraan KAWFEST adalah untuk mendukung perkembangan industri kreatif fashion, meningkatkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda atas wastra Nusantara, mendukung regenerasi desainer wastra Nusantara, dan memperluas pasar fashion wastra nusantara termasuk wastra nusantara karya dari perajin binaan BUMN.

dok. KAWFEST

Selama empat hari, para pecinta fashion dapat menikmati Wastra Trunk Show dengan berbagai tema seperti Sparkling Soiree, Green and Trendy, Contemporary Classic, Tropical Vibes, Urban Vibes, Graceful Modestia, dan Sporty Chic. Nama-nama besar desainer ikut terlibat dalam acara ini di antaranya Oscar Lawalata Culture, Musa Widyatmodjo, Denny Wirawan, Didiet Maulana, Yukako, Mariko, Wignyo R, dan Indonesian Fashion Chamber (IFC).

Tidak hanya menampilkan desainer ternama, Kelana Wastra Fashion Fest 2024 juga akan
dimeriahkan oleh beberapa penyanyi seperti Soundwave. Rangkaian acara lain yang diselenggarakan diantaranya adalah "Bincang Wastra", yang memfasilitasi diskusi  mengenai pentingnya warisan kain wastra dalam industri fashion Indonesia. 

KAWFEST 2024 juga menyediakan Wastra Market sebagai wadah bagi brand fashion lokal untuk berhubungan langsung dengan konsumen. Melalui Wastra Market, para pengunjung dapat langsung merasakan dan membeli produk-produk unggulan dari UMKM Indonesia. 

dok. KAWFEST

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends